13 jenis sampel

Sekian tahun setelah bekerja divisi Research and Design (R&D), baik pada desain meubel maupun desain fashion ternyata ada banyak ragam sampel.
Intinya ada tiga kelas sampel (barang contoh) yang luas, satu untuk setiap fase. Terbagi dalam 3 fase, yaitu: desain, penjualan dan produksi. 
Kegunaan sampel :
  1. Sampel terkait desain adalah untuk memodelkan ide-ide desain dan (idealnya) menyelesaikan pola untuk produksi massal. 
  2. Sampel terkait penjualan digunakan untuk memprediksi pesanan dari pembeli atau kemauan pelanggan.
  3. Jenis sampel produksi dimaksudkan untuk menguji konsistensi dalam produksi.


Secara teknis dan secara optimal, semua pengambilan sampel harus dilakukan selama fase desain awal (R&D) karena Anda belum dapat menjual (fase kedua) pun Anda juga belum memiliki produksi barang secara massal (fase ketiga).
13 klasifikasi sampel ini mungkin luar biasa banyak karena proses produksi sangat inklusif, namun semua jenis sampel ini tidak harus selalu dibuat.

Juga ada sedikit tumpang tindih sampel tergantung pada operasi Anda. Jika Anda mengelola pengembangan produk dan membuat sampel yang terbuat dari pola, Sampel fit adalah barang yang sama seperti prototype dan akan dipasang selama fase desain.
Namun jika Anda melakukan outsourcing ke kontraktor dalam paket lengkap, maka pembuatan sampel yang sesuai sebaiknya dilakukan sebelum produksi.
Beberapa jenis sampel dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya: idealnya prototype (purwarupa) adalah sampel yang cocok untuk sampel menjahit (pra-produksi), namun dalam prakteknya dapat juga digunakan sebagai sampel foto.

Berikut ini penggolonggannya:
1. Muslin,
Sinonim: dummy, mock-up, drape, Penjelasan: Ini adalah contoh konsep, seringkali merupakan terjemahan kasar dari tirai yang dijahit bersama. Digunakan terutama oleh desainer fashion yang lebih suka menyampaikan ide-ide desain dalam selembar kain yang sebenarnya sebagai bagian dari proses kreasi mereka daripada menggambar sketsa. Atau, mereka punya ide tetapi tidak bisa mengartikulasikannya sehingga mereka cuma meletakkan potongan kain ke manekin sebagai gantinya.

2. Sampel awal (First sample)
Sinonim: sampel asli (original sample), sampel uji garmen (sample test garment), sampel pengembangan (development sample), sampel desain (design sample)
Penjelasan: Ini adalah sampel yang dibuat dari pola pertama (atau kualitas produksi) yang dibuat dari kain muslin (berupa mock-up) dan dimaksudkan untuk menguji ide atau konsep perancang dalam fabrikasi yang dipilih. Jika desain, fabrikasi, dan kesesuaian sampel ini keluar sesuai rencana dan tidak perlu koreksi atau sudah disetujui akan menjadi sampel prototipe.

3. Sampel Fit (Fit sample)
Sinonim: referensi gaya (style reference), pola induk (parent pattern)
Penjelasan: Di beberapa perusahaan, sampel fit dapat merujuk pada gaya yang telah terbukti sebelumnya yang cocok dan digunakan sebagai titik referensi untuk iterasi desain, digunakan sebagai dasar pengembangan gaya baru dan fit. Dalam kasus seperti itu, sampel fit sebelumnya akan disebut referensi gaya dan polanya akan menjadi semacam pola atau blok "induk".

4. Purwarupa (Prototipe)
Sinonim: proto
Penjelasan: Sampel ini adalah hasil dari iterasi sebelumnya, versi yang memenuhi uji perancang untuk dieksekusi. Kecocokan juga harus seperti yang diharapkan sehingga juga akan menjadi contoh kecocokan untuk perusahaan yang menggunakan penunjukan terpisah. Idealnya, sampel proto juga dijahit seperti yang dijelaskan di bawah ini. Jika Anda menjahit di rumah, prototipe harus digunakan untuk penetapan biaya dan menjadi produksi menjahit.

5. Sampel Jahit (sew by)
Sinonim: sampel pra-produksi (pre-production sample), pra-pro (pre-pro), sampel penetapan biaya (costing sample).
Penjelasan: Sampel ini mencerminkan semua detail konstruksi yang diinginkan dan digunakan untuk mengumpulkan tawaran kontrak menjahit (CM&T). Kontraktor menggunakan sampel ini untuk membuat sampel penetapan biaya atau pra-produksi. Sekali lagi, idealnya sampel prototipe juga dijahit oleh. Perhatian khusus harus diambil dalam menetapkan sampel sebagai penjahitan karena untuk lebih baik atau lebih buruk, kutipan akan dibangun di atas ini. Jika seseorang memproduksi secara domestik di rumah, sampel prototipe harus dijahit untuk digunakan di rumah untuk membuat sampel penjualan. Dalam sampling penjualanlah polanya terbukti dan biaya akhir dihitung.

6. Pra-produksi
Sinonim: pra-pro, P/P, sampel penetapan biaya, sampel counter, sampel salesman, sampel penjualan,duplikat
Penjelasan: Tahap pengambilan sampel ini adalah untuk membuktikan pola, menguji keefektifan biaya dan konsistensi dalam produksi apakah dilakukan di rumah atau diserahkan kepada kontraktor. Jika sampel (konter) disetujui, itu akan menjadi produksi yang dijahit oleh. Idealnya, sampel pra-produksi (sampel salesman) digunakan untuk pra-penjualan produk.

7. Sampel foto
Sinonim: ukuran model, sampel rata, sampel editorial
Penjelasan: Sampel ini dibuat dalam ukuran yang lebih kecil untuk pemotretan yang ditujukan untuk editorial dan pemasaran, sebelumnya berukuran 4 tetapi hari ini mungkin berukuran 0. Ini mungkin tidak perlu jika Anda dapat menyematkan garmen secara strategis pada model. Jika Anda bermaksud untuk menembakkan flat, Anda mungkin perlu memotong ukuran yang lebih kecil karena sulit untuk cukup dekat agar sesuai dengan atribut garmen di bingkai. Beberapa orang tahu mereka akan membutuhkan ukuran yang lebih kecil untuk fotografi sehingga mereka menggunakan ini sebagai ukuran dasar mereka. Tolong jangan lakukan itu.

8. Sampel salesman/penjualan
Sinonim: duplikat, sampel penjualan.
Penjelasan: Idealnya sampel pra-produksi di atas dapat digunakan untuk penjualan dan pemasaran. Anda akan memiliki duplikat sampel pra-produksi atau produksi yang disetujui yang dibuat untuk masing-masing pihak. Produsen dalam negeri harus memprioritaskan pembuatan sampel penjualan sebagai uji coba produksi.

9. Sampel Penampilan
Sinonim: sampel showroom, sampel merchandising, sampel salesman
Penjelasan: Terutama ditujukan untuk ruang pamer (tetapi tidak secara eksklusif) yang memasarkan langsung ke editorial (editor mode, dll), Anda mungkin perlu memiliki sampel foto seperti di atas dan untuk alasan yang sama. Anda mungkin juga membutuhkan ukuran kisaran menengah untuk pembeli eceran yang mampir. Berunding dengan showroom Anda tentang preferensi mereka.

10. Sampel Ukuran
Sinonim: ukuran lari, ukuran ditetapkan
Penjelasan: Contoh produksi lot gaya dalam semua ukuran yang dimaksudkan. Idealnya Anda merancang ukuran untuk menargetkan profil pelanggan Anda sejak dini dalam pengembangan produk. Bisa jadi ini tidak mungkin jika siluet Anda sangat bervariasi di antara gaya, yang berarti Anda perlu menguji ukuran dalam berbagai gaya.

11. Sampel produksi
Sinonim: counter sample, spec sample
Penjelasan: Ini adalah versi final yang disetujui dari gaya yang diproduksi oleh siapa pun yang melakukan produksi. Seringkali uji coba produksi dilakukan dan hasilnya diukur untuk kualitas dan sampel idealnya digunakan untuk pemasaran, promosi, pra-penjualan, dan mungkin penjualan bagasi. Jumlah unit yang diproduksi akan bervariasi dari satu hingga persentase dari ukuran lot produksi yang dimaksud. Ini bisa sangat mahal jika dijalankan mencakup semua warna dan ukuran.

12. Produksi Perdana
Sinonim: TOP
Penjelasan: Sampel TOP diambil dari proses produksi pertama.

13. Sampel pengiriman (shipment sample)
Sinonim: sampel pengiriman, sampel pemenuhan
Penjelasan: Sampel yang mencerminkan apa yang akan diterima pembeli hingga ke QC, pelipatan, penandaan, pengemasan, pra-paket (jika ada), termasuk label dan kemasan akhir.

Menurut fungsinya sampel dibedakan atas:
1. Sampel akhir
Anda harus selalu menyimpan sampel akhir yang disetujui di ruang tersendiri sebagai sarana untuk memverifikasi hasil produksi. Seharusnya tidak dipinjamkan kepada siapa pun karena sampel akan dianggap sebagai hasil produksi. Anda harus punya sampel akhir walau pun kontraktor Anda dapat menggunakannya dalam produksi sebagai contoh, sehingga akan dibutuhkan dua barang yang identik sama.

2. Sampel Revisi atau Revisi
Sampel yang direvisi adalah segala jenis sampel yang merupakan koreksi dari sampel sebelumnya yang tidak disetujui. Jika sampel yang direvisi disetujui, itu akan dikenal sebagai jenis sampel apa pun yang dimaksudkan.

3. Sampel Counter (Counter Sample)
Dalam arti luas, sampel counter mirip dengan penawaran counter dan diproduksi oleh layanan paket lengkap atau kontraktor menjahit terutama digunakan untuk penetapan biaya. Sampel konter mencerminkan eksekusi kontraktor sebagai harapan Anda untuk sampel apa pun yang Anda lakukan saat itu. Secara teknis, sampel counter bisa menjadi sampel prototipe, pra-produksi, bisa menjadi menjahit untuk produksi, ukuran berjalan atau apa pun jenis sampel lainnya. Sebagai masalah praktis, ini seringkali merupakan sampel pra-produksi atau produksi yang digunakan untuk penetapan biaya. Idealnya, ini harus menjadi versi final atau mudahnya disebut yang saya lihat adalah yang saya dapat (WYSIWYG)

4. Sampel Penjualan
Sampel ada di seluruh peta sehingga sampel produk mungkin tidak khas dari output desainer biasa. Sampel dapat menjadi pembelian yang baik (terutama jika benar-benar merupakan produksi yang berjalan berlebihan) tetapi pembeli berhati-hatilah. Sebelumnya, sebagian besar penjualan sampel dipegang oleh wiraniaga yang menjual sampel lini sebelumnya untuk mengganti biaya pembelian mereka.
Pembuatan sampel bisa mahal jika tidak dikelola dengan baik. Sebagian besar perusahaan kecil tidak membutuhkan berbagai macam atau jenis sebanyak ini.

Secara umum pada industri/manufaktur produk massal seperti furnitur, rencana sampel atau rencana pembuatan sampel dibuat dalam tiga kategori peruntukan yaitu :
  • desain
  • penjualan 
  • produksi 
Sampel desain menguji interpretasi desain dan menyiapkan pola/jig/mal untuk produksi.
Sampel penjualan digunakan untuk menguji penerimaan pembeli.
Sampel produksi memiliki tujuan sebagai aplikasi pengujian dan konsistensi dalam produksi. Perusahaan dengan produksi besar menjalankan program khusus untuk menguji lot/batch menggunakan rumus matematika. Ini disebut rencana pembuatan sampel.




  • Foto-foto milik istockphotos.com kredit milik fotografernya 
  • kepustakaan : https://fashion-incubator.com/the-13-different-kinds-of-samples/

Sedikit tentang teknik lukis Cina

Ini lagi kesengsem dengan lukisan tradisional China.
Yup, goresan kuas khas pelukis China mempunyai sejarah yang panjang karena telah dikenal pada abad ke-7, tepatnya sejak Jenderal Besar Dinasti Tang bernama Li Shixun gemar melukis pemandangan.
Namun masa dari periode Lima Dinasti sampai periode Song Utara (907–1127) dikenal sebagai "masa kejayaan lanskap Tionghoa".

  • Lukisan tradisional secara esensial melibatkan teknik yang sama dengan kaligrafi dan diselesaikan dengan kuas yang dicelupkan dalam tinta hitam atau pigmen berwarna menggunakan pelarut air non minyak (waterbased). Seperti halnya kaligrafi, bahan-bahan paling populer dimana lukisan dibuat adalah kertas dan sutra. Karya yang terselesaikan dapat digulung, seperti gulungan gantung atau gulungan genggam. Lukisan tradisional juga dicantumkan pada lembar album, tembok, perangkat, layar mengambang dan media lainnya.
  • Pada perkembangannya, penggunaan tinta China pada lukisan bernuansa alam dan tradisi yang kaya filosofi menjadi identitas seni lukis negeri Tirai Bambu. Ciri khas tersebut masih terus dipertahankan dan dijadikan strategi kebudayaan para pelukis China, di tengah mengglobalnya corak seni kontemporer.
  • Sebagian besar tema lukisan mencerminkan orientasi jalan hidup pelukis yang masih berdasar pada petuah lama yang berpusat kepada pesan filosofis Kong Hucu, Tao dan Buddha (Zen).
  • Subyek berupa aktivitas penduduk, pemandangan, bunga dan burung, mamalia, serangga, ikan serta arsitektur.
  • Lukisan pemandangan merupakan wujud kesetiaan pelukis terhadap ajaran nenek moyang yang menuturkan bahwa pelajaran terbaik bagi manusia adalah alam semesta yang membentang di hadapannya.
  • Pemandangan atau lansekap, karakter dan bunga-bunga dan burung adalah tiga topik yang disukai dari pelukis Cina. Ini menyiratkan sebuah studi menyeluruh tentang tanaman dan bunga sesuai dengan empat musim dan dari aspek burung, serangga, ikan dan mamalia.
  • Format yang digunakan dalam lukisan Cina sangat bervariasi, umumnya menggunakan format kuas besar, format horisontal.
Umumnya terdiri dari satu atau lebih puisi, kaligrafi, lukisan kuas dan stempel (segel) artis.
Teknik atau metode yang dipakai:
  1. Teknik Gongbi (kuas terampil) ditandai dengan detail dan presisi secara rinci.
  2. Teknik Baimiao (melukis garis) menarik garis kontur dengan tinta hitam. 
  3. Teknik Mogu (tanpa bingkai) mirip dengan Gongbi, tetapi tidak menarik kontur.
  4. Teknik Xieyi (menulis ide atau menulis niat) ditandai dengan tata letak penuh dan terutama menggunakan prinsip kisaran.
  5. Teknik Shuimo (tinta dan air) seperti  Xieyi, tetapi hanya dilakukan dengan tinta hitam dengan memanfaatkan rentang.
Poin-poin penting dari komposisi lukisan Cina:
  1. Organisasi umum dan arah (naik/turun, pendukung/didukung).
  2. Kepadatan dan pertemuan (dispersi). Para ahli lukis sering memberikan indikasi kepadatan lukisan menggunakan ungkapan ini: Spasi seakan akan kuda bisa menyeberang, ruang padat sehingga angin tidak bisa menyusup.
  3. Ruang kosong (vakum) atau spasi negatif memiliki tempat yang sangat penting. Hal ini dapat mewakili langit, tanah, air, awan.
  4. Jauh lebih penting adalah prasasti. Mereka termasuk judul, isi (puisi , prosa, deskripsi, sejarah) juga nama penulis dalam stempel (segel) nya. Semua harus berupa kaligrafi dalam gaya yang berbeda sesuai dengan yang artis ingin mengekspresikan. 

Lukisan lanskap dipandang sebagai bentuk tertinggi dari lukisan Tionghoa, dan umumnya masih dianggap demikian.
Di utara, artis-artis seperti Jing Hao, Li Cheng, Fan Kuan, dan Guo Xi melukis gambar-gambar gunung yang menjulang, menggunakan garis hitam, kuas tinta, titik-titik kuas untuk menggambarkan batu.
Di selatan, Dong Yuan, Juran, dan beberapa artis melukis perbukitan dan sungai di wilayah mereka tinggal dalam suasana damai dengan tinta kayu lembut.
Dua jenis pemandangan dan teknik tersebut menjadi gaya klasik lukisan lanskap Tionghoa.

Baca juga : 

Citra-citra dari grup lukis di facebook, kredit milik fotografernya 




Lukisan China memiliki sejarah panjang yang menakjubkan, Karena memiliki karakteristik dan gaya yang unik yang berbeda dengan karya artistik dua dimensi lainnya.
Ahli seni Eropa klasik cenderung gemar melukis semangkuk buah dan model yang berpose dengan detail yang tajam dan dalam, sedang ahli seni lukis China klasik berfokus pada tema yang utamanya berlandaskan harmoni pada satu dari tiga kategori ini:
  1. Pemandangan (shanshui—yang berarti "gunung dan sungai").
  2. Karakter manusia (renwu).
  3. Burung dan bunga (huaniao).

Dalam seni lukis China klasik selalu tidak tampak adanya warna background dalam lukisan, karena area putih (negatif space) di dalam seni lukis China merupakan hal penting.
Pelukis China sepanjang usia diharapkan menguasai prinsip biner 虚实 (xushi) dan 藏露 (canglu) yang artinya "simulasi dan realitas, yang tersembunyi dan yang terungkap". 
Dengan kata lain, apa yang harusnya digambarkan sekaligus, dan apa yang harusnya ditinggalkan pada imajinasi penonton. Apa yang harusnya ditunjukkan dan apa yang harusnya disarankan.
Umumnya seni klasik dipadukan kedalam puisi dan desain visual oleh pelukis dan seniman.

Baca juga  : 



Citra-citra dari grup facebook, kredit milik fotografernya 

Sedikit tentang Ikejime

Adakalanya kita langsung mengolah ikan setelah dipancing untuk mendapatkan rasa gurih (umami).

Tetapi dengan metode ikejime, kita masih dapat mengolah ikan dengan rasa gurih dan daging ikan yang tidak lembek walaupun ikan sudah mati dalam waktu yang tidak singkat atau bahkan saat daging ikan menua.

Ikejime atau Ikijime adalah metode penyembelihan ikan berasal dari Jepang untuk menjaga kualitas dagingnya. Teknik atau metode ini dianggap sebagai metode membunuh ikan tercepat dan paling manusiawi. Mirip dengan teknik yang digunakan pada bedah katak di laboratorium yang disebut spiking atau pithing

Teknik ini terjadi karena lonjakan kejut dengan cepat dan langsung ke otak belakang yang umumnya terletak sedikit di belakang dan di atas mata ikan sehingga menyebabkan kematian otak secara cepat.

Ketika dilakukan dengan benar, sirip ikan akan terlihat cerah menyala dan ikan segera mengendur menghentikan semua gerakan akibat hancurnya otak dan sumsum tulang belakang ikan yang akan mencegah refleks gerakan otot mengkonsumsi adenosin trifosfat (ATP) dalam otot yang menghasilkan asam laktat yang membuat ikan menjadi terasa asam. Selanjutnya, darah yang terkandung dalam daging ikan tertarik ke rongga usus sehingga akan menghasilkan fillet berwarna lebih cerah dengan rasa yang lebih baik dan kenyal sehingga memungkinkan daging terasa umami atau gurih saat daging ikan menua.

Ikejime adalah langkah kontrol multi-seri dan langkah-langkah ini dirancang untuk mengurangi semua efek dari reaksi biokimia dengan cara merusak otak dan sumsum tulang belakang. Teknik seperti ini telah berkembang sejak sekitar 350 tahun yang lalu dan koki Jepang telah menggunakan teknik ini sejak itu. Bagaimanapun, kunci untuk sushi dan sashimi yang baik adalah daging ikan yang menua, memungkinkan enzim ATP untuk terpecah dan uap air menguap sehingga menghasilkan rasa yang terkonsentrasi.
Tidak banyak perbedaan ketika kita memasak ikan dengan dan tanpa ikejime pada hari pertama ketika masih segar. Perbedaannya hanya terjadi pada hari ketiga, keempat dan kelima. Ikan yang disiapkan dengan cara ikejime masih keras dan dagingnya tidak menjadi lembek.

Ilmu ikejime pada prinsipnya sederhana: Semakin sedikit trauma yang diderita ikan baik sebelum, selama dan setelah disembelih akan semakin baik kualitas dagingnya. Hal ini terjadi karena ikan saat berontak atau mengalami stres, ia menghasilkan asam laktat dan kortisol, yang pada gilirannya menurunkan kualitas daging. Merusak otak dan sumsum tulang belakang dengan cepat meminimalkan sinyal stres yang dikirim.

Meskipun ada banyak variasi pada metode ini, kebanyakan dilakukan dalam empat langkah dasar dengan tempo yang singkat bahkan seluruh proses dalam hitungan detik, langkah-langkahnya

  1. Menutup Ikan,  'Menutup ikan' adalah cara manusiawi untuk merujuk pada tindakan menghancurkan otak. Untuk melakukan ini, cari otak (biadanya di atas mata ikan) dan gunakan paku atau penusuk untuk menembus tengkorak. jika tertusuk tepat sasaran ikan akan terlihat bergidik dan rahangnya akan terbuka. Langkah ini dilakukan dengan cepat sehingga otak tidak memiliki kesempatan untuk menembakkan sinyal stres ke seluruh tubuhnya.
  2. Potong Insang dan Ekor karena insang adalah tempat pembuluh darah utama berada, dengan memotongnya akan membuat darah terkuras keluar. Membuat sayatan ke arah ekor juga penting dalam menemukan sistem saraf pusatnya untuk langkah selanjutnya. 
  3. Buat sayatan tulang belakang  dengan cara mendorong kabel tajam ke sumsum tulang belakang dan jalankan ujungnya di sepanjang sisi atas. Ikan akan bergetar saat Anda menggesek di sepanjang tulang belakang dan setelah berhenti bergerak, prosesnya selesai. Langkah ini sangat penting karena menghancurkan sistem saraf, mencegah ikan mengirimkan lebih banyak sinyal stres.
  4. Biarkan darah terkuras karena bagian yang paling penting adalah pendarahan karena sifat mencurigakan dan rasa buruk ada di dalam darah. Untuk melakukannya cukup dengan menempatkan di air es, lebih baik dengan kepala menghadap ke bawah jika memungkinkan.


Ikejime juga digunakan secara manual di industri penangkapan tuna dan ekor kuning (yellowtail). Termasuk cara memancingnya dengan teknik penyembelihan alternatif yang cepat dengan memotong tenggorokan dan membiarkan ikan mati karena pendarahan ikejime kemudian ikan dimasukkan langsung ke dalam es.

Teknik lain menurut pedoman APEC tentang pengiriman udara komoditas ikan hidup segar dan makanan laut dijelaskan sebagai berikut: "Potongan atau sayatan dibuat dari bagian depan flatfish memotong arteri utama dan sumsum tulang belakang. Penempatan potongan atau sayatan dibuat untuk menjaga jumlah terbesar daging flatfish. Ini dilakukan untuk melumpuhkan flatfish. Potongan kedua dibuat di ekor untuk mempercepat penghilangan darah. Flatfish kemudian didinginkan perlahan untuk mempertahankan sirkulasi dan memfasilitasi proses perdarahan. Setelah flatfish telah bersih dari darah kemudian dicampurkan dengan bubur air garam / es dan dinginkan sampai 12 ° C.

Intinya menurut para ahli bahwa seluruh proses harus dilakukan dengan cepat dan kunci keberhasilannya adalah kemampuan untuk menguras darah ikan dengan cepat sehingga tidak ada darah yang sampai ke otot.


Tulisan terkait :

Foto-foto dari kiriman teman di facebook 


#ikejimedagingikansegar
#umamidagingikan

Suku Anggrek-angrekan atau Orchidaceae adalah tanaman hias popular yang terdiri antara 21.950 hingga 26.049 spesies saat ini, ditemukan dalam 880 genus/genera.

Begitu popular dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi membuat banyak orang ingin membudidayakannnya baik sebagaihobiis iseng hingga petani komersial.
10 genus atau genera anggrek paling popular dimulai dari anggrek yang paling mudah untuk tumbuh, bernilai komersil dan gampang beradaptasi dengan lingkungan adalah :

1. Cattleya
Cattleya adalah anggrek yang epifit (menumpang) dan simpodial (banyak tunas), Cattleya mudah tumbuh di daerah-daerah dengan banyak sinar matahari alami namun agak dingin. Tanaman ini menjadi favorit petani anggrek karena tampilan mereka yang mekar berwarna-warni.


2. Phalaenopsis atau Anggrek Ngengat
Anggrek Phalaenopsis atau anggrek bulan adalah anggrek yang epifit (menumpang) dan monopodial (satu titik tumbuh). Paling populer di kalangan petani pemula karena mereka adalah salah satu jenis anggrek yang paling gampang tumbuh, mudah berbunga dan kokoh. Mereka gampang bertahan hidup.



3. Vanda
Vanda adalah salah satu jenis anggrek yang epifit (menumpang) dan monopodial (satu titik tumbuh). anggrek ini membutuhkan aerasi yang cukup di sekitar akar mereka, umumnya ditanam dalam keranjang kecil.



4. Dedrobium.
Anggrek yang epifit (menumpang) dan simpodial (banyak tunas). Paling mudah untuk dirawat di daerah tropis agak panas, ketika mereka kekurangan nutrisi, aka akan tumbuh tunas berakar yang disebut keiki (bayi dalam bahasa hawaii) pada batang yang kering.
Dendrobium yang populer karena mereka relatif mudah untuk dirawat, dan juga datang dalam berbagai macam bentuk dan warna. Secara ekonomis Dendrobium paling popular karena dapat menghasilkan beberapa bunga potong dengan perawatan yang relatif minim.



5. Paphiopedilum
Disebut juga anggrek kantung atau anggrek kasut, Mereka cenderung hanya menghasilkan bunga tunggal per tanaman.


6. Oncidium,
Mereka dikenal sebagai 'anggrek semprot/spray orchid/golden shower' dibeberapa toko bunga.
Oncidiums adalah salah satu jenis anggrek yang paling beragam. Mereka memiliki lebih dari seribu variasi bentuk, ukuran, dan warna. Bunga-bunga dari genus Oncidium  bernuansa kuning, merah, putih dan merah muda.


7. Miltonia
Miltonia adalah anggrek yang mempunyai aroma yang hangat dan menyenangkan di samping keindahan visual dari bunga. Banyak yang menempatkan Miltonia dalam ruangan dalam (indoor)


8. Phragmipedium
Phragmipedium adalah salah satu dari beberapa anggrek yang menghasilkan bunga di lingkungan agak dingin, walau pada iklim yang panas menghasilkan warna yang paling menarik. Jenis anggrek sangat bagus untuk Anda jika Anda memiliki iklim yang hangat dan ringan tetapi menginginkan bunga cerah.


9. Odontoglossum
Odontoglossums hidup dalam kelembaban cukup tinggi. Tanaman ini relatif mudah untuk dirawat dan menghasilkan bunga mekar yang indah dan besar.


10. Cymbidium
Cymbidium mempunyai daun yang panjangnya mencapai hingga empat meter, memberikan efek menjuntai atau kaskade yang membuat anggrek jenis ini sangat populer.


Masih cukup bingung dalam memilih jenis anggrek populer?
Semoga tidak.

Beberapa anggrek ada yang menjadi bunga nasional atau kebanggan bangsa, seperti Vanda Miss Joaquin hibrida adalah anggrek nasional Singapore. Dendrobium Pompadour adalah bunga nasional Negara Thailand.
Phalaenopsis Amabilis atau anggrek bulan menjadi tanaman anggrek nasional Indonesia

Namun, bila diurutkan dari jumlah atau kuantitas genera yang sudah ditemukan dan diklasifikasikan, maka urutannya adalah sebagai berikut:

  • Bulbophyllum (disingkat Bulb. dalam perdagangan hortikultura disingkat) adalah genus terbesar di Orchidaceae keluarga anggrek. Dengan lebih dari 2.000 spesies, juga merupakan salah satu dari genera terbesar tanaman berbunga, hanya dilampaui oleh Astragalus. Tanaman ini sulit dibudidayakan karena membutuhkan kelembaban tinggi dikombinasikan dengan gerakan udara yang baik dan kebanyakan dari mereka memiliki kebiasaan yang pernah mekar dan bunga terus menerus akan sepanjang tahun. Mereka cenderung memilih tingkat cahaya yang moderat, tapi tidak suka warna dalam.

  • Epidendrum (1.500 spesies)kurang komersil dan sulit dibudidayakan
  • Dendrobium (1.400 spesies)(disingkat Den. dalam perdagangan hortikultura) adalah  genus anggrek epifit dan simpodial yang membutuhkan sinar matahari sedang hingga tinggi, apabial suhu terlalu tinggi dapat dibuat semprotan pengkabutan atau pemberian paranet (jaring).
  • Pleurothallis (1.000 spesies) kurang komersil dan sulit dibudidayakan
  • Miltonia (disingkat Milt. dalam perdagangan hortikultura) adalah genus anggrek yang dibentuk oleh sembilan spesies epifit dan delapan alami hibrida penduduk Hutan Atlantik Brasil, satu spesies mencapai timur laut dari Argentina dan timur dari Paraguay. Genus ini diklasifikasikan oleh John Lindley pada tahun 1837, dinamai Lord Fitzwilliam Milton, seorang penggemar anggrek dari Inggris. Anggrek epifit ini terjadi dari Pusat ke Brasil Selatan ke Argentina. Bunga-bunga memiliki aroma harum, halus eksotis, beberapa dibandingkan dengan mawar.

  • Oncidium (disingkat Onc. dalam perdagangan hortikultura) adalah genus yang berisi sekitar 330 jenis anggrek dari Oncidiinae sub-suku dari keluarga anggrek (Orchidaceae). Ini adalah genus yang kompleks dengan banyak spesies yang direklasifikasi. Genus ini pertama kali dijelaskan oleh Olof Swartz pada tahun 1800 dengan anggrek Oncidium altissimum, yang telah menjadi spesies jenis. Namanya berasal dari kata Yunani "onkos", yang berarti "bengkak". Hal ini mengacu pada kalus pada bibir bawah.

  • Stanhopea (disingkat Stan. dalam perdagangan hortikultura) adalah genus dari keluarga anggrek (Orchidaceae) dari Amerika Tengah dan Selatan. Genus ini dinamai untuk Earl 4 dari Stanhope (Philip Henry Stanhope) (1.781-1.855), presiden Masyarakat Medico-Botanical London (1.829-1.837). J. Frost ex Hook. 1829. Ini anggrek epifit, tetapi kadang-kadang terestrial dapat ditemukan di hutan basah dari Meksiko ke Barat daya Argentina.

  • Brassia (disingkat Brs. dalam perdagangan hortikultura)adalah genus anggrek digolongkan dalam subtribe Oncidiinae. Genus ini dinamai William Kuningan, seorang ahli botani Inggris dan ilustrator, yang mengumpulkan tanaman di Afrika di bawah pengawasan Sir Joseph Banks. Brassia memiliki metode yang sangat spesifik untuk penyerbukan: menggunakan entomophily yaitu penyerbukan oleh serangga dan dalam hal ini secara khusus dilakukan oleh laba-laba-pemburu tawon betina.

  • Phalaenopsis (disingkat Phal. dalam perdagangan hortikultura) adalah genus anggrek sekitar 60 spesies. Phalaenopsis adalah salah satu anggrek yang paling populer dalam perdagangan, melalui pengembangan hibrida buatan (tissue culture). Mereka adalah tanaman asli di seluruh Asia Tenggara dari pegunungan Himalaya ke kepulauan Polillo, Palawan dan Zamboanga del Norte di pulau Mindanao di Filipina dan utara Australia. Orchid Island of Taiwan dinamai genus ini. Informasi terakhir sedikit tentang habitat dan ekologi mereka di alam yang tersedia sejak penelitian lapangan kecil telah dilakukan dalam dekade terakhir. Kebanyakan tanaman peneduh epifit, sedikit yang litofit (lithophytes) Di alam liar, beberapa spesies tumbuh di bawah kanopi hutan dataran rendah lembab dan terlindung dari sinar matahari langsung, yang lainnya tumbuh di lingkungan kering musiman atau dingin. Spesies telah disesuaikan secara individual untuk tiga habitat.

  • Laelia (disingkat L. dalam perdagangan hortikultura) adalah genus kecil dari 25 spesies dari keluarga anggrek (Orchidaceae). Ini adalah salah satu genus anggrek yang paling penting dan populer, karena bunga-bunga indah, sifat genetik mereka dan karena mereka cukup mudah dalam budaya. Hal ini mungkin dinamai Laelia, salah satu Vestal Virgins. Kemungkinan lain adalah nama ditanggung oleh anggota perempuan dari keluarga ningrat Romawi Laelius. Spesies Laelia ditemukan di iklim subtropis hingga tropis di Amerika Tengah, tapi sebagian besar di Meksiko. Laelia speciosa adalah tanaman tinggi elevasi, lebih cerah, kondisi kering dan sejuk. Yang lain tumbuh di hutan hujan dengan musim panas yang hangat dan lembab, dan musim dingin yang sejuk dan kering. Spesies L. albida, L. anceps dan L. autumnalis lebih memilih ketinggian yang lebih tinggi dan lebih dingin. Laelia adalah salah satu genus anggrek yang diketahui menggunakan asam fotosintesis metabolisme crassulacean, yang mengurangi evapotranspirasi selama siang hari karena karbon dioksida dikumpulkan pada malam hari.Sebagian besar epifit, tetapi beberapa diantaranya litofit(lithophytes).


  • Cattleya (disingkat C. dalam perdagangan hortikultura) adalah genus dari 113 spesies anggrek dari Kosta Rika ke tropis Amerika Selatan. Genus ini dinamai pada tahun 1824 oleh John Lindley setelah Sir William Cattley yang menerima dan berhasil dibudidayakan spesimen Cattleya Labiata yang digunakan sebagai kemasan materi dalam pengiriman anggrek lain yang dibuat oleh William Swainson. Anggota genus ini cenderung cukup mudah dibudidayakan karena beberapa tanaman yang toleran dengan kekeringan. Budidaya tergantung kepada habitat alami spesies yang bersangkutan, meskipun banyak juga dipasang (plaqued) spesimen sehingga akar menerima banyak sirkulasi udara dan siklus basah-dan-kering tajam. Mereka secara luas dikenal karena bunga yang besar, bunga mencolok. ekstensif dalam hibridisasi untuk perdagangan bunga potong pada tahun 1980 ketika pot tanaman menjadi lebih populer. genus dan hibrida jenis ini cukup banyak dan terkenal melalui keindahan mereka.

  • Zygopetalum adalah genus dari keluarga anggrek subfamili Epidendroideae, suku Maxillarieae, subtribe Zygopetalinae), yang terdiri dari empat belas spesies. Mereka tumbuh di hutan lembab di dataran rendah sampai pertengahan elevasi wilayah Amerika Selatan, dengan sebagian besar spesies di Brasil.

Ada yang mau menambahkan?





Foto-foto dari berbagai sumber (Pinterest dan Twitter). Kredit milik fotografernya.







Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (nama IATA : DPS) adalah bandara transit terbaik di Indonesia bagian timur.
Juga menjadi bandara transit dari dan menuju Sumba, baik yang melalui Bandara Tambolaka (IATA : TMC) di Sumba Barat Daya maupun Bandara Umbu Mehang Kunda (IATA WGP) di Sumba Timur.
Simak foto-fotonya:








Ada yang mau menambahkan? 

Foto-foto milik pribadi

Pantai Pero


Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) juga mempunyai beberapa pantai indah.
Salah satunya yang terkenal ke penjuru negeri adalah pantai Mandorak.
Tidak terlalu jauh dari Bandara Tambolaka dan Pelabuhan laut Waikelo, ada satu pantai tersembunyi, Pantai Pero namanya.
Pero juga merupakan pantai tersembunyi yang berpasir putih.

Simak keindahan Pantai Pero walau dalam snap shot memakai kamera cell-phone.
















coast sides of sumba :
west : kodi mandorak + pero 
north : mamboro
east : tarimbang + walakiri
south : dassang + wanukaka wanokaka


Foto-foto milik pribadi

Terimakasih sudah berkomentar