Ada yang bilang kalau memotret adalah melukis dengan cahaya, untuk memotret yang "baik" setidaknya ada 3 hal yang harus kita perhatikan:
Cukup cahaya,  kemudian tajam, dan komposisi yang pas.
canon

Harga kamera digital yang semakin murah dan dihentikannya produksi kamera film oleh para pembuat kamera jempolan, membuat kamera digital saku atau kamera prosumer semakin populer dan mudah digunakan, sedikit tips untuk pemakai kamera digital saku dibawah ini, mungkin berguna bagi anda:
1. Kenali, spesifikasi kamera anda, atau minimal dibacalah buku manualnya.
2. Kunci obyek fokus dengan menekan setengah, kemudian tekan lagi hingga penuh.
3. Pilih ISO yang tinggi untuk dalam ruang yang kurang cahaya, malam hari atau langit mendung dan sebaliknya.
4. Perhatian kecepatan rana untuk menghindari blur, bila kecepatan rana terbaca 1/60 detik usahakan untuk memotret dengan stabil dan memakai flash, bila lebih lama lagi (1/30 dst) gunkan tripod atau monopod atau tempatkan dalam bidang datar yang stabil.
5. Bila obyek bergerak, maka gunakan teknik panning untuk sambil menekan tombol shutter.
6. Bila memotret pemandangan atau memotret, perhatikan waktu saat memotret: seperti matahari terbit dan saturasi warna yang tinggi dipagi pagi hari, terang benderang disiang hari, bangunan yang menghadap barat, warna kekuningan dan sunset di sore hari, malam untuk foto-foto long exposure dan city light.
7. Have fun, semakin sering anda memotret, semakin anda mengenali karakter kamera...semakin banyak pula pengalaman anda.
konica minolta

Cowboy yang baik, tentulah cowboy yang menyimpan tali lassonya dengan baik dan benar, demikian pula dengan fotografer yang baik, harus bisa menyimpan peralatannya, setidaknya:
1. Tempatkan kamera dalam "dry box" dengan silica gel didalamnya.
2. Untuk menghindari panas dan lembab, bawalah tas tersendiri serta tempatkanlah kamera dalam tempat yang paling atas bila membawa tas besar.
3. Bawa battery cadangan atau battery charger, dengan power yang besar kita bisa lebih lama dalam memotret.
4. Bawa memory card cadangan, memory yang besar lebih leluasa untuk menyimpan lebih banyak foto.
5. Bersihkan lensa secara berkala, bawalah selalu tissue lensa.
fuji

galleri ini juga berisi hasil bidikan dengan kamera saku dengan olympus fe-110, canon s2 is, canon s3 is, canon g3, canon g5, canon ixus s300, canon ixy 900 is :) atau cukup memakai kamera ponsel?

Ada yang mau menambahkan?

ukuran cetak foto
tips-tips memotret lansekap
foto-foto teratas milik gettyimages.com

1 komentar:

    wow...nice article..thx yah infonya..berguna banget

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar