Walau kita tinggal lama di planet bumi, masih ada hal-hal baru yang ditemukan setiap hari. 
Bumi terus berubah, bergeser dan mengekspos rahasia baru bagi manusia untuk dikagumi dan dihormati. 
Butuh waktu bertahun-tahun dan banyak penelitian besar untuk memecahkan masalah yang melintasi atmosfir bumi ke ruang yang luas di luar.
Berikut adalah sebelas fakta menakjubkan tentang rumah kami yang Anda mungkin tidak menyadari.
  • Gurun, Sebagian besar gurun bumi tidak seluruhnya terdiri dari pasir. Banyak, sekitar 85% dari mereka, adalah batu dan kerikil. Gurun terbesar, Sahara, mengisi sekitar 1/3 dari luas wilayah Afrika (dan terus berkembang) yang hampir akan mengisi seluas benua Amerika Serikat.

  • Atmosfer, Banyak lapisan lapisan atmosfer planet kita terdiri troposfer mesosfer, ionosfer, eksosfer dan thermosfer. troposfer, paling dekat dengan permukaan planet. yang mendukung kehidupan kita dan pada kenyataannya, paling tipis karena tebalnya hanya sekitar 10 kilometer.

  • Bola biru besar, Planet ini, ternyata tidak benar-benar bulat. Hal ini disebut oblate atau pepat, sebuah benda bulat namun sedikit rata di bagian atas dan bawah kutub.

  • Samudra asin, Jika Anda dapat menguapkan semua air dari semua lautan dan menyebarkan garam yang dihasilkan atas seluruh tanah di Bumi, Anda akan memiliki semua lapisan setebal 153 meter atau lima ratus kaki.

  • Danau atau laut pedalaman terbesar, Laut pedalaman terbesar (kadang-kadang disebut danau) adalah Laut Kaspia yang terletak di perbatasan Iran dan Rusia.

  • Pegunungan terpanjang, Rentang Gunung Andes di Amerika Selatan adalah 4.525 mil atau 7.283 km sebagai pegunungan terpanjang di dunia. Kedua terpanjang adalah Rocky Mountain; Ketiga: Himalaya; Keempat: The Great Dividing Range di Australia; Kelima: Trans-Antartika Mountains. Untuk setiap 980 kaki Anda naik sebuah gunung, suhu turun 3-1/2 derajat.

  • Air terdalam dan terbanyak, Danau terdalam di dunia adalah Danau Baikal di bekas Uni Soviet. Danau ini memiliki panjang 400 mil, dengan lebar sekitar 30 mil, namun kedalamannya lebih dari satu mil atau 1638 meter atau 5371 kaki dalamnya!. Hal ini cukup dalam, Volume lima danau terbesar berikutnya termasuk The Great Lakes bisa dikosongkan ke dalamnya.

  • Tanah bergetar, Gempa bumi dapat merusak dan mematikan secara serempak. Bumi melepaskan sekitar 1 juta getaran per tahun, hampir semua bahkan tidak pernah tercatat. 
  • Tempat terpanas, Suhu terpanas yang pernah tercatat adalah dari Azizia di Libya terekam suhu 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat Celcius) pada 13 September 1922. Sedang Death Valley 134 Fahrenheit pada tanggal 10 Juli 1913.
  • Debu ruang angkasa, Ahli dari USGS menyatakan bahwa sekitar 1.000 ton debu angkasa menghujani Bumi setiap tahun.
  • Kota terdingin, Kota Yakutsk di Rusia suhu terdinginnya mencapai -70 derajat Celcius. Namun lokasi terdingin di muka Bumi adalah di Vostok Station yang terdapat di Rusia. Temperatur di sana tercatat mencapai rekor  -89,2 derajat Celsius pada tanggal 21 Juli 1983.
  • Daerah terkering. Wilayah terkering di Planet Bumi terdapat di Dry Valleys (Lembah Kering) McMurdo di benua Antartika, Kutub Selatan. Wilayah dengan kelembaban sangat rendah ini, tidak pernah mendapatkan curah hujan selama hampir 2 juta tahun.
  • Tempat terbasah. Berada di ketinggian 1.400 meter di atas punggung perbukitan Khasi timur, India, desa Mawsynram disebut sebagai daerah paling basah di dunia dengan curah hujan rata-rata 11.862 mm setiap tahunnya
Ada yang mau menambahkan? 


Link terkait

Source: Uncle John’s Bathroom Reader
foto-foto milik gettyimages.com




#rekordaerahterpanas
#rekorkotaterdingin
#rekorairterdalam
#rekorgurun
#rekorpegunungan

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar