sedikit tentang kunang-kunang

Kemarin sore hujan tidak turun, ada alasan untuk sekedar jalan-jalan melihat bulan, bintang dan kunang-kunang yang kadang-kadang lewat.


Mengapa Kunang-kunang begitu istimewa?
  • Ada lebih dari 2.000 spesies kunang-kunang, Hanya beberapa spesies dewasa yang mengeluarkan cahaya.
  • Kunang-kunang menyukai tempat yang hangat dan lembap. Karena itu, mereka hidup di daerah tropis. Di zona beriklim subtropis, mereka keluar di musim panas.
  • Walaupun mereka setelah dewasa adalah penyerbuk (polinator), Mereka adalah Karnivora, bahkan Kanibal.
  • Hidup mereka singkat. Kunang-kunang hidup sebagai larva selama dua tahun. Saat itu hidupnya hanya untuk makan, makan dan tumbuh makin besar. Setelah itu mereka akan berubah menjadi kunang-kunang dewasa selama dua minggu hanya untuk kawin dan bertelur. Setelah masa kawin yang sangat singkat tersebut kunang-kunang akan mati.
  • Kunang-kunang menghasilkan bioluminensi (bioluminiscent) atau cahaya dari organ khusus di perutnya dengan menggabungkan zat kimia yang disebut luciferin atau enzim yang disebut luciferases, oksigen dan ATP (adenosin triphospat) sebagai bahan bakar sel.
  • Cahaya kelap-kelip dari tubuh kunang-kunang adalah salah satu bahasa mereka. Sinyal ini digunakan pejantan untuk menarik betinanya.
  • Kunang-kunang betina yang kawin dengan Kunang-kunang jantan yang bercahaya paling terang akan memiliki lebih banyak keturunan. Semakin terang, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Kunang-kunang jantan yang mampu mengeluarkan sinar dalam waktu lebih lama akan mendapat kesempatan "berkencan" lebih banyak. 
  • Darahnya mengandung bahan kimia yang rasanya pahit dan bisa beracun bagi beberapa hewan. Karena itu, jangan diberikan kepada hewan peliharaan.
  • Kunang-kunang, seperti semua serangga, menurun jumlahnya di seluruh dunia. Hilangnya habitat, pestisida dan polusi cahaya merupakan faktor utama penyebab hilangnya mereka. Luciferin sekarang dapat diproduksi secara sintetis, tetapi beberapa laboratorium masih menawarkan hadiah uang untuk menangkap ratusan kunang-kunang untuk tujuan penelitian.
Guna atau manfaat kunang-kunang:
  • Dua bahan kimia yang ditemukan di ekor kunang-kunang, luciferase dan luciferin yang menyala dengan adanya ATP. Setiap hewan memiliki ATP di dalam selnya dengan jumlah yang kurang lebih konstan. Pada sel yang sakit, jumlah ATP mungkin abnormal. Jika bahan kimia dari kunang-kunang disuntikkan ke sel yang sakit, ilmuwan secara visual dapat mendeteksi perubahan sel yang bisa digunakan untuk mempelajari banyak penyakit, dari kanker hingga distrofi otot.
  • Luciferin yang dikombinasikan dengan detektor elektronik dipasang di pesawat ruang angkasa untuk mendeteksi adanya kehidupan di luar angkasa atau bahkan dapat mendeteksi pembusukan makanan dan kontaminasi bakteri di bumi.
Maka jadilah seperti Kunang-kunang, Jadilah yang paling cemerlang

Ada yang mau menambahkan?


Tulisan terkait:





12 komentar:

    On 12/05/2007 1:47 PM Anonim mengatakan...

    Saya juga suka lihat kunang- serasa seperti ianya fairy tales creature. Mungkin krna banyak nonton cartoon :)

    Di sini ada tempat yang popular untuk melihat beribu-ribu kunang2 di tengah pekat malam. Kata orang suasananya asikkk sekali. Ramai pelancong datang hanya tuk nikmati suasana itu :) Sorry, agak panjang, sekedar kongsi cerita :)

     
    On 12/05/2007 2:10 PM yoxx mengatakan...

    dimana tuh? jadi kurius ;)

     
    On 12/05/2007 3:10 PM Anonim mengatakan...

    Upsss sorry.Itu Iza yg komen.. Tadi ketik nikname, tapi tak ada ya.Hurm... Di negeri selangor. Boleh lihat infonya di link ini. Kiraya tempat untuk nature lovers lah :)

    http://www.malaysiasite.nl/fireflies1.htm

     
    On 12/14/2007 8:21 PM Unknown mengatakan...

    dulu pernah tuh yox lagi dikebumen malem2, kita rombongan nangkepi kunang2 terus dimasukin kebotol aqua, niatnya sih biar bisa menggantikan senter, penerangan gratis....eh malah pada ga mau nyal tuh , stress kali ya kunag2 nya...? apa orangnya?

     
    On 11/13/2008 4:38 PM Anonim mengatakan...

    kunang- kunang.....
    binatang unik nan antik yang bersinar.....

     
    On 8/22/2009 10:50 PM Anonim mengatakan...

    i'am doing my assingment bout the special animals,,so i found that kunang-kunag is very special..so can anybody help me where to find another information about kunang-kunag?..

     
    On 8/24/2009 7:51 AM yoxx mengatakan...

    do you have any e-mail?

     
    On 10/12/2009 6:30 PM Anonim mengatakan...

    I am looking for cartoon character of kunang2 for logo. Anyone had a good one??

    rick

     
    On 5/14/2011 12:33 PM Anonim mengatakan...

    what a fairy tales creature...i love fireflies.

     
    On 12/02/2013 2:54 PM wahab mengatakan...

    saya jadi ingat "kunang-kunang" selalu jadi momok karena dikatakan sebagai kuku setan .. ha.ha.ha...

     
    On 7/07/2017 2:16 PM ed mengatakan...

    saya jadi ingat "kunang-kunang" selalu jadi momok karena dikatakan sebagai kuku orang meninggal yang berkeliaran

     
    On 5/14/2023 11:21 AM Anonim mengatakan...

    saya pikir kunang kunang semakin menghilang adalah imajinasi orang tua seperti saya sendiri.. ternyata memang benar benar menghilang. tidak ada bermain bareng dimalam hari bareng tenan untuk mencari kunang kunang di malam hari seperti dulu

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar