Sebentar lagi balik ke Malang, ada banyak hal menyenangkan disana antara lain kembali nengok kebun dan... kumpulan anggrek milik ibu yang beraneka jenis yang ikut kutanam sejak kecil.
Yep, anggrek-anggrek di Malang ini rajin banget berbunga, Ada beberapa hal yang sering disampaikan ibu agar anggrek epifit sering berbunga, adalah:
  • Pilih bibit unggul baik anggrek spesies ataupun hibrida, kalaupun bibit botolan atau kompotan beli dari nursery pilihlah spesies atau bahkan silangan yang sudah ternama sebagai anggrek yang rajin berbunga.
  • Ketahui sifat-sifat alaminya terutama sifat-sifat fisika habitat aslinya seperti sinar matahari, kelembaban (humidity), penghawaan (aerasi) yang tepat, kalau toh anggrek anda hibrida, ketahui sifat dasar genusnya dengan banyak membaca media. Umumnya anggrek epifit alami tidak suka terpapar sinar matahari penuh anda bisa gunakan paranet untuk meredam paparan sinar mentari, menyukai kelembaban nisbi (RH) sedang antara 60-85%, serta menyukai penghawaan yang baik mengingat pada habitat alaminya mereka menempel di pohon tinggi dan teduh dengan temperatur yang tidak ekstrim. 
  • Kalau koleksi anda ada beberapa genus, buat beberapa area yang berbeda untuk genus yang berbeda untuk memilah sesuai lingkungan aslinya dan cara merawatnya.
  • Gunakan media yang menyerap air seperti media pakis dan pecahan bata, bila intensitas menyiram lebih sedikit anda bisa gunakan spagnum moss namun jarak antar pot lebih renggang.
  • Gunakan pupuk terlarut dalam air yang lebih baik kalau dikabutkan, sebaiknya pada pagi hari, ingat saat anggrak ankan berbunga (dewasa) gunakan pupuk makro yang bernilai Phospat (P) lebih tinggi dari Nitrogen (N) umumnya dipasaran dikemas dengan kemasan warna merah, hal sebaliknya akan membuat anggrek malas berbunga.
  • Jangan menyiram air terlalu banyak dan jangan terkena hujan, karena sensitif terhadap jamur.
  • Sebaliknya juga jangan sampai anggrek kekeringan.
  • Gunakan fitohormon seperti auksin atau sitokinin untuk mempercepat pembesaran dan pembungaan, kalau toh anda tidak ada hormon buatan atau anda ragu dengan takran, gunakan air kelapa. saat anggrek dewasa dan siap berbunga guanakan hormon giberelin, kalau tidak punya anda bisa pakai vetsin MSG (mono sodium glutamate / mono potassium glutamate). Bahkan beberapa petani yang memberikan redardant berupa paclobutrazol pada tanaman yang sudah dewasa dan berkecukupan nutrisi.
  • Penyungkupan tanaman dewasa juga bisa mempercepat pembungaan.
Saya yakin gabungan dari bibit unggul, ketekunan, lingkungan yang tepat  dan cara merawat akan membuat anggrek rajin berbunga, syukur kalau ada diantara anda yang mau menambahi "jurus" merawat tanaman.
ada baiknya anda juga mengetahui perlakuan anggrek botol disini.

Sedikit catatan:
Anggrek bulan putih (phalaenopsis amabilis) adalah bunga pesona bangsa Indonesia.
Beberapa genus paling populer dari anggrek epifit (menumpang tumbuh pada tumbuhan besar) adalah:
Dendrobium
  • Dendrobium; anggrek dengan batang tumbuh tegak dan tidak bercabang (monopodial) serta dapat mengeluarkan tangkai bunga baru di sisi-sisi batangnya.
  • Phalaenopsis; (Moth orchid) berciri titik tumbuh yang terdapat di ujung batang, pertumbuhannnya lurus ke atas pada satu batang. Bunga ke luar dari sisi batang di antara dua ketiak daun (simpodial) mempunyai batang tumbuh (rhizome) kadang disebut juga Anggrek bulan.
  • Dorithris; simpodial yang mirip phalenopsis namun daun dan bunganya lebih kecil.
  • Cattleya; monopodial yang berdaun mirip sendok lebar.
vanda
  • Vanda; anggrek simpodial dengan daun yang berjenjang susunan daunnya mirip pisang hias.
  • Grammatophylum; anggrek simpodial yang berdaun lebih lebar dari phalaenopsis.
  • Oncidium; anggrek monopodial mirip dendro yang berbatang kecil namun bunganya kecil, umumnya disebut anggrek "golden shower"
Sedang genus anggrek terrestrial yang tumbuh ditanah yang umum dikembangbiakan adalah:
  • Vanda tanah: banyak ditanam sebagai bunga potong misalnya Vanda genta dan Vanda Scorpion
  • Paphiopedilum: anggrek tanah atau semi-tanah dengan bunga yang berkantung.



Tips menyiram anggrek epifit 
Foto Dendrobium hyb dan Vanda hyb milik pribadi.
Terimakasih: teman-teman di Kebun Raya Purwodadi yang berbaik hati mengajarkan berbagi "jurus" merawat anggrek, juga Gelly atas supportnya.

7 komentar:

    Wah, keren nih artikelnya ^^!
    Salut......

     

    nice post.. :D

     
    On 9/14/2008 6:43 PM ed said...

    man, phalaenopsisku di semarang kok males berbunga ya?

     

    #ed,
    man... katanya phalaenopsis memang cuma rajin berbungga didataran tinggi ya :) kalau maksa coba deh membungakan doritis atau doritaenopsis (dtps).. alias silangan phalaenopsis x doritis.

     

    wuih nice inpo yoxx manfaat bNgtt sering2 post kayak gini....

    jenis phala itu mayan ribet,enakakn dendro..
    ku gi bunga cattela...:D

     

    bener! gampangan nanam dendro kok :)

     
    On 2/16/2013 4:09 AM Anonymous said...

    baru tahu kalau vetsin bisa dipakai sebagai pupuk anggrek gan :)

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar