ZPT (zat pengatur tumbuh) dibuat agar tanaman memacu pembentukan fitohormon (hormon tumbuhan) yang sudah ada di dalam tanaman atau menggantikan fungsi dan peran hormon bila tanaman kurang dapat memproduksi hormon dengan baik.



Hormon yang berasal dari bahasa Yunani yaitu hormaein ini mempunyai arti : merangsang, membangkitkan atau mendorong timbulnya suatu aktivitas biokimia sehingga definisi fito-hormon adalah senyawa organik tanaman yang bekerja aktif dalam jumlah sedikit, ditransportasikan ke seluruh bagian tanaman sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan atau proses-proses fisiologi pada tanaman.
Hormon tanaman itu sendiri terbagi dalam beberapa kelompok diantaranya :
1. Auksin, hormon tanaman seperti indolasetat yang berfungsi untuk merangsang pembesaran sel, sintesis DNA kromosom, serta pertumbuhan aksis longitudinal tanaman., gunanya untuk merangsang pertumbuhan akar pada stekan atau cangkokan. Auksin sering digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar dan sebagai bahan aktif sering yang digunakan dalam persiapan hortikultura komersial terutama untuk akar batang. Mereka juga dapat digunakan untuk merangsang pembungaan secara seragam, untuk mengatur pembuahan, dan untuk mencegah gugur buah.(yang termasuk Auksin IBA, NAA, 2,4-D). Auksin Golongan NAA memakai merek dagang antara lain: Rootone-F, Atonik. Sedang Auksin 2,4 D dijual dengan nama Hidrasil. Auksin alami banyak terdapat didalam cairan biji jagung muda yang masih berwarna kuning, air seni sapi, ujung koleoptil tanaman oat, umbi bawang merah dan air kelapa.
Golongan Auksin : Indole Aceti Acid (IAA), Napthalene Acetic Acid (NAA), 2,4-D, CPA dan Indole Acetic Acid (IBA). Yang paling penting dari keluarga auksin adalah indole-3-asam asetat (IAA). Ini menghasilkan efek auksin pada tanaman secara menyeluruh, dan yang paling ampuh dari auksin alami, namun molekul kimiawi IAA adalah yang paling labil di larutan air, sehingga IAA tidak digunakan secara komersial sebagai regulator pertumbuhan tanaman.
  • Yang termasuk golongan auksin alami : 4-chloro-asam indoleasetis, asam fenilasetis (PAA) dan indole-3-asam butirik (IBA).
  • Sedang  auksin buatan antara lain 1-asam nafthaleneasetis (NAA), 2,4-asam dichlorophenoxyasetis (2,4-D), dan lain-lain.
Auksin dosis tinggi dapat merangsang produksi Etilen. Kelebihan Etilen malah dapat menghalangi pertumbuhan, menyebabkan gugur daun (daun amputasi), dan bahkan membunuh tanaman. Beberapa auksin sintetis seperti 2,4-D dan 2,4,5-asam trichlorophenoxyacetic (2,4,5-T) telah digunakan sebagai herbisida.
tanaman berdaun luas (dicotil) jauh lebih rentan terkena auksin daripada daun tanaman monokotil seperti tanaman rumput-rumputan. Auksin sintetis ini adalah agen aktif dalam “Agen Oranye” yaitu defolian atau defoliant (peranggas atau zat yang merangsang pertumbuhan yang cepat dan tidak terkendali dan akhirnya merontokkan daun-daunnya hingga meranggas) yang digunakan secara ekstensif oleh pasukan Amerika di perang Vietnam.

2. Giberelin atau asam giberelat (GA), merupakan hormon perangsang pertumbuhan tanaman yang diperoleh dari Gibberella fujikuroi atau Fusarium moniliforme, aplikasi untuk memicu munculnya bunga dan pembungaan yang serempak (Misalnya GA3 yang termasuk hormon perangsang pertumbuhan golongan gas) merek dagangantara lain: ProGib. Giberalin alami banyak terdapat didalam umbi bawang merah.

3. Sitokinin,  adalah hormon tumbuhan turunan adenin berfungsi untuk merangsang pembelahan sel dan diferensiasi mitosis, disintesis pada ujung akar dan ditranslokasi melalui pembuluh xylem. Aplikasi Untuk merangsang tumbuhnya tunas pada kultur jaringan atau pada tanaman induk, namun sering tidak optimal untuk tanaman dewasa. sitokinin memiliki struktur menyerupai adenin yang mempromosikan pembelahan sel dan memiliki fungsi yang sama lain untuk kinetin. Kinetin adalah sitokinin pertama kali ditemukan dan dinamakan demikian karena kemampuan senyawa untuk mempromosikan sitokinesis (pembelahan sel). Meskipun itu adalah senyawa alami, Hal ini tidak dibuat di tanaman, dan karena itu biasanya dianggap sebagai "sintetik" sitokinin (berarti bahwa hormon disintesis di tempat lain selain di pabrik).
Sitokinin telah ditemukan di hampir semua tumbuhan yang lebih tinggi serta lumut, jamur, bakteri, dan juga di banyak tRNA dari prokariota dan eukariota. Saat ini ada lebih dari 200 sitokinin alami dan sintetis serta kombinasinya. Konsentrasi sitokinin yang tertinggi di daerah meristematik dan daerah potensi pertumbuhan berkelanjutan seperti akar, daun muda, pengembangan buah-buahan, dan biji-bijian.
Sitokinin pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Amerika bernama Folke Skoog pada tahun 1954.
Sitokinin umumnya ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi di daerah meristematik dan jaringan yang berkembang. Mereka diyakini disintesis dalam akar dan translokasi melalui xilem ke tunas. biosintesis sitokinin terjadi melalui modifikasi biokimia adenin.
Proses dimana mereka disintesis adalah sebagai berikut :
Sebuah produk jalur mevalonate disebut pirofosfat isopentil adalah isomer, isomer ini kemudian dapat bereaksi dengan adenosine monophosphate dengan bantuan sebuah enzim yang disebut isopentenyl AMP synthase, hasilnya adalah isopentenyl adenosin-5-fosfat (AMP isopentenyl).
Produk ini kemudian dapat dikonversi menjadi adenosin oleh isopentenyl pemindahan fosfat oleh fosfatase dan selanjutnya dikonversikan ke isopentenyl adenin dengan menghilangkan kelompok ribosa.
Isopentenyl adenin dapat dikonversi ke tiga bentuk utama sitokinin alami.
Degradasi sitokinin sebagian besar terjadi karena enzim oksidase sitokinin. Enzim ini menghapus rantai samping dan rilis adenin. Derivitives juga dapat dibuat tetapi jalur yang lebih kompleks dan kurang dipahami.
Ada beberapa macam sytokinin yang telah diketahui, diantaranya kinetin, zeatin (pada jagung), Benziladenin (BA), Thidiazuron (TDZ), dan Benzyl Adenine atau Benzil Amino Purin (BAP). Sitokinin ditemukan hampir di semua jaringan meristem.
Peranan sitokinin antara lain:
1. bersama dengan auksin dan giberelin merangsang pembelahan sel-sel tanaman
2. merangsang morfogenesis ( inisiasi / pembentukan tunas) pada kultur jaringan.
3. merangsang pertumbuhan pertumbuhan kuncup lateral.
4. merangsang perluasan daun yang dihasilkan dari pembesaran sel atau merangsang pemanjangan titik tumbuh daun dan merangsang pembentukan akar cabang
5. meningkatkan membuka stomata pada beberapa spesies.
6. mendukung konversi etioplasts ke kloroplas melalui stimulasi sintesis klorofil.
7. menghambat proses penuaan (senescence) daun
8. mematahkan dormansi biji
Merk dagang antara lain: Novelgrow. Sitokinin alami terdapat pada air kelapa.

4. Etilen, hormon yang berupa gas yang dalam kehidupan tanaman aktif dalam proses pematangan buah Aplikasi mengandung ethephon, maka kinerja sintetis ethylen berjalan optimal sehingga tujuan agar buah cepat masak bisa tercapai. (misalnya: Etephon, Protephon) merk dagang antara lain: Prothephon 480SL.

5. Asam absisat (ABA), sebagai penghambat tumbuh (Inhibitor/retardant) pada saat tanaman mengalami stress, fitohormon ini digunakan untuk mengompakkan pertumbuhan batang agar tanaman terlihat sangat baik. Pada komposisi dan perlakuan tertentu dapat merangsang pertumbuhan tunas anakan dengan cepat dan serentak. Misalnya : untuk golongan Paclobutrazol merk dagang antara lain: Cultar®, Bonzi®) dan Uniconazole (merk dagang Sumagic®). Golongan inhibitor adalah: Paclobutrazol, Ancymidol, TIBA, dan CCC.

6. Brassinolide (kelompok brassinosteroid) fitohormon yang mirip steroid pada hewan dan memiliki respon yang mirip dengan giberellin.
Beberapa fungsi brasinolid adalah sebagai berikut : meningkatkan laju perpanjangan sel tumbuhan, menghambat penuaan daun (senescence), mengakibatkan lengkuk pada daun rumput-rumputan, menghambat proses gugurnya daun, menghambat pertumbuhan akar tumbuhan, meningkatkan resistensi pucuk tumbuhan kepada stress lingkungan, menstimulasi perpanjangan sel di pucuk tumbuhan, merangsang pertumbuhan pucuk tumbuhan, merangsang diferensiasi xylem tumbuhan, menghambat pertumbuhan pucuk pada saat kahat (defisien) udara dan endogenus karbohidrat. Brassinolide tersintesis dari asetil CoA melalui jalur asam mevalonik.
fitohormon
Selain untuk pengatur tumbuh, beberapa fitohormon juga berguna untuk pertahanan hidupnya.
Untuk membesarkan anggrek muda baik dalam kompot maupun pot sering disemprot dengan larutan Auksin, kemudian ketika siap untuk berbunga sebaiknya gunakan Giberelin. Auksin juga dipakai untuk bonsai, terutama saat banyak batang yang tidak dihendaki untuk dipotong, setelah diolesi Aksin biasanya tunas-tunas muda segera mucul.
Sedang Asam Absisat berupa Paclobutrazol terlarut sering dipakai untuk membungakan tanaman anggrek dewasa, Paclobutrazol juga bisa diterapkan untuk bonsai misalnya Cultar atau Pestanal.

link terkait
fitohormon untuk mempertahankan hidup
istilah dalam budidaya pertanian

52 komentar:

    On 11/25/2008 6:12 AM Anonymous said...

    Maksih berguna sekali infonya..saya ijin mencopynya ya untuk menambah data tugas2..

     

    dengan senang hati, semoga berguna demikian pula dengan tugas anda ;) semoga dapat dimanfaatkan banyak pengguna

     
    On 12/10/2008 5:43 PM Anonymous said...

    Mohon info tentang zat pengatur ETHREL,,,komposisi dan isinya serta manfaatnya

     

    setahu kami ethrel adalah merk dagang dari bayer untuk bahan etephon - etilen :)

     
    On 1/20/2009 9:46 PM Anonymous said...

    minta tlg dunk...,

    ada info detail terkait karakteristik BA dan kinetin g? skalian struktur kimianya??

    udah googling g nemu-nemu...

    hikz hikz
    argo

     
    On 2/22/2009 6:58 PM Anonymous said...

    thank's bgt info'ya
    ada info lebih detail lg ga mengenai zat" yg tkndung dlm air kelapa & fungsi'ya?

     

    makasi infonya ya.. punya data mengenai kadar pupuk hyponex ga aya? thanx lho.

     
    On 5/07/2009 8:07 PM Anonymous said...

    ble minta info tentang paklobutrazol ga, trutama zat unk mlarutkannya, tlong yach...perlu bgt...

     

    coba anda gak jadi "anonim" atau ninggal alamat... barangkali aku bisa sedikit membantu :(

     

    terimakasih infonya..!! :)

     
    On 1/12/2010 6:30 AM Anonymous said...

    Thanks atas infonya.....membantu sekali dalam tugas perkuliahan n.n

     
    On 1/15/2010 5:29 AM qcng said...

    siiip jadi tambah wawasan

     

    info yang bermanfaat......

     
    On 2/17/2010 6:12 PM Anonymous said...

    makasih bos :)

     
    On 6/06/2010 6:20 AM Anonymous said...

    bagus banget infonya.....saya ijin copy ya buat melengkapi tugas.......?

     

    tentu, saya akann sangat senang kalau anda menyebutkan sumbernya...

     

    zat pengatur tumbuh memang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan..

     

    wah setuju sama yang ditas.. hhe
    infonya berguna banget,, kebetulan di biologi belajar itu juga,, penting banget untuk pertumbuhan tanaman selain pengaruh dari luarnyaa..

     
    On 7/20/2010 7:01 AM jhony angga said...

    Makasih info nya..berguna banget.
    Kebetulan hobby saya Aquascape..kira2 ada dampak ke ikan2 ga?? bagaimana dengan pertumbuhan algae..bisa mengurangi atau malah menambah...

     

    terimakasih sudah berkunjung dan memberi komentar mas, kalau algae di aquarium ya malah bikin jelek... tapi kalau algae di kolam outdoor yang agak luas dengan ikan-ikan yang herbivora ya tidak terlalu jadi masalah ;)

     
    On 7/27/2010 4:54 AM Anonymous said...

    terimakasih...

     
    On 8/22/2010 5:14 AM edozzz12 said...

    Wahhh... usefull bgt info ttg zat2 yg mempengaruhi tumbuhan :) oh iya, di blog ini ada informasi ttg tahapan glikolisis kahh? yg skema nya panjang itu... thx

     
    On 11/20/2010 4:57 AM Anonymous said...

    yup, tahapan glikolisis perlu ditulis...

     
    On 3/04/2011 10:02 PM Anonymous said...

    thanks ya. Useful for my freaking assignments ;)

     

    Makasih infonya.. Sangat bermanfaat... :)

     
    On 6/05/2011 7:29 PM Anonymous said...

    terimakasih.. ini berguna untuk cabai pedas saya

     
    On 7/01/2011 1:52 AM yoxx said...

    uh-oh cabai dieng alias cabai gondol ya?

     
    On 7/04/2011 5:29 AM bambang said...

    walah yang baru trip dari dieng :)

     
    On 12/04/2011 7:42 AM Anonymous said...

    pak tolong tanya cara membuahkan cengkih umur 30 tahun caranya bagaimana ? akhir musim hujan taun lau saya beri ZA 3 sampai 5 kg/pohon lalu awal musim hujan ini saya ber KCl 2 sampai 3 kg/ pohon, disemprot 10 hari sekali dgn produk jimy hantu kok belum ada tanda tanda ya Pak, tolong dibantu ya pak terima kasih dari Harsono

     

    mohon info be ,pemberian kolkisin yang tepat untuk stek batang singkong,bawang merah.tks

     

    mohon info be ,pemberian kolkisin yang tepat untuk stek batang singkong,bawang merah.tks

     
    On 2/29/2012 8:06 PM yoxx said...

    Kolkisina/kolkin hanya untuk menghasilkan sel-sel poliploid buatan dengan sel kromosom berlipat.
    Tumbuhan poliploid seringkali memiliki ukuran yang lebih besar daripada tumbuhan normal tanpa kolkisina. sementara belum riset dan ada data mengenai kolkisin boss... maaf ya.

     
    On 5/29/2012 9:35 AM Anonymous said...

    tolong sebutkan bahan aktif dari ZPT dengan merek dagang "Growthone"

     

    terima kasih Boss info yentang kolkisin nya,trsw kalau boleh minta info lag tenteng RHIZOKALIN ...,dimana bisa didapat karena beli di toko2 kimia pada gak ada tuh.tks

     

    terima kasih Boss info yentang kolkisin nya,trsw kalau boleh minta info lag tenteng RHIZOKALIN ...,dimana bisa didapat karena beli di toko2 kimia pada gak ada tuh.tks

     
    On 6/05/2012 6:44 AM yoxx said...

    Rizokalin, yaitu hormon yang berfungsi merangsang pembentukan akar (rhizokalin identik dengan vitamin B), fungsinya sebagai hormon yang mempengaruhi pembentukan akar pada tumbuhan.
    hormon yang mempengaruhi pembentukan organ pada tumbuhan disebut kalin.
    Kalin ini merangsang pertumbuhan bagian-bagian tanaman
    - Rhizokalin = akar
    - Filokalin = daun
    - Kaulokalin = batang
    - Anthokalin = bunga
    Rhizokalin bisa dibeli di toko saprodi

     
    On 7/23/2012 7:37 AM vhievi said...

    maturnuhun,,,
    terimakasih atas infonya ini sangat membantu aq dalam mengerjakan tugas

     

    Untuk penambahan besar dan tinggi tanaman kayu dewasa, tanpa perlu adanya pembungaan, paket hormon apa yang cocok ?

     

    Informasinya sangat menarik dan bermanfaat, namun sayang saya bukan mahasiswa atau peneliti. saya hanya seorang petani sayuran sederhana yang berusaha meningkatkan produksi sekemampuan pengetahuan saya. saya punya pertanyaan (hormon apa yang terbaik untuk dipakai sebagai penumbuh akar, batang, bunga, dan buah) apabila hormon tersebut bukan satu jenis maka waktu aplikasinya akan berbeda dan jenis juga akan berbeda "Menurut saya" he he he....! dan pada saat sayuran diberi hormon, apakah tumbuhan tersebut memerlukan nutrisi lain lebih banyak baik unsur mikro atau unsur makro? mohon pencerahannya untuk saya sang petani sayuran sederhana. matur nuhun.

     
    On 9/20/2012 1:29 AM yoxx said...

    he..he..he mas indra udahtahu lho ya :) karena anda sudah menyebutkan "apabila hormon tersebut bukan satu jenis maka waktu aplikasinya akan berbeda dan jenis juga akan berbeda"

     

    Trims ijin share....

     

    auksin dosis tinggi pada bonsai malah menghambat tumbuhan...

     

    dimana kita mendapatkan hormon-hormon tsb? selain di toko saprodi.

     

    dimana kita mendapatkan hormon-hormon tsb? selain di toko saprodi. mhn info ke email
    jakessito2010@gmail.com

     
    On 2/09/2014 4:54 PM hardy said...

    paclobutrazol seperti patrol kok dipakai untuk bonsai ya mas? untuk apa ya?

     
    On 2/17/2014 11:10 PM Anonymous said...

    Ikut nanya yah yg tau tolong dijawab,,,seandainya kita ♏ǝΰ bikin sendiri zpt nya,yang mengandung ketiga hormon(auxin,sitokinin dan giberelin) apa ƴ?apa betul Aΐя̲̅ kelapa dan sisa bawang merah,,bagaimana pembuatannya dan dosis/takaran untuk
    tumbuhannya?mkshh sblmnya,,

     
    On 2/21/2014 8:24 PM yoxx said...

    @mas hardy, Ketika pengaplikasian Paclobutrazol dilakukan pada fase saat tunas daun sedang tumbuh, maka tunas justru akan terhambat. Hal yang sama terjadi ketika dosis Paclobutrazol diberikan secara berlebihan. Residu Paclobutrazol yang tertinggal dalam tanah akan terus diserap oleh tanaman sehingga biosintesa gibberelin pada tanaman akan terus terganggu sehingga pertumbuhan vegetatif tanaman menjadi lambat.

     
    On 4/08/2014 5:49 AM Anonymous said...

    Maturnuhun mas, boleh nggak minta dijelasin secara khusus tentang zpt auksin yg NAA nya??
    Lgi butuh info mas buat tugas..
    Terima kasih sebelumnya :)

     
    On 4/11/2014 1:30 AM yoxx said...

    kami dengan senang hati akan membantu, ada beberapa riset tentang zpt - auksin - naa memang. tetapi yang anda maksud NAA yang khusus?

     

    Om klo beli 24.D dimana ya?.. mohon info nya, trims

     
    On 11/11/2014 9:52 PM yoxx said...

    mas heppy, asam diklorophenoksi asetis atau 2,4-Dichlorophenoxyacetic acid selain dikenal sebagai auksin juga dapat ditemui sebagai herbisida atau penghambat tumbuh seperti : Weed-B-Gone, Acme, Aquakleen, PAR III, Trillion, Tri-Kil, Killex dan Weedaway coba anda cari di toko toko saprodi terkemuka. sebagai larutan anda coba browse PESTANAL®.. di toko kimia

     

    terimaksih informasinya...

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar