Beberapa kali jalan-jalan lewat didepan pasar bunga di Kalisari Semarang, timbul keinginan untuk membeli beberapa anggrek spesies yang cocok untuk tumbuh didataran rendah. Pengalaman membesarkan anggrek dari botol membuat pilihan jatuh pada beberapa anggrek dalam botol.
anggrek dalam botol
Yup, dulu beberapa kali gagal mengembangkan anggrek botolan hingga beberapa orang yang ahli memberi saran:
  • Jika anda sudah yakin dengan pilihan jenis anggrek yang akan anda miliki baik yang hibrida ataupun spesies, Pilihlah anggrek bayi dalam botol yang memiliki akar dan daun sudah lengkap dan besar.
  • Pilih dengan cermat yang media agar-agar anggrek yang bebas dari jamur.
  • Lebih baik setelah dibeli, botol jangan langsung dipecah, namun biarkan beradaptasi 2-3 hari di tempat yang akan anda tanam di tempat yang teduh. suhu yang terlalu panas akan tampak lewat uap air yang menempel sisi dalam botol.
  • Pecah pantat botol dengan palu kecil perlahan, tumpahkan isinya kedalam ember yang berisi air (beberapa teman ada yang menyarankan untuk memakai air yang sudah dilarutkan fungisida encer).
  • Aduk perlahan hingga media agar larut atau cukup bersihkan dengan cotton bud.
  • Keringkan dengan cara diangin-anginkan di atas kertas koran bekas atau kertas tisu.
  • Lebih baik tanam beberapa bayi anggrek dalam satu pot (compot atau community pot) dengan media moss atau pakis cacah hingga setidaknya berumur 3-6 bulan.
  • Anggrek menyukai kelembabapan namun tidak menyukai media terlalu basah, jadi tempatkan pada tempat kering nan teduh yang lembab atau lebih baik kalau sekitar kompot sering disiram secara berkala bukan pada tanaman. Ada teman yang menyarankan untuk menyiram tanpa atau sedikit sekali pupuk kimia pada masa ini, namun larutan encer auksin sudah terbukti mempercepat pertumbuhan tanaman.
Sepertinya mudah menanam anggrek botol? ayo mulai menanam... atau mari kita membungankan anggrek

2 komentar:

    terimakasih untuk tipsnya...
    kadang kalau kami memilih anggrek botol yang isinya paling banyak ha.ha.ha..

     

    tips-tips terbaik untuk angggrek botol...

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar