sedikit tentang akuarium











Disamping baca buku dan mendengarkan hentakan musik metal, memelihara ikan-ikan dalam akuarium adalah kegiatan yang paling asyik dilakukan untuk meredakan ketegangan sehari-hari. Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun semenjak duduk dibangku SD (ceilaaaa...) hingga sekarang, ada beberapa tips dalam yang kayaknya harus dilakukan kalau ingin ikan-ikan dalam akurium anda sehat sejahtera :)
1. Sebelum membeli ikan, usahakan kenali "karakter" ikan yang akan akan dibeli, apakah dia tergolong ikan "galak", ikan"baik",ataukah "setengah galak", baik yang agresif dengan teman sejenis atau dengan spesies lain. Beli beberapa jenis ikan yang tidak galak dalam satu kontainer kalau pengen pemandangan yang variatif dalam akurium.
2. Sebelum menceburkan ikan yang anda anda beli kedalam akuarium, sebaiknya ceburkan dulu sekalian dengankantong plastiknya setidaknya selama 30 menit agar ikan tidak kaget akibat suhu yang berbeda antara suhu air dalam akurium dengan dalam kantong plastik.
3. Tidak ada salahnya punya untuk "akurium karantina" kalau ada rejeki berlebih.
4. Sebaiknya populasi ikan jangan terlalu padat, memang tidak ada ukuran yang baku mengenai populasi ikan, tetapi biasanya saya tempatkan 10 ikan dalam 10 gallon air.
5. Memberi makan ikan cukuplah 1 kali sehari, Kalau toh anda ingin berlibur selama beberapa hari, lebih baik kalau ikan dalam kondisi kelaparan dalam 1-2 hari daripada makanan berlebih yang malah akan membuat air akurium menjadi keruh yang pada akhirnya bisa menyebabkan ikan keracunan.
6. Usahakan akuarium tidak terkena sinar matahari langsung.
7. Kalau kaca akuarium kelihatan keruh, cukup bersihkan dengan silet cukur yang tipis.
8. Ganti air dalam akurium sebaiknya dilakukan tiap bulan, cukup seprempatnya saja, untuk menghindari ikan stress akibat berubahnya kondisi air baik pH mauapun kesadahannya. Penyedotan kotoran dengan selang plastik akan jauh memudahkan kita
9. Kalau air yang anda gunakan adalah air pam yang mengandung tawas atau kaporit, sebaiknya anda tampung dulu air yang akan dipakai di akuarium dalam bak dalam waktu semalam dan gunakan setngah atau 3/4 air pada permukaan atas.
10. Sebaiknya juga jangan menambahkan aneka macam aditif kedalam akuarium.
Ada beberapa cara supaya ikan mas koki atau ikan mas yang rajin berkembang biak, salah satunya adalah dengan cara:
menempatkan sepasang indukan ikan mas tersendiri dalam gentong tanah liat berukuran sedang berisi air, kemudian diberi beberapa Eceng gondok atau Genjer.
Mudah khan? Demikian pula dengan kualitas air untuk kolam budidaya dan ikan Arawana merah


Picture of Aqualife2 is belong to Trat Naived

5 komentar:

    kebetulan om juga suka melihara ikan..sampai saat ini om pelihara arwana, komet dan cupank :) thanks infonya

     

    Iya pengen mlihara ikan juga di kamar, tapi takut kerebus heee...suhu kamar di atas normal soalnya heeee...

     

    trims buat infonya ya. :)

     

    postingannya nolong bgt...secara aku dah lama pgn bgt punya akuarium...thx yah masukannya

     

    terima kasih banyak

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar