13 jenis sampel

Sekian tahun setelah bekerja divisi Research and Design (R&D), baik pada desain meubel maupun desain fashion ternyata ada banyak ragam sampel.
Intinya ada tiga kelas sampel (barang contoh) yang luas, satu untuk setiap fase. Terbagi dalam 3 fase, yaitu: desain, penjualan dan produksi. 

  1. Sampel terkait desain adalah untuk memodelkan ide-ide desain dan (idealnya) menyelesaikan pola untuk produksi massal. 
  2. Sampel terkait penjualan digunakan untuk memprediksi pesanan dari pembeli atau kemauan pelanggan.
  3. Jenis sampel produksi dimaksudkan untuk menguji konsistensi dalam produksi.


Secara teknis dan secara optimal, semua pengambilan sampel harus dilakukan selama fase desain awal (R&D) karena Anda belum dapat menjual (fase kedua) pun Anda juga belum memiliki produksi barang secara massal (fase ketiga).
13 klasifikasi sampel ini mungkin luar biasa banyak karena proses produksi sangat inklusif, namun semua jenis sampel ini tidak harus selalu dibuat.

Juga ada sedikit tumpang tindih sampel tergantung pada operasi Anda. Jika Anda mengelola pengembangan produk dan membuat sampel yang terbuat dari pola, Sampel fit adalah barang yang sama seperti prototype dan akan dipasang selama fase desain.
Namun jika Anda melakukan outsourcing ke kontraktor dalam paket lengkap, maka pembuatan sampel yang sesuai sebaiknya dilakukan sebelum produksi.
Beberapa jenis sampel dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya: idealnya prototype (purwarupa) adalah sampel yang cocok untuk sampel menjahit (pra-produksi), namun dalam prakteknya dapat juga digunakan sebagai sampel foto.

Berikut ini penggolonggannya:
1. Muslin,
Sinonim: dummy, mock-up, drape, Penjelasan: Ini adalah contoh konsep, seringkali merupakan terjemahan kasar dari tirai yang dijahit bersama. Digunakan terutama oleh desainer fashion yang lebih suka menyampaikan ide-ide desain dalam selembar kain yang sebenarnya sebagai bagian dari proses kreasi mereka daripada menggambar sketsa. Atau, mereka punya ide tetapi tidak bisa mengartikulasikannya sehingga mereka cuma meletakkan potongan kain ke manekin sebagai gantinya.

2. Sampel awal (First sample)
Sinonim: sampel asli (original sample), sampel uji garmen (sample test garment), sampel pengembangan (development sample), sampel desain (design sample)
Penjelasan: Ini adalah sampel yang dibuat dari pola pertama (atau kualitas produksi) yang dibuat dari kain muslin (berupa mock-up) dan dimaksudkan untuk menguji ide atau konsep perancang dalam fabrikasi yang dipilih. Jika desain, fabrikasi, dan kesesuaian sampel ini keluar sesuai rencana dan tidak perlu koreksi atau sudah disetujui akan menjadi sampel prototipe.

3. Sampel Fit (Fit sample)
Sinonim: referensi gaya (style reference), pola induk (parent pattern)
Penjelasan: Di beberapa perusahaan, sampel fit dapat merujuk pada gaya yang telah terbukti sebelumnya yang cocok dan digunakan sebagai titik referensi untuk iterasi desain, digunakan sebagai dasar pengembangan gaya baru dan fit. Dalam kasus seperti itu, sampel fit sebelumnya akan disebut referensi gaya dan polanya akan menjadi semacam pola atau blok "induk".

4. Purwarupa (Prototipe)
Sinonim: proto
Penjelasan: Sampel ini adalah hasil dari iterasi sebelumnya, versi yang memenuhi uji perancang untuk dieksekusi. Kecocokan juga harus seperti yang diharapkan sehingga juga akan menjadi contoh kecocokan untuk perusahaan yang menggunakan penunjukan terpisah. Idealnya, sampel proto juga dijahit seperti yang dijelaskan di bawah ini. Jika Anda menjahit di rumah, prototipe harus digunakan untuk penetapan biaya dan menjadi produksi menjahit.

5. Sampel Jahit (sew by)
Sinonim: sampel pra-produksi (pre-production sample), pra-pro (pre-pro), sampel penetapan biaya (costing sample).
Penjelasan: Sampel ini mencerminkan semua detail konstruksi yang diinginkan dan digunakan untuk mengumpulkan tawaran kontrak menjahit (CM&T). Kontraktor menggunakan sampel ini untuk membuat sampel penetapan biaya atau pra-produksi. Sekali lagi, idealnya sampel prototipe juga dijahit oleh. Perhatian khusus harus diambil dalam menetapkan sampel sebagai penjahitan karena untuk lebih baik atau lebih buruk, kutipan akan dibangun di atas ini. Jika seseorang memproduksi secara domestik di rumah, sampel prototipe harus dijahit untuk digunakan di rumah untuk membuat sampel penjualan. Dalam sampling penjualanlah polanya terbukti dan biaya akhir dihitung.

6. Pra-produksi
Sinonim: pra-pro, P/P, sampel penetapan biaya, sampel counter, sampel salesman, sampel penjualan,duplikat
Penjelasan: Tahap pengambilan sampel ini adalah untuk membuktikan pola, menguji keefektifan biaya dan konsistensi dalam produksi apakah dilakukan di rumah atau diserahkan kepada kontraktor. Jika sampel (konter) disetujui, itu akan menjadi produksi yang dijahit oleh. Idealnya, sampel pra-produksi (sampel salesman) digunakan untuk pra-penjualan produk.

7. Sampel foto
Sinonim: ukuran model, sampel rata, sampel editorial
Penjelasan: Sampel ini dibuat dalam ukuran yang lebih kecil untuk pemotretan yang ditujukan untuk editorial dan pemasaran, sebelumnya berukuran 4 tetapi hari ini mungkin berukuran 0. Ini mungkin tidak perlu jika Anda dapat menyematkan garmen secara strategis pada model. Jika Anda bermaksud untuk menembakkan flat, Anda mungkin perlu memotong ukuran yang lebih kecil karena sulit untuk cukup dekat agar sesuai dengan atribut garmen di bingkai. Beberapa orang tahu mereka akan membutuhkan ukuran yang lebih kecil untuk fotografi sehingga mereka menggunakan ini sebagai ukuran dasar mereka. Tolong jangan lakukan itu.

8. Sampel salesman/penjualan
Sinonim: duplikat, sampel penjualan.
Penjelasan: Idealnya sampel pra-produksi di atas dapat digunakan untuk penjualan dan pemasaran. Anda akan memiliki duplikat sampel pra-produksi atau produksi yang disetujui yang dibuat untuk masing-masing pihak. Produsen dalam negeri harus memprioritaskan pembuatan sampel penjualan sebagai uji coba produksi.

9. Sampel Penampilan
Sinonim: sampel showroom, sampel merchandising, sampel salesman
Penjelasan: Terutama ditujukan untuk ruang pamer (tetapi tidak secara eksklusif) yang memasarkan langsung ke editorial (editor mode, dll), Anda mungkin perlu memiliki sampel foto seperti di atas dan untuk alasan yang sama. Anda mungkin juga membutuhkan ukuran kisaran menengah untuk pembeli eceran yang mampir. Berunding dengan showroom Anda tentang preferensi mereka.

10. Sampel Ukuran
Sinonim: ukuran lari, ukuran ditetapkan
Penjelasan: Contoh produksi lot gaya dalam semua ukuran yang dimaksudkan. Idealnya Anda merancang ukuran untuk menargetkan profil pelanggan Anda sejak dini dalam pengembangan produk. Bisa jadi ini tidak mungkin jika siluet Anda sangat bervariasi di antara gaya, yang berarti Anda perlu menguji ukuran dalam berbagai gaya.

11. Sampel produksi
Sinonim: counter sample, spec sample
Penjelasan: Ini adalah versi final yang disetujui dari gaya yang diproduksi oleh siapa pun yang melakukan produksi. Seringkali uji coba produksi dilakukan dan hasilnya diukur untuk kualitas dan sampel idealnya digunakan untuk pemasaran, promosi, pra-penjualan, dan mungkin penjualan bagasi. Jumlah unit yang diproduksi akan bervariasi dari satu hingga persentase dari ukuran lot produksi yang dimaksud. Ini bisa sangat mahal jika dijalankan mencakup semua warna dan ukuran.

12. Produksi Perdana
Sinonim: TOP
Penjelasan: Sampel TOP diambil dari proses produksi pertama.

13. Sampel pengiriman (shipment sample)
Sinonim: sampel pengiriman, sampel pemenuhan
Penjelasan: Sampel yang mencerminkan apa yang akan diterima pembeli hingga ke QC, pelipatan, penandaan, pengemasan, pra-paket (jika ada), termasuk label dan kemasan akhir.

Menurut fungsinya sampel dibedakan atas:
1. Sampel akhir
Anda harus selalu menyimpan sampel akhir yang disetujui di ruang tersendiri sebagai sarana untuk memverifikasi hasil produksi. Seharusnya tidak dipinjamkan kepada siapa pun karena sampel akan dianggap sebagai hasil produksi. Anda harus punya sampel akhir walau pun kontraktor Anda dapat menggunakannya dalam produksi sebagai contoh, sehingga akan dibutuhkan dua barang yang identik sama.

2. Sampel Revisi atau Revisi
Sampel yang direvisi adalah segala jenis sampel yang merupakan koreksi dari sampel sebelumnya yang tidak disetujui. Jika sampel yang direvisi disetujui, itu akan dikenal sebagai jenis sampel apa pun yang dimaksudkan.

3. Sampel Counter (Counter Sample)
Dalam arti luas, sampel counter mirip dengan penawaran counter dan diproduksi oleh layanan paket lengkap atau kontraktor menjahit terutama digunakan untuk penetapan biaya. Sampel konter mencerminkan eksekusi kontraktor sebagai harapan Anda untuk sampel apa pun yang Anda lakukan saat itu. Secara teknis, sampel counter bisa menjadi sampel prototipe, pra-produksi, bisa menjadi menjahit untuk produksi, ukuran berjalan atau apa pun jenis sampel lainnya. Sebagai masalah praktis, ini seringkali merupakan sampel pra-produksi atau produksi yang digunakan untuk penetapan biaya. Idealnya, ini harus menjadi versi final atau mudahnya disebut yang saya lihat adalah yang saya dapat (WYSIWYG)

4. Sampel Penjualan
Sampel ada di seluruh peta sehingga sampel produk mungkin tidak khas dari output desainer biasa. Sampel dapat menjadi pembelian yang baik (terutama jika benar-benar merupakan produksi yang berjalan berlebihan) tetapi pembeli berhati-hatilah. Sebelumnya, sebagian besar penjualan sampel dipegang oleh wiraniaga yang menjual sampel lini sebelumnya untuk mengganti biaya pembelian mereka.
Pembuatan sampel bisa mahal jika tidak dikelola dengan baik. Sebagian besar perusahaan kecil tidak membutuhkan berbagai macam atau jenis sebanyak ini.

Secara umum pada industri/manufaktur produk massal seperti furnitur, rencana sampel atau rencana pembuatan sampel dibuat dalam tiga kategori peruntukan yaitu :
  • desain
  • penjualan 
  • produksi 
Sampel desain menguji interpretasi desain dan menyiapkan pola/jig/mal untuk produksi.
Sampel penjualan digunakan untuk menguji penerimaan pembeli.
Sampel produksi memiliki tujuan sebagai aplikasi pengujian dan konsistensi dalam produksi. Perusahaan dengan produksi besar menjalankan program khusus untuk menguji lot/batch menggunakan rumus matematika. Ini disebut rencana pembuatan sampel.

Foto-foto milik istockphotos.com
kepustakaan :
https://fashion-incubator.com/the-13-different-kinds-of-samples/

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar