Keluyuran ke Banyuwangi

Dulu saat keluyuran ke Bali baik lewat udara dan darat, sangat ingin sekali mengunjungi Banyuwangi. Terutama saat dari udara terlihat indahnya puncak vulkano Raung. 

Gunung Raung 

Berharap suatu saat bisa mengeksplorasi Banyuwangi. Sampai ahirnya kemarin kami punya kesempatan mengunjungi 4 destinasi paling keren di Banyuwangi, Kabupaten terluas di Jawa Timur:

Taman Nasional Baluran

Walaupun secara administratif Taman Nasional Baluran masuk dalam daerah Kabupaten Situbondo, namun Baluran tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Dengan mobil, Taman Nasional Baluran bisa dicapai sekitar 1,5 jam dari Banyuwangi. 

Baluran National Park

Taman Nasional Baluran dapat dicapai dengan mobil pribadi dari Banyuwangi melewati Jalan Raya Pantura. Baluran dikenal sebagai “Little Africa in Java”, karena punya lansekap garing (arid) ala savana Afrika. Taman nasional ini menawarkan pemandangan savana yang luas dengan berbagai satwa liar, dan pantai utara yang indah. Dari Savana Bekol, kita bisa mampir ke Pantai Bama yang tak jauh dari sana. 

Baluran National Park

Kawah Ijen

Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kawah Ijen terkenal bukan saja karena kaldera hijaunya yang menawarkan panorama indah serta pertambangan belerangnya yang ikonik.

Ijen crater

Vulkano unik ini juga terkenal dengan fenomena api biru yang langka. Api biru ini adalah hasil dari terbakarnya gas belerang yang muncul dari retakan vulkano Ijen yang memiliki temperatur hingga 600 derajat celcius. Api biru di Ijen ini adalah yang terbesar di dunia. Pendakian ke Kawah Ijen biasanya dimulai pada tengah malam untuk melihat api biru dan matahari terbit. Hiking ke Kawah Ijen sendiri menempuh jarak 3 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam, tergantung kecepatan berjalan.

Kawah Ijen

Pantai Pulau Merah

Disebut Pantai Merah karena tak jauh dari pantai, terdapat pulau kecil dengan bukit yang tinggi, dan pulau ini memiliki tanah berwarna merah yang disebut Pulau Merah.Pulau Merah bisa dicapai dengan berjalan kaki ketika laut sedang surut. 

Pantai Pulau Merah

Red Island Beach

Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus, nyaman untuk bermain. Pantai ini juga terkenal bagi para penggemar selancar atau surfing, karena ombak di sini yang bergulung-gulung tidak terlalu besar membuatnya ideal untuk berselancar bagi pemula. Pantai Pulau Merah relatif aman untuk peselancar pemula. Disini juga ada pura Hindu yang sering digunakan untuk ritual.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam menggunakan mobil melalui Jl. Nasional III. Dari sini kita dapat mengunjungi Pantai Sukamade dan Teluk Hijau. 

Pantai Pulau Merah


Teluk Hijau

Teluk Hijau atau Green Bay adalah sebuah teluk yang memiliki air jernih berwarna hijau tosca dengan pantai pasir putih yang indah. Tempat ini cocok untuk berenang, snorkeling, dan menikmati keindahan alam yang masih alami. 

Teluk Hijau

Green Bay

Teluk Hijau

Terletak di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, lokasinya cukup jauh dari kota Banyuwangi (sekitar 86 km atau 2,5 jam perjalanan) dan jalanan menuju teluk ini juga masih cukup buruk. Kita hanya mengikuti jalur menuju ke Teluk Hijau, Pantai Sukamade, dan Pantai Pulau Merah.

Ada yang mau menambahkan? Kapan anda kesana? Landscape dan waterscape Banyuwangi luarbiasa indahnya. 

Tulisan lain:






0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar