Saat mencari referensi untuk kolam ikan koi, ada yang merekomendasikan untuk mencari referensi tentang taman gaya Jepang.  

Taman gaya Jepang (Nihon teien) adalah gaya taman yang dibangun dengan prinsip dasar miniaturisasi dari lanskap atau pemandangan alam empat musim di Jepang.

Ada banyak jenis gaya taman Jepang, tetapi yang paling umum adalah:

1. Taman yang sangat kecil (Tsubo niwa) : Taman mikro yang ada di halaman rumah tradisional, seperti machiya (rumah kota), disebut juga taman satu tsubo atau 1x1 Ken atau ukuran modul tatami (3,3 meter persegi).

Tsubo niwa 

2. Taman Lansekap Kering (Karesansui): Juga dikenal sebagai taman minimalis atau taman zen. Taman ini tidak menggunakan unsur air, sebagai ganti air adalah kerikil untuk menciptakan kesan gelombang laut atau aliran sungai yang kering.

Keindahannya tidak hanya terletak pada susunan batunya saja, tetapi juga pada ruang kosong di antara bebatuan yang dikenal dengan istilah yohaku no bi.

Pola penting termasuk Sanzon-ishigumi (tiga serangkai batu) dan susunan Shichi-go-san.

Karesansui

3. Taman Belajar (Shoinzukuri Teien): Salah satu jenis taman tertua di Jepang, taman yang tidak dirancang untuk pengunjung yang berkelana. Taman ini dimaksudkan untuk diamati atau dinikmati di ruang belajar atau ruangan, seperti halnya mengamati atau mengagumi lukisan-lukisan klasik. 

Shoinzukuri teien

4. Kebun teh atau Cha-niwa (Roji): Adalah taman yang dirancang untuk upacara minum teh tradisional Jepang yang menekankan kepada kesederhanaan, ketenangan dan harmoni. Fitur-fiturnya termasuk rumah teh, batu loncatan dan tanaman yang ditempatkan dengan hati-hati.

Cha-niwa juga berarti taman yang terletak di antara pintu masuk dan cha-shitsu (ruang teh) dalam upacara minum teh Jepang. “roji” secara harfiah berarti “tanah yang berembun” yang menggambarkan jalur yang lembab dan tenang yang mengarah ke ruang teh. Taman teh memiliki dua bagian: Outer Garden (Soto-Roji) yang lebih formal dan Inner Garden (Uchi-Roji).

Cha niwa teien

5.  Taman Jalan-jalan (Kaiyushiki Teien): Taman-taman yang besar untuk mengundang pengunjung untuk berjalan-jalan di sepanjang jalan berkelok-kelok sambil menikmati lansekap yang berubah-ubah.

Kaiyushiki teien

6. Taman kolam dan pulau (Chisen-kaiyu-shiki Teien): yaitu taman yang memiliki kolam pusat dengan satu atau lebih pulau, mewakili kosmologi Buddha.

Elemennya meliputi kolam, jembatan, pulau dan bebatuan yang ditempatkan secara strategis. Taman-taman ini seakan berputar di sekitar kolam tengah dengan pulau-pulau dengan jembatan sebagai penghubung pulau-pulau. Biasanya kolam berisi koi kohaku. 

Chisen kaiyu shiki teien

Ada yang mau menambahkan? 


Tulisan terkait :



Foto-foto diambil dari grup lansekap pertamanan Jepang di facebook, kredit milik fotografernya


1 komentar:

    On 3/20/2024 6:43 PM Basuki mengatakan...

    Bang, Apakah bisa kami buat karesansui di negeri tropis nan lembab ini?

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar