Disamping memelihara ikan, memelihara kepompong dalam terrarium mempunyai keasyikan tersendiri. Ternyata binatang yang sering kutempatkan di terrarium itu memiliki beberapa sisi keren:
hinggap

1.Kupu-kupu dan Ngengat diklasifikasikan kedalam Ordo: Lepidoptera,  yang artinya serangga bersayap sisik (lepis, sisik dan pteron, sayap) karena sayap sisiknya mempunyai corak serta pola warna. Punya 2 (super) family. Hesperioidea dan  Papilionoidea:

2. Walau secara ilmiah tidak ada perbedaan yang pasti. Secara visual beda kupu-kupu (butterfly) dengan ngengat (moth) ialah :
  • Ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. 
  • Ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal) sehingga sering disebut kupu-kupu malam, sedang Kupu-kupu aktif di waktu siang (diurnal).
  • Ngengat saat hinggap beristirahat dengan membentangkan sayapnya, Kupu-kupu hinggap dengan menegakkan sayapnya.
  • Antena Ngengat seperti kawat lampu yang ditempel di kepalanya, antena kupu-kupu yang tajam dengan tonjolan seperti tongkat golf.

3. Di dunia terdapat sekitar 20.000 spesies Kupu-kupu. Indonesia adalah negara kedua pemilik kupu-kupu terbanyak di dunia Indonesia sekitar 2.500 jenis kupu-kupu. Brasil di hutan belantara Amazon memiliki jenis terbanyak.

4. Kupu-kupu di Indonesia lebih unik dan beragam, terdiri lebih dari 17.000 pulau, terjadi pemisahan habitat kupu-kupu secara geografis. 50 persen Kupu-kupu Indonesia adalah kupu-kupu endemik yang berarti hanya hidup di tempat itu. Amazon hanya memiliki tingkat endemisitas kupu-kupu kurang dari 10 persen dari total jumlah jenisnya.

5. Sulawesi adalah pulau yang memiliki keunikan kupu-kupu tertinggi di Indonesia. Dari 557 jenis yang ada di sana, sebanyak 239 jenis (lebih dari 40 persen) merupakan jenis yang hanya dapat dijumpai di kawasan itu.

6. 20 jenis kupu-kupu di Indonesia telah dimasukkan ke dalam daftar jenis satwa yang dilindungi melalui Peraturan Pemerintah No 7/1999. Antara lain Cethosia myrina yang dikenal sebagai kupu-kupu sayap renda yang hanya dijumpai di Sulawesi, Trogonoptera brookiana yang dikenal sebagai kupu-kupu raja Brooke yang dijumpai di Sumatera dan Kalimantan.

7. 16 jenis kupu-kupu dari marga Ornithoptera atau kupu-kupu sayap burung dijumpai di Maluku dan Papua. sedang 11 jenis kupu-kupu dari marga Troides yang dikenal sebagai kupu-kupu raja (contohnya Troides hypolitus), kebanyakan dijumpai di Indonesia bagian barat dan Sulawesi, serta beberapa jenis berada di Maluku dan Papua. kupu-kupu sayap burung Ornithoptera aesacus yang hanya ditemukan di Pulau Obi dan kupu-kupu sayap burung Ornithoptera croesus yang hanya ditemukan di pulau-pulau di Maluku Utara. 60 Spesies Kupu-kupu terdapat di Lampung

8. Kupu-kupu adalah hewan yang mengalami metamorfis sempurna (holometabolisme)yaitu : proses perubahan fisik biologis hewan setelah dilahirkan atau menetas baik berupa perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel dimulai dari telur kupu-kupu yang biasanya terdapat di daun, menetas kemudian menjadi ulat (larva). ulat menjadi besar dan memanjang, ia akan berubah menjadi kepompong. (pupa /chrysalis) kemudian kupu-kupu dewasa (imago).
Beda dengan metamorfosis tak sempurna (hemimetabolisme) seperti capung, jangkrik, kunang-kunang, belalang, yang menjadi hewan dewasa setelah berubah dari bentuk nimfa. Kemudian larva berlangsung pada fase pertumbuhan berulang lewat ekdisis (pergantian kulit). umur dalam satu daur kupu-kupu adalah sekitar 8 hingga 9 minggu saja

9. Kupu-kupu dewasa rata-rata berumur satu bulan. di alam liar umurnya lebih pendek karena predator, penyakit, maupun faktor lain. yang ekstrem seperti kupu-kupu monarch, mourning cloak, dan tropical heliconian yang bisa hidup hingga sembilan bulan, kupu-kupu terkecil hanya berumur satu minggu (North American Butterfly Association ).

10. Kupu-kupu hidup dari nektar bunga, beberapa menyukai cairan yang dihisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung dan tanah basah.

11. Kupu-kupu betina lebih memilih pasangan kawinnya yang memiliki pupil alias titik putih pada sayapnya.
Kupu-kupu kawin
Kupu-kupu betina tertarik pada kilauan cahaya yang dihasilkan dari pantulan cahaya ultraviolet oleh pupil, lingkaran putih yang berada di pusat ornamen berbentuk lingkaran di sayap. Sebaliknya bentuk ornamen sayap, warna, dan ukurannya tidak terlalu dipedulikan.

12. Kupu-kupu seperti juga serangga penyerbuk lain dan kelelawar membantu penyerbukan tanaman yang artinya menjaga ekosistem hutan, kebun dan ekosistem alami lainnya. Lingkungan yang rusak membuat populasi kupu-kupu berkurang.

13. Spesimen kupu-kupu tersimpan dengan baik di Laboratorium Entomologi, Bidang Zoologi, Museum Zoologi Bogor, dan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Sedang Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, di Maros, Sulawesi selatandan Taman Gita Persada daerah kaki Gunung Betung, Desa Tanjung Manis Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung adalah salah satu tempat konservasi dan pengembangan kupu-kupu melalui usaha penangkaran in-situ.

Tertarik untuk tahu lebih tentang kupu-kupu?

20 komentar:

    o_O injin mlongo yoxx


    AAaaAAAa kupu2ku yayangGg :X
    YeSz..makasih yoxx aku tambah melex ^_^

     
    On 9/17/2008 7:04 AM Norm mengatakan...

    wow! what a lovely and cute butterflies..I like it..

     
    On 12/01/2008 1:09 AM Anonim mengatakan...

    Aq ingin seperti kupu-kupu.Indah pada waktunya.

     
    On 2/05/2009 9:17 PM SunDhe mengatakan...

    kupu2 begitu indah..
    meliuk2 bak memecah angin..

     

    tolong referensikan web atau blog lainya,dimana kami bisa belajar tentang kupu-kupu.Matur Nuwun

     
    On 6/22/2009 10:31 PM admin mengatakan...

    kupu2 indah sekali...

     
    On 11/25/2009 12:32 AM Unknown mengatakan...

    Trims bermaanfaat sekali krn sy lg mencari data kupu-kupu. ^_^

     
    On 12/13/2009 3:11 PM cie mengatakan...

    di foto yang pertama kupu striped albatross (betina) kan

     
    On 12/25/2009 1:30 PM yoxx mengatakan...

    yup.. you are right, cie

     
    On 12/25/2009 11:12 PM djati mengatakan...

    sebetulnya saya ingin tahu, apa ada kupu2 dengan sayap transparan... soalnya saya ada foto semacam kupu2 dengan tubuh seperti udang dengan ekor berambut, gimana ya kirim gambarnya...

     
    On 12/30/2009 3:43 PM yoxx mengatakan...

    ada namanya glasswing buttrefly {greta oto}

     
    On 12/30/2009 3:47 PM yoxx mengatakan...

    glasswing butterfly atau kupu sayap transprant gak cuma Greta oto ada juga Oleria paula , Ithomia patilla , Pteronymia cotytto

     
    On 1/04/2010 9:22 PM cie mengatakan...

    apik rek..ternyata benaran ada kupu transparan. cuman sayang range-nya di meksiko-panama sono ya. jadi cuman bisa nikmati kecantikannya lewat foto2

     
    On 10/20/2011 7:57 PM eko mengatakan...

    bisa tanya, pernah berburu kupu kupu di halmahera? obi, bacan, morotai ????

     
    On 10/21/2011 8:49 AM yoxx mengatakan...

    Je n'ai jamais visitez Morotai, mais je veux rester dans Morotai

     
    On 2/25/2012 11:43 AM Anonim mengatakan...

    makasih... pengetahuan tentang kupu-kupu jd bertambah.

     

    terima kasih atas info kupu-kupunya

     

    thankss

     
    On 5/05/2017 12:21 AM Unknown mengatakan...

    "Spesimen kupu-kupu tersimpan dengan baik di Laboratorium Entomologi, Bidang Zoologi, Museum Zoologi Bogor, dan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia."

    kalo literatur tentang kupu-kupu yang lengkap di mana ya? misalkan tentang:
    apakah geografis mempengaruhi jenis kupu-kupu mulai dari pupa, larva, adaptasi terhadap lingkungan, jenis makanan, hingga bentuk fisiknya?

    mohon bantuannya ya kak.. karena ini buat skripsi dan tugas akhir saya hehehe.. makasih ;)

     
    On 5/05/2017 7:48 AM yoxx mengatakan...

    dear mbak citra,
    senang sekali melihat ada teman yang begitu semnangat mencari literatur untuk tugas akhir...
    anyway, saya belum pernah melihat literatur kupu-kupu yang selengkap di museum zoologi boogor :( terlebih bila sudah menyangkut pola penyebaran hingga morfologi... mungkin itu tugas kita kali ya? selain museum zoologi dan di bantimurung, jatim park2 di batu juga baru mengkoleksi beberapa spesies yang diawetkan saja. mohon maaf ya dengan keterbatasan saya

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar