Januari kemarin ada teman dari Malaysia yang tiba-tiba nongol, pengen melihat Vulkano Bromo dan langsung minta diantar ke Bromo karena mereka terpesona melihat indahnya foto lansekap Bromo di bandara!
Waduh, Saat ini khan musim hujan. OK tanpa basa-basi kami langsung berkemas.
Pertama menentukan rute ke Bromo, yaitu lewat probolinggo dengan pertimbangan kami mempunyai kendaraan yang baik dan rute yang relatif mudah dilalui.
Life goes on...kami berangkat menyusur malam hari lewat jalur selatan yaitu Yogya, Solo, Mojokerto dan tiba di Pasuruan menjelang subuh....
Ternyata, Tiba di Lekok ada kemacetan panjang hingga kota Probolinggo. Waduh batal melihat matahari terbit pagi ini.
Tanpa babibu putar haluan untuk balik kanan kembali ke Pasuruan untuk tetap menuju Bromo lewat Warungdowo kemudian naik ke Tosari. Jalan yang relatif bagus dan kendaraan yang baru membuat kami nyaman selama di jalur ini.

Tiba di pusat kecamatan Tosari kami mencari hotel Bromo Innatau Anjana Inn
Mujur bertemu dengan seorang teman dari Nongkojajar (Tutur) yang lebih menydiakan guest-house alias rumah tinggal penduduk yang bisa kita sewa untuk kita tinggali selama 2 hari.
Sambil mencari jeep off road kami menentukan 4 tujuan wisata wajib di Bromo untuk kami kunjungi esok hari
4 tujuan tempat (destinasi) yang wajib dilihat:
  • Melihat matahari terbit dari puncak Penanjakan.
  • Melihat pasir berbisik (whispering sand) di segara atau laut pasir
  • Melihat savana (padang rumput)
  • Mendaki dan melihat kaldera gunung Bromo, dari kaki gunung bisa mendaki naik kuda (plus kalau kuat dan mempunyai cukup waktu, anda dapat mendaki gunung kursi atau gunung batok)

Tengah hari menjelang sore kami pakai untuk melihat desa-desa petani di sekitar Tosari.

Hari ini kami tidak mujur untuk mendapatkan foto dengan latar belakang langit biru karena hujan mengguyur Tosari dengan lebatnya.

Gelap merayap kami pergunakan untuk ngobrol dengan penduduk sekitar, sebagai bonusnya kami medapatkan senyum tulus lewat canda ria mereka dan suguhan wedang kopi jahe yang menghangatkan perut.
Kemudian menyimpan tenaga untuk esok dan bangun tepat pukul 3 dini hari untuk mulai berburu sunrise. Jeep off-road meluncur membelah kabut dan singgah di puncak Penanjakan.

Kabut menutup erat penanjakan, kami tidak dapat melihat matahari terbit bahkan laut pasir tidak nampak dari ujung penanjakan. sebaiknya kami sarapan dulu disekitar Penanjankan.
Setelah perut kenyang, meluncurlah jeep menuju pasir berbisik, untuk melihat watu kutha (batu berformasi seperti kota) dan watu singo (batu singa) yang terkubur erupsi gunung Bromo 2 tahun lalu.

Kemudian menuju savana


Cuaca yang mudah berubah dan sulit diprediksi membuat hunting foto kali ini tidak sukses :( langit sebagai latar terlihat putih karena penuh awan dan kabut... histogram yang amburadul adalah hasilnya.
tetapi secara umum ini adalah kunjungan yang sukses karena saya bisa mempromosikan Bromo kepada teman Malaysia saya agar datang lagi mengunjungi salah satu tempat terindah didunia ini.


Kalau fotografi adalah tujuan utama anda maka sebaiknya anda ikuti beberapa tips berikut ini:
  1. Waktu kunjungan terbaik adalah bulan April (saat  awal musim kemarau) hingga bulan Agustus. sehingga anda bisa melihat  dengan leluasa sunrise di penanjakan bahkan komet yang melintas atau meteor shower. dan sebaiknya memang tidak pada hari libur atau musim liburan.
  2. Bawalah jaket/pakaian tebal untuk menetralisir suhu dingin yang bisa mencapai 0-10 derajat celsius. juga jas hujan karena hujan lokal baik di musim kemarau maupun sulit diprediksi.
  3. Sebaiknya jaket dobel, kaos tangan, penutup kepala atau telinga harus dibawa untuk menghangatkan tubuh karena suhu cukup dingin.
  4. Secepatnya memesan hotel atau penginapan yang disediakan penduduk setempat untuk mengantisipasi terbatasnya tempat penginapan.
  5. Sebelum ke lokasi, siapkan tenaga dengan beristirahat yang cukup, karena perjalanan sangat menguras tenaga dan beberapa turis yang tinggal dipesisir bisa mengalami mountain sickness akibat tekanan udara.
  6. Tidak hanya kamera, bawa penutup lensa atau filter clear dan circular polarizer dan tentu saja tripod untuk mode timer
  7. Cobalah akrab dengan penduduk sekitar karena penduduk sangat senang bergaul dengan wisatawan. Galilah informasi dari mereka supaya kita dapat mereka biaya selama berwisata di Bromo dan tempat-tempat menarik.
  8. Untuk sewa mobil ini Anda bisa patungan dengan beberapa wisatawan. Satu jeep off-road cukup untuk tujuh orang. Anda harus sudah memesan mobil jip ini pada malam hari. Pemilik homestay atau hotel akan membangunkan Anda pukul 03.00 pagi untuk berangkat melihat matahari terbit.
Ada yang menambahkan?
link terkait
Rute ke Bromo 
Vulkano unik

34 komentar:

    aku mau nanyaaaaa..... ke bromo dr sby naik motor enakan lwt rute mnaaa??? plisss reply yaaa.. thnaks

     

    dear meiga,
    kalau ke bromo dari surabaya naik motor mending lewat pasuruan trus ke jalur tosari aja... gak seberapa nanjak

     

    bole nanya tak? kalo lwt cemoro lawang atau jalur probolinggo seberapa tanjakannya? recomended kah lwt sana? trimakasihh :)

     

    dear meiga,
    kalau lewat cemoro lawang tentu tanjakannya gak se "ngeri" lewat pasuruan kalau mau turun kelautan pasir, kalau bawa motor tahun 2000 keatas pasti kuatlah kesana :) kapan mau ke cemoro lawang?

     

    terimakasih gambarannya. it means alot lohh. rencana tgl 25 mei dr jkt. tapi track ke cemoro lawang tgl 26 siang dari sby. mudah2an cuaca mendukung selama diperjalanan sm dibromo nnti. Anyway, blog nya awesome!! Salam kenal dan terimakasiiiihhhhh :) :)

     

    dear yo. bolehkan minta contekannya ke bromo? klo itu berkenan dan tdk keberatan mmbocorkannya :) soal penginapan dan menuju penanjakan. harus kah sewa jeep? bair ada gambaran dr dirimu lgsung. itu kalo tdk kberatan ya... thankyou yaa :) :) :)

     

    dear meiga, my pleasure apa yang bisa saya bantu? saya biasanya jalan dari tutur dan kemarin dari pasuruan. nginep di tosari di rumah bu sri dekat depan warung sorto, naik sedkit dari pasar tosari... coba anda tanya pasar tosari. disitu juga ada hotel bromo inn dan di dekat situ juga ada paguyuban jeep offroad yang diketuai mas didit (maaf aku kehilangan nomor hp mas didit). well kalau anda bawa motor saya pikir anda gak perlu nyewa jeep, cuma kalau bawa mobil dan bukan 4 wd mending anda sewa jeep mengingat medan yang nanjak dan jalan rusak. sayang mobilmu kalau balik dari bromo harus masuk bengkel :)

     

    Dear Yo.. spertinya saya akan lewat tosari karena mnurut teman yg disby lebih dekat. well, kalo pagi mau liat sunrise menuju penanjakan bisa naik motor y? oya, soal penginapan kalo go show aja bisa y? tx-

     

    paling asyik tuh lihat sunrise dari penanjakan... rasanya seperti tempat terindah didunia deh :) pakai motor bisa juga, tapi setelah dari penanjakan turun ke lautan pasir hati-hati ya. jalannya nanjak ekstreem. mungkin lebih baik kalau berangkatt dari tosari dan baliknya lewat probolinggo. have a nice trip ya. be careful jangan lupa berdoa

     

    MANY THANKS YA :)senang dapat infonya.

     
    On 5/25/2012 8:37 PM Anonymous said...

    butuh info kakakk..
    rencana juga mw ke bromo-malang
    nah nyari penginapannya di tosari, biar lebih cpet balik ke malang.
    butuh info hotel ato penginapan yg bisa di booking ni, nyari info bromo inn kok ga dapet2 ya..
    ada nope nya mungkin kaaaak..
    tengsss

     
    On 5/30/2012 10:10 AM yoxx said...

    maaf nope teman-teman di tosari ilang... kalau anda ke tosari mending turun dipasar dan dibelakang pasar tosari ada beberapa hostel murah dan rumah teman-teman yang biasa disewa lebih murah dari hotel... atau googling bromo inn kalau mau reservasi :)

     

    kalo dari stasiun naik apa aja biar bisa sampe ke bromo bang??
    tolong bales ke email saya ya bang
    yayan.pas@gmail.com

     

    kalau dari jogja ke bromo enaknya lewat mana ya ?????

     

    kalau backpacker : dari yogya anda cari kereta api ke surabaya terus ke probolinggo, kemuadian dari terminal anda tinggal cari kendaraan menuju bromo. kalau kendaraan sendiri sih mending dari yogya anda ke jurusan surabaya sesampai di mojokerto anda cari jalan pintas ke japanan kemudian kearah pasuruan, dari pasuruan anda cari warungdowo kemudian satu arah ke tosari. gampang khan?

     

    mas yayan wahyuddin, terimakasih atas kesediaan anda bertanya : saya tidak tahu dari stasiun mana anda berangkat, tetapi stasiun terdekat dari bromo adalah stasiun probolinggo. stasiun probolinggo dari surabaya bisa via stasiun wonokromo ke jurusan banyuwangi.

     

    Hi, Nice post! Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

    Thanks!

    Harry
    harry.roger10@gmail.com

     

    Wah wah wah, artikel nya membantu juga nih buat breefing para pelancong yang mau ke bromo, numpang share ya mas, :)

     

    salam kenal sewa mobil murah di bali

     
    On 7/29/2012 5:12 AM bromotanjungpondokpertanian@yahoo.co.id said...

    Pondok pertaniaan tanjung dibuka untuk umum Sejak maret tahun 2010 ini, pondok pertanian tanjung kami buka untuk umum, dengan meng’informasi’kan melalui “face book” dengan nama: bromo tanjung pondok pertanian info di face book sbb:

    Pondok pertanian tanjung ini, terletak di dukuh: Tanjunng rt.03. rw.03. desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya) km 99 itu tertera di pal penunjuk km di jalan raya depan pondok pertanian , kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari. Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 7km), belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' terus saja smp 'Puspo' terus saja melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" terus sedikit melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 .

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian.
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt . . 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    *.bisa dimasakan Rp.7.500,- s/d Rp.15.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

    # untuk informasi hub: 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian)
    Sejak beberapa bulan kami informasikan di dunia maya, ada beberapa tamu yang datang salah seorang tamu sms ke kami demikian: Terima kasih pak, pondok pertanian tanjung di buka untuk umum, menyenangkan sekali bermalam disana, dengan ditemani anak2 kecil dukuh tanjung suasana jadi rame, pelayanan mbak Sulis yang ramah dan kekeluargaan jadi pengen balik lagi ke tanjung

     
    On 10/05/2012 4:59 AM Anonymous said...

    mhon infonya suhu.... kalo dari stasiun malang naik kendaraan umum apa ya ke bromo? naiknya dari mana dan turun dimana..? bgtu jg arah baliknya. dan kalo single trip kira2 ada pilihan lain gak selain jeep?

     
    On 10/08/2012 9:59 AM yoxx said...

    kalau dari stasiun malang, anda naik ke kereta api jurusan surabaya. turun di lawang, di pasar lawang ganti angkot ke jurusan nongkojajar. kalau gak mau jalan kaki, anda naik k.a. jurusan banyuwangi turun di probolinggo, trus ke terminal bus probolinggo (banyuangga) cari bus kecil ke arah cemorolawang

     
    On 1/10/2013 5:32 PM bromotanjungpondokpertanian@yahoo.co.idc said...

    Pondok pertaniaan tanjung dibuka untuk umum Sejak maret tahun 2010 ini, pondok pertanian tanjung kami buka untuk umum, dengan meng’informasi’kan melalui “face book” dengan nama: bromo tanjung pondok pertanian info di face book sbb:

    Pondok pertanian tanjung ini, terletak di dukuh: Tanjunng rt.03. rw.03. desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya) km 99 itu tertera di pal penunjuk km di jalan raya depan pondok pertanian , kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari. Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 7km), belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' terus saja smp 'Puspo' terus saja melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" terus sedikit melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 .

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt . . 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    *.bisa dimasakan menu sederhana Rp.20.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

    # untuk informasi hub: 085608326673 - 081249244733 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    Sejak beberapa bulan kami informasikan di dunia maya, ada beberapa tamu yang datang salah seorang tamu sms ke kami demikian: Terima kasih pak, pondok pertanian tanjung di buka untuk umum, menyenangkan sekali bermalam disana, dengan ditemani anak2 kecil dukuh tanjung suasana jadi rame, pelayanan mbak Sulis yang ramah dan kekeluargaan jadi pengen balik lagi ke tanjung

     

    penginapan terdekat apa ada selain yg diatas? mohon bantuannya :)

     

    Mau nanya kalau naik motor dr malang lebih mudah jalurnya dari tumpang atau dari nongkojajar.Apabisa berangkatnya dari tumpang,pulangnya lewat nongkojajar atau sebaliknya soalnya selain ke bromo pingin juga singgah di coban pelangi sama singosari.

     
    On 9/25/2013 12:34 PM yoxx said...

    gampang dari/ke nongkojajar mas.. kalau lewat tumpang setidaknya anda harus pakai 4wd :)

     
    On 10/18/2013 11:56 PM dada said...

    wah terimakasih ya, setelah melihat blog kamu dan sinema 5 cm saya benar-benar pengen ke semeru eh mahameru lewat bromo

     

    aq orang tosari asli,,, kbetulan aq jga bbekerja sbgai supir jeep untk tour ke bromo,,, ni harga untuk sewa jeep dari tosari ke bromo.
    *paket 2 lokasi:penanjakan sunrise-bromo rp.400.000,-/jeep (max 6orang).
    *paket 4 lokasi:penanjakan-bromo-pasir berbisik-savana/bukit teletubuies rp.600.000,-/jeep (max 6 orang).
    *paket 5 lokasi:penanjakan-bromo-pasir berbisik-savana-ranu pani 1.200.000,-/jeep (max 6 orang).
    Dan untuk penginapan ato homestay bisa dkondisikan dgn fasilitasnya. dari kisaran 150.000-500.000/kamar. untuk villa dari kisaran 700.000-1.000.000/rumah.
    bagi yg pgen menikmati indahnya gng.bromo dgn surisenya silahkan call ke: 082330701741 (ALDIS). thanks

     

    klo rencananya begini bagus ga mbak?
    dari malang sewa motor, nginep di tosari/wonokitri.
    ke pananjakannya sewa jeep.
    niatnya sih mau ke air terjun madakaripura juga, bagusnya tetap lnjut sewa jeep apa balik lg ke penginapan terus naik motor ke madakaripura ya?
    mohon infonya :D

     

    yup, ide bagus.. kalau anda ke lautan pasir harus pakai jeep offroad yang bisa juga disewa... dan ide bagus kalau anda nginep dulu di wonokitri. pernah dengar mountain sickness khan?

     
    On 1/09/2014 2:09 AM aphinx said...

    halooo ak mau nanya dong please :( lagi galau ni mau ke bromo naik motor legenda sekitar 12-14 jan 2014 ini dari sby. goncengan. Enaknya lewat mana ya? pasuruan-tosari apa probolinggo-tongas? jalur yg aman n ga terlalu nanjak. Please need fast reply ;( makasih banget infonya.

     
    On 1/10/2014 3:14 AM yoxx said...

    mending pasuruna - tosari mas... lebih dekat dan gak terlalu nanjak

     
    On 3/14/2014 10:41 PM Anonymous said...

    Halo Mas Yo.. Mau tanya kalau dari tosari -wonokitri - ngadisari apakah medannya terjal dan kondisi jalannya apakah bagus? Lalu pulangnya dari ngadisari - cemorolawang - Sukapura akan tanjakanya terjal? Rencana saya mau pakai katana 4x4 apakah memungkinkan? Mohon infonya. Matursuwun.

     
    On 3/16/2014 1:59 AM yoxx said...

    ngadisari - cemorolawang lebih terjal daripada tosari mas... rute anda dah sempurna

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar