Sedikit tips menghadapi ular

Oops, sekian kali kedatangan tamu tak diundang. Makhluk bersisik yang  menjulurkan lidahnya: Ular!

Mari kita kenali perilakunya :
  • Bulan November, Desember dan Januari adalah musim bertelur dan menetas. Sarang yang terlalu basah saat musim hujan tidak disukai ular sehingga banyak ular keluar dari sarangnya.
  • Pada prinsipnya ular tidak mengganggu manusia. 
  • Ular sebenarnya takut pada manusia
  • Ular tidak mengejar manusia.
  • Ular semakin sering muncul di perumahan/pabrik karena habitat mereka yang semakin sempit namun predator ular juga semakin sedikit. predator ular antara lain : elang, burung hantu, biawak, garangan.
  • Dimana ada tikus biasanya ada ular. Karena itu merupakan bagian dari rantai makanan. Ular mengetahui keberadaan tikus lewat indra penciuman dan sensor panas. 
  • Ular menyukai tempat yang lembab, ruang sempit dengar tumpukan apapun seperti kayu, bambu, kardus, seng, kain dan apapun yang ditumpuk dan lembab. 
  • Ular dapat menjalar lewat ranting pohon atau dinding rumah yang masih kasar.
  • Ular berbisa (venom) tinggi cirinya jika tergigit darah yang keluar sedikit tapi mematikan. Sedangkan ular yang tidak berbisa, bekas gigitan  mengeluarkan darah banyak.
  • Ular tidak takut kepada garam, kapur ajaib, kamper, kapur barus, tetapi ular tidak menyukai pewangi yang berbau tajam, belilah parfum murah dan tebar untuk mengusir ular.
  • Ular tidak suka melewati permukaan yang kasar seperti IJUK karena akan menyakiti kulitnya.
  • Untuk yang memiliki kolam ikan, lebih baik disekeliling kolam diberi alas ijuk,  agar ular tidak memangsa ikan,  terutama yang tinggal dekat sawah atau sungai. 
  • Ciri-ciri ada sarang ular adalah ditemukan bekas sisik ular. Karena ular sekali sebulan berganti kulit juga ada kotoran ular (kotoran hitam padat, atau kotoran putih encer seperti kotoran burung).
  • Ular sering masuk rumah lewat lubang tikus.
  • Ular tidak takut pada suara apapun. Lalu mengapa di film India ularnya bergerak ketika dibunyikan seruling?  Ini karena peniup serulingnya bergerak. ular bergerak karena kita bergerak.
  • Ular berbisa keluar kapan saja,  baik siang ataupun malam.
  • Ular yang tidak berbisa tinggi, biasanya keluar mencari mangsa pada sore hari mulai jam 3 sore hingga sehabis maghrib.
  • Jika berkemah, jangan mendirikan tenda di dekat tumpukan batu, sisa makanan atau bungkus makanan,jangan dibiarkan bertumpuk karena mengundang ular untuk datang.
  • Api unggun kadang bisa mencegah ular datang, namun kadang karena suhu dingin ular malah mencari api untuk menghangatkan diri karena ular berdarah dingin.


Bila bertemu ular, apa yang harus dilakukan?
  1. DIAM, tidak melakukan apan. Boleh berteriak, tapi sambil berdiri seperti patung. 
  2. Amati kemana ular pergi, Ular tidak akan mengejar. Yang penting kita diam tidak bergerak.
  3. Ketika ular mulai kabur, segera hubungi satpam/ penangkap ular (contohnya KCD, pemadam.kebakaran).
  4. Jika berani, ambil ember, lalu tutup pelan pelan si ular dari arah belakang kepalanya dengan perlahan supaya ular tidak mendeteksi adanya gerakan cepat.
Jika tergigit ular tidak berbisa, hendaknya :
  1. Basuh gigitan ular di air mengalir
  2. Hentikan pendarahan. Misal dengan daun pisang yang dikunyah.
  3. Beri minum air putih yang banyak/ susu/madu.
  4. Tetap terjaga.
  5. Bawa ke rumah sakit 
Gigitan ular kobra tidak mengeluarkan darah banyak, namun sensasi rasanya terbakar panas.
Apa yang harus dilakukan saat tergigit ular berbisa (venom) tinggi:
  1. Larikan ke rumah sakit.
  2. Posisikan bagian yang kena gigitan lebih rendah dari posisi jantung. Misal tangan yg terkena, maka tangan arahkan turun ke bawah.
  3. Bebat (seperti orang patah tulang), kalau tidak bisa dibebat, minimal ikat tidak terlalu kencang, bagian di dekat gigitan, supaya bisa (venom) tidak beredar cepat.
  4. Pastikan pasien minum air putih, susu, madu yang banyak. Jangan biarkan tertidur, tetap harus terjaga.
  5. Bisa ular kobra bisa memancar dari jarak 2 meter. Jika terkena mata,jangan dikucek, tetapi basuh diair keran mengalir. Karena bisa ular dalam hitungan detik bisa mengkristal.
Apa yang harus dilakukan untuk mencegah ular mendatangi rumah :
  1. Bersihkan rumah dan lingkungan dari tumpukan tumpukan barang.
  2. Tutup lubang lubang tikus, lebih baik jika lubang ditelusuri lalu ditutup dari hulunya, karena tikus suka membuat lubang yang bercabang banyak.
  3. Tutup lubang air, lubang selokan, lubang kamar mandi dengan kawat baja (jangan yang aluminium karena dapat dijebol oleh tikus) atau penutup baja model knop (yang seperti mangkok terbalik di bawahnya).
  4. Potong dahan dahan pohon. Jangan sampai menyentuh plafon, mengingat ada kejadian ular menjalar dan tinggal diatas plafon dan plafon akhirnya runtuh karena menahan ular yang semakin berat.
  5. Pasang keset ijuk/keset sabut kelapa atau serat lainnya yang kasar (yang ada tulisan welcome atau sejenisnya).
  6. Beri tali ijuk pada pinggir bawah jendela jendela (tali ijuk untuk menanam anggrek di pohon).
  7. Sediakan semprotan nyamuk untuk mengetes ada tidaknya ular di sudut rumah/gudang sebelum membongkar barang dan untuk mengusir ular.
  8. Siap sedia ember untuk penutup ular.
  9. Berdoa yang pasti. Semoga kita dijauhkan dari bahaya. 
  10. Biawak dan garangan memangsa anak ular. Mereka tidak menggigit manusia, namun berbahaya bagi manusia, kalau ada biawak, sebaiknya jangan dibunuh karena membantu untuk menjaga dari ular.

Ada yang mau menambahkan?

Foto-foto milik gettyimages
Tulisan terkait:










Riuh rendah dinamika desain pun dipengaruhi oleh aktivitas desainer dan manufaktur brand terkemuka.
Dunia desain yang begitu beragam, berubah cepat dan tentunya menarik untuk diikuti.

Inilah festival desain terbesar yang menarik untuk dikunjungi dan diikuti :
  • Maison & Objet Paris, Gelaran awal tahun penuh talenta dan brand terkemuka dilakukan di salah satu kiblat mode dan desain dunia ini.
  • Stocholm Design Week, Stockholm tidak hanya menjadi ibukota negara Swedia, tetapi juga sahih untuk disebut sebagai ibukota desain Skandinavia. Simak festivalnya setiap bulan Februari. 
  • Maison & Objet Asia, Ajang unjuk gigi desainer Asia ini bertempat di singapura untuk pertama kalinya pada Maret 2014. ini adalah festival desain yang berfokus pada desain produk dan desain interior. Hampir berbarengan juga diadakan International Furniture Fair Show/Asia Furniture Show (IFFS/AFS).
  • London Design Week, Banyaknya desainer dan seniman yang berasal dari daratan Britannia Raya,  menjadikan London Design Week layak dikunjungi setiap Maret.
  • IMM Cologne, Gelaran yang lebih berfokus pada desain interior dan furnitur. IMM Cologne (internationale möbelmesse) diadakan setiap bulan Januari.
  • Hongkong Art Basel, HK Art Basel yang digelar pada bulan Maret menjadi tujuan utama seniman didaratan Asia untuk memamerkan karya mereka
  • Geneva Motor Show, Maret di Geneva, Switzerland terselenggara Geneva Motor Show dimana semua konsep dan model terbaru kendaraan bermotor terbaik digelar disini.
  • Salone Internazionale del Mobile, Perhelatan yang berlangsung di ibukota mode dunia, Milan pada bulan April ini sering disebut sebagai festival wajib dikunjungi oleh para pelaku desain interior beserta brand brand papan atas berbarengan dengan Milan Design Week.
  • International Contemporary Furniture Fair, ICFF diadakan pada bulan Mei di New York. ini adalah gelaran yang paling multi kultural
  • SPOGA+GAFA, September adalah bulan digelarnya festival desain produk untuk aktivitas di ruang luar (outdoor) terbesar di Cologne.
  • Miami Art Basel, Gelaran yang memadukan desain dan seni paling meriah pada bulan Desember yang ramai diikuti oleh seniman hingga selebriti.
Itulah sedikit festival desain terbesar di dunia, bisa jadi daftar diatas berubah urutannya mengingat beragamnya dinamika desain.
Kunjungi tautan ini untuk melihat versi lengkapnya.
Bagaimana dengan Indonesia?
adalah gelaran Indonesia Furniture Expo/IFEX adalah festival desain interior dan meubel terbesar di Indonesia pada medio Maret setiap tahunnya.






Fotografi berkembang dengan pesat seiring berkembangnya fisika optis dan prosesor komputasi digital.
Teknologi astrofotografi dan drone salah satunya, drone tidak hanya hebat untuk tugas survey atau mata mata militer dengan mengambil sudut sudut video yang sulit tetapi juga semakin tajam dengan resolusi yang semakin besar dalam mengambil gambar diam (still image).
Semua tempat mempunyai sebuah ceritanya sendiri-sendiri. 
Untuk memperoleh karya visual yang indah dan bernilai tinggi serta komposisi bagus yang bercerita, setidaknya ada duabelas tips yang berguna.

1. Ubah Perspektif
Drone memberikan sebuah sudut pandang yang tidak bisa diberikan oleh kamera manapun: sebuah pandangan dari atas! Manfaatkan hal ini dengan baik untuk menciptakan sebuah karya pencitraan udara yang mengagumkan. Sesuatu yang terlihat sederhana cenderung membosankan seperti menara-menara gedung bisa terlihat saling bertumpuk satu sama lain. Banyak hal kreatif dengan memanfaatkan ilusi optis seperti ini.

2. Temukan Pola yang Unik
Temukan lokasi yang unik. Banyak bentuk-bentuk yang menarik dengan pola-pola yang belum terbayangkan sebelumnya. Semakin unik polanya, maka foto yang dihasilkan akan semakin bagus.

3. Temukan Garis Pemisah
Dalam semua foto, adanya sebuah garis yang tajam akan semakin menegaskan komposisi foto yang kamu hasilkan. Garis yang tajam ini seolah-olah akan mengarahkan pandangan dari orang-orang yang menikmati karya fotografi, Jenis garis yang bisa diambil bisa dari beragam obyek seperti jalanan atau rel kereta api. kreativitas dapat dimaksimalkan dengan cara mengambil gambar dari kanan ke kiri, atas ke bawah, atau bahkan dari ujung ke ujung.

4. Temukan Kesimetrisan dari Obyek
Lewat perspektif baru ini, kamu juga bisa menemukan keindahan yang tidak bisa kamu dapatkan ketika kamu berada di bawah. Taman atau pusat kota misalnya, memiliki sebuah tingkat kesimetrisan bangunan yang sangat menarik. Kamu bisa mengambil gambarnya dari atas dan menciptakan sebuah pemandangan yang benar-benar luar biasa.

5. Ambil Foto Panorama
Dengan foto berbentuk lanskap yang lebih panjang, maka dapat memberikan gambaran tentang keindahan pemandangan alam dengan lebih lengkap.

6. Temukan Warna yang Kontras
Sebagai seorang fotografer tentunya pemilihan warna obyek adalah sebuah pertimbangan yang sangat penting. Semakin tinggi tingkat kontras dari gambar yang diambil, semakin terasa begitu dramatis kesan yang dihasilkan.

7. Ubah Cara Mengambil Foto Selfie
Drone juga bisa menjadi sebuah alat untuk berswafoto yang luar biasa. Tidak penting apa yang menjadi latar belakang karena dengan menggunakan drone, bisa dihasilkan foto selfie yang dengan sudut pandang yang lebih artistik.

8. Temukan Pola yang Berulang
Beberapa tempat menyuguhkan sebuah pola menarik yang berulang-ulang. Berhati-hatilah dalam menyusun obyek dengan pola seperti ini.

9. Temukan Obyek yang Abstrak
Semua orang memang tidak bisa menjadi setenar Jackson Pollock dengan kuas dan catnya, tapi semua orang bisa menciptakan karya seni abstrak dengan menggunakan drone.

10. Temukan Bayangan Gambar.
Bayangan bisa jadi menjadi kunci bagaimana untuk membuka imajinasi terliarmu. Saat magic hour, Di saat itu bayangan dari sebuah obyek dapat berbentuk menjadi sangat besar dan menciptakan sebuah siluet yang luar biasa keren.

11. Temukan Titik Ufuk atau Cakrawala
Bisa dibilang tips ini adalah kombinasi dari 10 tips di atas. Dengan perpaduan bayangan, pola yang berulang, tingkat kesimetrisan, dan juga tingkat kontras tentunya.

12. Selalu sediakan baterai cadangan. Semakin banyak baterai cadangan, Akan semakin banyak momen indah yang tertangkap.

Itulah sedikit teknik memotret menggunakan drone.
Adakah yang mau menambahkan?

Tulisan terkait :



13 jenis sampel

Sekian tahun setelah bekerja divisi Research and Design (R&D), baik pada desain meubel maupun desain fashion ternyata ada banyak ragam sampel.
Intinya ada tiga kelas sampel (barang contoh) yang luas, satu untuk setiap fase. Terbagi dalam 3 fase, yaitu: desain, penjualan dan produksi. 

  1. Sampel terkait desain adalah untuk memodelkan ide-ide desain dan (idealnya) menyelesaikan pola untuk produksi massal. 
  2. Sampel terkait penjualan digunakan untuk memprediksi pesanan dari pembeli atau kemauan pelanggan.
  3. Jenis sampel produksi dimaksudkan untuk menguji konsistensi dalam produksi.


Secara teknis dan secara optimal, semua pengambilan sampel harus dilakukan selama fase desain awal (R&D) karena Anda belum dapat menjual (fase kedua) pun Anda juga belum memiliki produksi barang secara massal (fase ketiga).
13 klasifikasi sampel ini mungkin luar biasa banyak karena proses produksi sangat inklusif, namun semua jenis sampel ini tidak harus selalu dibuat.

Juga ada sedikit tumpang tindih sampel tergantung pada operasi Anda. Jika Anda mengelola pengembangan produk dan membuat sampel yang terbuat dari pola, Sampel fit adalah barang yang sama seperti prototype dan akan dipasang selama fase desain.
Namun jika Anda melakukan outsourcing ke kontraktor dalam paket lengkap, maka pembuatan sampel yang sesuai sebaiknya dilakukan sebelum produksi.
Beberapa jenis sampel dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya: idealnya prototype (purwarupa) adalah sampel yang cocok untuk sampel menjahit (pra-produksi), namun dalam prakteknya dapat juga digunakan sebagai sampel foto.

Berikut ini penggolonggannya:
1. Muslin,
Sinonim: dummy, mock-up, drape, Penjelasan: Ini adalah contoh konsep, seringkali merupakan terjemahan kasar dari tirai yang dijahit bersama. Digunakan terutama oleh desainer fashion yang lebih suka menyampaikan ide-ide desain dalam selembar kain yang sebenarnya sebagai bagian dari proses kreasi mereka daripada menggambar sketsa. Atau, mereka punya ide tetapi tidak bisa mengartikulasikannya sehingga mereka cuma meletakkan potongan kain ke manekin sebagai gantinya.

2. Sampel awal (First sample)
Sinonim: sampel asli (original sample), sampel uji garmen (sample test garment), sampel pengembangan (development sample), sampel desain (design sample)
Penjelasan: Ini adalah sampel yang dibuat dari pola pertama (atau kualitas produksi) yang dibuat dari kain muslin (berupa mock-up) dan dimaksudkan untuk menguji ide atau konsep perancang dalam fabrikasi yang dipilih. Jika desain, fabrikasi, dan kesesuaian sampel ini keluar sesuai rencana dan tidak perlu koreksi atau sudah disetujui akan menjadi sampel prototipe.

3. Sampel Fit (Fit sample)
Sinonim: referensi gaya (style reference), pola induk (parent pattern)
Penjelasan: Di beberapa perusahaan, sampel fit dapat merujuk pada gaya yang telah terbukti sebelumnya yang cocok dan digunakan sebagai titik referensi untuk iterasi desain, digunakan sebagai dasar pengembangan gaya baru dan fit. Dalam kasus seperti itu, sampel fit sebelumnya akan disebut referensi gaya dan polanya akan menjadi semacam pola atau blok "induk".

4. Purwarupa (Prototipe)
Sinonim: proto
Penjelasan: Sampel ini adalah hasil dari iterasi sebelumnya, versi yang memenuhi uji perancang untuk dieksekusi. Kecocokan juga harus seperti yang diharapkan sehingga juga akan menjadi contoh kecocokan untuk perusahaan yang menggunakan penunjukan terpisah. Idealnya, sampel proto juga dijahit seperti yang dijelaskan di bawah ini. Jika Anda menjahit di rumah, prototipe harus digunakan untuk penetapan biaya dan menjadi produksi menjahit.

5. Sampel Jahit (sew by)
Sinonim: sampel pra-produksi (pre-production sample), pra-pro (pre-pro), sampel penetapan biaya (costing sample).
Penjelasan: Sampel ini mencerminkan semua detail konstruksi yang diinginkan dan digunakan untuk mengumpulkan tawaran kontrak menjahit (CM&T). Kontraktor menggunakan sampel ini untuk membuat sampel penetapan biaya atau pra-produksi. Sekali lagi, idealnya sampel prototipe juga dijahit oleh. Perhatian khusus harus diambil dalam menetapkan sampel sebagai penjahitan karena untuk lebih baik atau lebih buruk, kutipan akan dibangun di atas ini. Jika seseorang memproduksi secara domestik di rumah, sampel prototipe harus dijahit untuk digunakan di rumah untuk membuat sampel penjualan. Dalam sampling penjualanlah polanya terbukti dan biaya akhir dihitung.

6. Pra-produksi
Sinonim: pra-pro, P/P, sampel penetapan biaya, sampel counter, sampel salesman, sampel penjualan,duplikat
Penjelasan: Tahap pengambilan sampel ini adalah untuk membuktikan pola, menguji keefektifan biaya dan konsistensi dalam produksi apakah dilakukan di rumah atau diserahkan kepada kontraktor. Jika sampel (konter) disetujui, itu akan menjadi produksi yang dijahit oleh. Idealnya, sampel pra-produksi (sampel salesman) digunakan untuk pra-penjualan produk.

7. Sampel foto
Sinonim: ukuran model, sampel rata, sampel editorial
Penjelasan: Sampel ini dibuat dalam ukuran yang lebih kecil untuk pemotretan yang ditujukan untuk editorial dan pemasaran, sebelumnya berukuran 4 tetapi hari ini mungkin berukuran 0. Ini mungkin tidak perlu jika Anda dapat menyematkan garmen secara strategis pada model. Jika Anda bermaksud untuk menembakkan flat, Anda mungkin perlu memotong ukuran yang lebih kecil karena sulit untuk cukup dekat agar sesuai dengan atribut garmen di bingkai. Beberapa orang tahu mereka akan membutuhkan ukuran yang lebih kecil untuk fotografi sehingga mereka menggunakan ini sebagai ukuran dasar mereka. Tolong jangan lakukan itu.

8. Sampel salesman/penjualan
Sinonim: duplikat, sampel penjualan.
Penjelasan: Idealnya sampel pra-produksi di atas dapat digunakan untuk penjualan dan pemasaran. Anda akan memiliki duplikat sampel pra-produksi atau produksi yang disetujui yang dibuat untuk masing-masing pihak. Produsen dalam negeri harus memprioritaskan pembuatan sampel penjualan sebagai uji coba produksi.

9. Sampel Penampilan
Sinonim: sampel showroom, sampel merchandising, sampel salesman
Penjelasan: Terutama ditujukan untuk ruang pamer (tetapi tidak secara eksklusif) yang memasarkan langsung ke editorial (editor mode, dll), Anda mungkin perlu memiliki sampel foto seperti di atas dan untuk alasan yang sama. Anda mungkin juga membutuhkan ukuran kisaran menengah untuk pembeli eceran yang mampir. Berunding dengan showroom Anda tentang preferensi mereka.

10. Sampel Ukuran
Sinonim: ukuran lari, ukuran ditetapkan
Penjelasan: Contoh produksi lot gaya dalam semua ukuran yang dimaksudkan. Idealnya Anda merancang ukuran untuk menargetkan profil pelanggan Anda sejak dini dalam pengembangan produk. Bisa jadi ini tidak mungkin jika siluet Anda sangat bervariasi di antara gaya, yang berarti Anda perlu menguji ukuran dalam berbagai gaya.

11. Sampel produksi
Sinonim: counter sample, spec sample
Penjelasan: Ini adalah versi final yang disetujui dari gaya yang diproduksi oleh siapa pun yang melakukan produksi. Seringkali uji coba produksi dilakukan dan hasilnya diukur untuk kualitas dan sampel idealnya digunakan untuk pemasaran, promosi, pra-penjualan, dan mungkin penjualan bagasi. Jumlah unit yang diproduksi akan bervariasi dari satu hingga persentase dari ukuran lot produksi yang dimaksud. Ini bisa sangat mahal jika dijalankan mencakup semua warna dan ukuran.

12. Produksi Perdana
Sinonim: TOP
Penjelasan: Sampel TOP diambil dari proses produksi pertama.

13. Sampel pengiriman (shipment sample)
Sinonim: sampel pengiriman, sampel pemenuhan
Penjelasan: Sampel yang mencerminkan apa yang akan diterima pembeli hingga ke QC, pelipatan, penandaan, pengemasan, pra-paket (jika ada), termasuk label dan kemasan akhir.

Menurut fungsinya sampel dibedakan atas:
1. Sampel akhir
Anda harus selalu menyimpan sampel akhir yang disetujui di ruang tersendiri sebagai sarana untuk memverifikasi hasil produksi. Seharusnya tidak dipinjamkan kepada siapa pun karena sampel akan dianggap sebagai hasil produksi. Anda harus punya sampel akhir walau pun kontraktor Anda dapat menggunakannya dalam produksi sebagai contoh, sehingga akan dibutuhkan dua barang yang identik sama.

2. Sampel Revisi atau Revisi
Sampel yang direvisi adalah segala jenis sampel yang merupakan koreksi dari sampel sebelumnya yang tidak disetujui. Jika sampel yang direvisi disetujui, itu akan dikenal sebagai jenis sampel apa pun yang dimaksudkan.

3. Sampel Counter (Counter Sample)
Dalam arti luas, sampel counter mirip dengan penawaran counter dan diproduksi oleh layanan paket lengkap atau kontraktor menjahit terutama digunakan untuk penetapan biaya. Sampel konter mencerminkan eksekusi kontraktor sebagai harapan Anda untuk sampel apa pun yang Anda lakukan saat itu. Secara teknis, sampel counter bisa menjadi sampel prototipe, pra-produksi, bisa menjadi menjahit untuk produksi, ukuran berjalan atau apa pun jenis sampel lainnya. Sebagai masalah praktis, ini seringkali merupakan sampel pra-produksi atau produksi yang digunakan untuk penetapan biaya. Idealnya, ini harus menjadi versi final atau mudahnya disebut yang saya lihat adalah yang saya dapat (WYSIWYG)

4. Sampel Penjualan
Sampel ada di seluruh peta sehingga sampel produk mungkin tidak khas dari output desainer biasa. Sampel dapat menjadi pembelian yang baik (terutama jika benar-benar merupakan produksi yang berjalan berlebihan) tetapi pembeli berhati-hatilah. Sebelumnya, sebagian besar penjualan sampel dipegang oleh wiraniaga yang menjual sampel lini sebelumnya untuk mengganti biaya pembelian mereka.
Pembuatan sampel bisa mahal jika tidak dikelola dengan baik. Sebagian besar perusahaan kecil tidak membutuhkan berbagai macam atau jenis sebanyak ini.

Secara umum pada industri/manufaktur produk massal seperti furnitur, rencana sampel atau rencana pembuatan sampel dibuat dalam tiga kategori peruntukan yaitu :
  • desain
  • penjualan 
  • produksi 
Sampel desain menguji interpretasi desain dan menyiapkan pola/jig/mal untuk produksi.
Sampel penjualan digunakan untuk menguji penerimaan pembeli.
Sampel produksi memiliki tujuan sebagai aplikasi pengujian dan konsistensi dalam produksi. Perusahaan dengan produksi besar menjalankan program khusus untuk menguji lot/batch menggunakan rumus matematika. Ini disebut rencana pembuatan sampel.

Foto-foto milik istockphotos.com
kepustakaan :
https://fashion-incubator.com/the-13-different-kinds-of-samples/

Sedikit tentang teknik lukis Cina

Ini lagi kesengsem dengan lukisan tradisional Cina.
Yup, goresan kuas khas pelukis Cina mempunyai sejarah yang panjang karena telah dikenal pada abad ke-7, tepatnya sejak Jenderal Besar Dinasti Tang bernama Li Shixun gemar melukis pemandangan.
Namun masa dari periode Lima Dinasti sampai periode Song Utara (907–1127) dikenal sebagai "masa kejayaan lanskap Tionghoa".

  • Lukisan tradisional secara esensial melibatkan teknik yang sama dengan kaligrafi dan diselesaikan dengan kuas yang dicelupkan dalam tinta hitam atau pigmen berwarna menggunakan pelarut air non minyak (waterbased). Seperti halnya kaligrafi, bahan-bahan paling populer dimana lukisan dibuat adalah kertas dan sutra. Karya yang terselesaikan dapat digulung, seperti gulungan gantung atau gulungan genggam. Lukisan tradisional juga dicantumkan pada lembar album, tembok, perangkat, layar mengambang dan media lainnya.
  • Pada perkembangannya, penggunaan tinta China pada lukisan bernuansa alam dan tradisi yang kaya filosofi menjadi identitas seni lukis negeri Tirai Bambu. Ciri khas tersebut masih terus dipertahankan dan dijadikan strategi kebudayaan para pelukis China, di tengah mengglobalnya corak seni kontemporer.
  • Sebagian besar tema lukisan mencerminkan orientasi jalan hidup pelukis yang masih berdasar pada petuah lama yang berpusat kepada pesan filosofis Kong Hucu, Tao dan Buddha (Zen).
  • Subyek berupa aktivitas penduduk, pemandangan, bunga dan burung, mamalia, serangga, ikan serta arsitektur.
  • Lukisan pemandangan merupakan wujud kesetiaan pelukis terhadap ajaran nenek moyang yang menuturkan bahwa pelajaran terbaik bagi manusia adalah alam semesta yang membentang di hadapannya.
  • Pemandangan atau lansekap, karakter dan bunga-bunga dan burung adalah tiga topik yang disukai dari pelukis Cina. Ini menyiratkan sebuah studi menyeluruh tentang tanaman dan bunga sesuai dengan empat musim dan dari aspek burung, serangga, ikan dan mamalia.
  • Format yang digunakan dalam lukisan Cina sangat bervariasi, umumnya menggunakan format kuas besar, format horisontal.
Umumnya terdiri dari satu atau lebih puisi, kaligrafi, lukisan kuas dan stempel (segel) artis.
Teknik atau metode yang dipakai:
  1. Teknik Gongbi (kuas terampil) ditandai dengan detail dan presisi secara rinci.
  2. Teknik Baimiao (melukis garis) menarik garis kontur dengan tinta hitam. 
  3. Teknik Mogu (tanpa bingkai) mirip dengan Gongbi, tetapi tidak menarik kontur.
  4. Teknik Xieyi (menulis ide atau menulis niat) ditandai dengan tata letak penuh dan terutama menggunakan prinsip kisaran.
  5. Teknik Shuimo (tinta dan air) seperti  Xieyi, tetapi hanya dilakukan dengan tinta hitam dengan memanfaatkan rentang.
Poin-poin penting dari komposisi lukisan Cina:
  1. Organisasi umum dan arah (naik/turun, pendukung/didukung).
  2. Kepadatan dan pertemuan (dispersi). Para ahli lukis sering memberikan indikasi kepadatan lukisan menggunakan ungkapan ini: Spasi seakan akan kuda bisa menyeberang, ruang padat sehingga angin tidak bisa menyusup.
  3. Ruang kosong (vakum) atau spasi negatif memiliki tempat yang sangat penting. Hal ini dapat mewakili langit, tanah, air, awan.
  4. Jauh lebih penting adalah prasasti. Mereka termasuk judul, isi (puisi , prosa, deskripsi, sejarah) juga nama penulis dalam stempel (segel) nya. Semua harus berupa kaligrafi dalam gaya yang berbeda sesuai dengan yang artis ingin mengekspresikan. 

Lukisan lanskap dipandang sebagai bentuk tertinggi dari lukisan Tionghoa, dan umumnya masih dianggap demikian.
Di utara, artis-artis seperti Jing Hao, Li Cheng, Fan Kuan, dan Guo Xi melukis gambar-gambar gunung yang menjulang, menggunakan garis hitam, kuas tinta, titik-titik kuas untuk menggambarkan batu.
Di selatan, Dong Yuan, Juran, dan beberapa artis melukis perbukitan dan sungai di wilayah mereka tinggal dalam suasana damai dengan tinta kayu lembut.
Dua jenis pemandangan dan teknik tersebut menjadi gaya klasik lukisan lanskap Tionghoa.

Baca juga : Sedikit tentang simbolisme lukisan China
Lukisan China memiliki sejarah panjang yang menakjubkan, Karena memiliki karakteristik dan gaya yang unik yang berbeda dengan karya artistik dua dimensi lainnya.
Ahli seni Eropa klasik cenderung gemar melukis semangkuk buah dan model yang berpose dengan detail yang tajam dan dalam, sedang ahli seni lukis China klasik berfokus pada tema yang utamanya berlandaskan harmoni pada satu dari tiga kategori ini:
  1. Pemandangan (shanshui—yang berarti "gunung dan sungai").
  2. Karakter manusia (renwu).
  3. Burung dan bunga (huaniao).

Dalam seni lukis China klasik selalu tidak tampak adanya warna background dalam lukisan, karena area putih (negatif space) di dalam seni lukis China merupakan hal penting.
Pelukis China sepanjang usia diharapkan menguasai prinsip biner 虚实 (xushi) dan 藏露 (canglu) yang artinya "simulasi dan realitas, yang tersembunyi dan yang terungkap". 
Dengan kata lain, apa yang harusnya digambarkan sekaligus, dan apa yang harusnya ditinggalkan pada imajinasi penonton. Apa yang harusnya ditunjukkan dan apa yang harusnya disarankan.
Umumnya seni klasik dipadukan kedalam puisi dan desain visual oleh pelukis dan seniman.
Baca juga  : Sedikit tentang teknik lukis China

Sedikit tentang Ikejime

Adakalanya kita langsung mengolah ikan setelah dipancing untuk mendapatkan rasa gurih (umami).

Tetapi dengan metode ikejime, kita masih dapat mengolah ikan dengan rasa gurih dan daging ikan yang tidak lembek walaupun ikan sudah mati dalam waktu yang tidak singkat atau bahkan saat daging ikan menua.

Ikejime atau Ikijime adalah metode penyembelihan ikan berasal dari Jepang untuk menjaga kualitas dagingnya. Teknik atau metode ini dianggap sebagai metode membunuh ikan tercepat dan paling manusiawi. Mirip dengan teknik yang digunakan pada bedah katak di laboratorium yang disebut spiking atau pithing

Teknik ini terjadi karena lonjakan kejut dengan cepat dan langsung ke otak belakang yang umumnya terletak sedikit di belakang dan di atas mata ikan sehingga menyebabkan kematian otak secara cepat.

Ketika dilakukan dengan benar, sirip ikan akan terlihat cerah menyala dan ikan segera mengendur menghentikan semua gerakan akibat hancurnya otak dan sumsum tulang belakang ikan yang akan mencegah refleks gerakan otot mengkonsumsi adenosin trifosfat (ATP) dalam otot yang menghasilkan asam laktat yang membuat ikan menjadi terasa asam. Selanjutnya, darah yang terkandung dalam daging ikan tertarik ke rongga usus sehingga akan menghasilkan fillet berwarna lebih cerah dengan rasa yang lebih baik dan kenyal sehingga memungkinkan daging terasa umami atau gurih saat daging ikan menua.

Ikejime adalah langkah kontrol multi-seri dan langkah-langkah ini dirancang untuk mengurangi semua efek dari reaksi biokimia dengan cara merusak otak dan sumsum tulang belakang. Teknik seperti ini telah berkembang sejak sekitar 350 tahun yang lalu dan koki Jepang telah menggunakan teknik ini sejak itu. Bagaimanapun, kunci untuk sushi dan sashimi yang baik adalah daging ikan yang menua, memungkinkan enzim ATP untuk terpecah dan uap air menguap sehingga menghasilkan rasa yang terkonsentrasi.
Tidak banyak perbedaan ketika kita memasak ikan dengan dan tanpa ikejime pada hari pertama ketika masih segar. Perbedaannya hanya terjadi pada hari ketiga, keempat dan kelima. Ikan yang disiapkan dengan cara ikejime masih keras dan dagingnya tidak menjadi lembek.

Ilmu ikejime pada prinsipnya sederhana: Semakin sedikit trauma yang diderita ikan baik sebelum, selama dan setelah disembelih akan semakin baik kualitas dagingnya. Hal ini terjadi karena ikan saat berontak atau mengalami stres, ia menghasilkan asam laktat dan kortisol, yang pada gilirannya menurunkan kualitas daging. Merusak otak dan sumsum tulang belakang dengan cepat meminimalkan sinyal stres yang dikirim.

Meskipun ada banyak variasi pada metode ini, kebanyakan dilakukan dalam empat langkah dasar dengan tempo yang singkat bahkan seluruh proses dalam hitungan detik, langkah-langkahnya

  1. Menutup Ikan,  'Menutup ikan' adalah cara manusiawi untuk merujuk pada tindakan menghancurkan otak. Untuk melakukan ini, cari otak (biadanya di atas mata ikan) dan gunakan paku atau penusuk untuk menembus tengkorak. jika tertusuk tepat sasaran ikan akan terlihat bergidik dan rahangnya akan terbuka. Langkah ini dilakukan dengan cepat sehingga otak tidak memiliki kesempatan untuk menembakkan sinyal stres ke seluruh tubuhnya.
  2. Potong Insang dan Ekor karena insang adalah tempat pembuluh darah utama berada, dengan memotongnya akan membuat darah terkuras keluar. Membuat sayatan ke arah ekor juga penting dalam menemukan sistem saraf pusatnya untuk langkah selanjutnya. 
  3. Buat sayatan tulang belakang  dengan cara mendorong kabel tajam ke sumsum tulang belakang dan jalankan ujungnya di sepanjang sisi atas. Ikan akan bergetar saat Anda menggesek di sepanjang tulang belakang dan setelah berhenti bergerak, prosesnya selesai. Langkah ini sangat penting karena menghancurkan sistem saraf, mencegah ikan mengirimkan lebih banyak sinyal stres.
  4. Biarkan darah terkuras karena bagian yang paling penting adalah pendarahan karena sifat mencurigakan dan rasa buruk ada di dalam darah. Untuk melakukannya cukup dengan menempatkan di air es, lebih baik dengan kepala menghadap ke bawah jika memungkinkan.


Ikejime juga digunakan secara manual di industri penangkapan tuna dan ekor kuning (yellowtail). Termasuk cara memancingnya dengan teknik penyembelihan alternatif yang cepat dengan memotong tenggorokan dan membiarkan ikan mati karena pendarahan ikejime kemudian ikan dimasukkan langsung ke dalam es.

Teknik lain menurut pedoman APEC tentang pengiriman udara komoditas ikan hidup segar dan makanan laut dijelaskan sebagai berikut: "Potongan atau sayatan dibuat dari bagian depan flatfish memotong arteri utama dan sumsum tulang belakang. Penempatan potongan atau sayatan dibuat untuk menjaga jumlah terbesar daging flatfish. Ini dilakukan untuk melumpuhkan flatfish. Potongan kedua dibuat di ekor untuk mempercepat penghilangan darah. Flatfish kemudian didinginkan perlahan untuk mempertahankan sirkulasi dan memfasilitasi proses perdarahan. Setelah flatfish telah bersih dari darah kemudian dicampurkan dengan bubur air garam / es dan dinginkan sampai 12 ° C.

Intinya menurut para ahli bahwa seluruh proses harus dilakukan dengan cepat dan kunci keberhasilannya adalah kemampuan untuk menguras darah ikan dengan cepat sehingga tidak ada darah yang sampai ke otot.


Tulisan terkait :


Foto-foto dari kiriman teman di facebook 


#ikejimedagingikansegar
#umamidagingikan

Terimakasih sudah berkomentar