Fotografi berkembang dengan pesat seiring berkembangnya fisika optis dan prosesor komputasi digital.
Teknologi astrofotografi dan drone salah satunya, drone tidak hanya hebat untuk tugas survey atau mata mata militer dengan mengambil sudut sudut video yang sulit tetapi juga semakin tajam dengan resolusi yang semakin besar dalam mengambil gambar diam (still image).
Semua tempat mempunyai sebuah ceritanya sendiri-sendiri. 
Untuk memperoleh karya visual yang indah dan bernilai tinggi serta komposisi bagus yang bercerita, setidaknya ada duabelas tips yang berguna.

1. Ubah Perspektif
Drone memberikan sebuah sudut pandang yang tidak bisa diberikan oleh kamera manapun: sebuah pandangan dari atas! Manfaatkan hal ini dengan baik untuk menciptakan sebuah karya pencitraan udara yang mengagumkan. Sesuatu yang terlihat sederhana cenderung membosankan seperti menara-menara gedung bisa terlihat saling bertumpuk satu sama lain. Banyak hal kreatif dengan memanfaatkan ilusi optis seperti ini.

2. Temukan Pola yang Unik
Temukan lokasi yang unik. Banyak bentuk-bentuk yang menarik dengan pola-pola yang belum terbayangkan sebelumnya. Semakin unik polanya, maka foto yang dihasilkan akan semakin bagus.

3. Temukan Garis Pemisah
Dalam semua foto, adanya sebuah garis yang tajam akan semakin menegaskan komposisi foto yang kamu hasilkan. Garis yang tajam ini seolah-olah akan mengarahkan pandangan dari orang-orang yang menikmati karya fotografi, Jenis garis yang bisa diambil bisa dari beragam obyek seperti jalanan atau rel kereta api. kreativitas dapat dimaksimalkan dengan cara mengambil gambar dari kanan ke kiri, atas ke bawah, atau bahkan dari ujung ke ujung.

4. Temukan Kesimetrisan dari Obyek
Lewat perspektif baru ini, kamu juga bisa menemukan keindahan yang tidak bisa kamu dapatkan ketika kamu berada di bawah. Taman atau pusat kota misalnya, memiliki sebuah tingkat kesimetrisan bangunan yang sangat menarik. Kamu bisa mengambil gambarnya dari atas dan menciptakan sebuah pemandangan yang benar-benar luar biasa.

5. Ambil Foto Panorama
Dengan foto berbentuk lanskap yang lebih panjang, maka dapat memberikan gambaran tentang keindahan pemandangan alam dengan lebih lengkap.

6. Temukan Warna yang Kontras
Sebagai seorang fotografer tentunya pemilihan warna obyek adalah sebuah pertimbangan yang sangat penting. Semakin tinggi tingkat kontras dari gambar yang diambil, semakin terasa begitu dramatis kesan yang dihasilkan.

7. Ubah Cara Mengambil Foto Selfie
Drone juga bisa menjadi sebuah alat untuk berswafoto yang luar biasa. Tidak penting apa yang menjadi latar belakang karena dengan menggunakan drone, bisa dihasilkan foto selfie yang dengan sudut pandang yang lebih artistik.

8. Temukan Pola yang Berulang
Beberapa tempat menyuguhkan sebuah pola menarik yang berulang-ulang. Berhati-hatilah dalam menyusun obyek dengan pola seperti ini.

9. Temukan Obyek yang Abstrak
Semua orang memang tidak bisa menjadi setenar Jackson Pollock dengan kuas dan catnya, tapi semua orang bisa menciptakan karya seni abstrak dengan menggunakan drone.

10. Temukan Bayangan Gambar.
Bayangan bisa jadi menjadi kunci bagaimana untuk membuka imajinasi terliarmu. Saat magic hour, Di saat itu bayangan dari sebuah obyek dapat berbentuk menjadi sangat besar dan menciptakan sebuah siluet yang luar biasa keren.

11. Temukan Titik Ufuk atau Cakrawala
Bisa dibilang tips ini adalah kombinasi dari 10 tips di atas. Dengan perpaduan bayangan, pola yang berulang, tingkat kesimetrisan, dan juga tingkat kontras tentunya.

12. Selalu sediakan baterai cadangan. Semakin banyak baterai cadangan, Akan semakin banyak momen indah yang tertangkap.

Itulah sedikit teknik memotret menggunakan drone.
Adakah yang mau menambahkan?

Tulisan terkait :



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar