Kalau ada pertanyaan siapakah peghasil atau produsen kamera digital terbanyak, pasti banyak yang tidak tahu bahwa Nokia lah produsen kamera terbanyak didunia, yup mereka berhasil menjual banyak kamera digital yang di bunddle dengan hand phone alias telepon seluler, namun banyak teman yang kecewa dengan hasil kamera ponselnya atau kamera handphone, namun setidaknya ada 3 hal yang akan membuat foto kamera ponsel tampak lebih istimewa yaitu:
  1. Terang dan sebaiknya tidak membelakangi sumber cahaya, memotret adalah melukis dengan cahaya, jangan sampai anda kekurangan "cat" karena kurang cahaya, juga sebaiknya tidak membelakang sumber cahaya kuat, kecuali bila anda ingin membuat foto siluet. 
  2. Dekati obyek, artinya obyek terlihat jelas dan tidajk terlalu jauh mengingat fokus kamera yang terbatas, pada beberapa kamera malah obyek kelihatan blur bila terlalu dekat.
  3. Steady, tenang dan jaga keseimbangan, salah satu cara yang umum disamping memakai tripod/monopod adalah dengan menggenggam erat,tekan 1/2 shutter kemudian shutter secara penuh juga akan meminimalisasi blur.
Pada kamera ponsel generasi baru, anda akan lebih banyak diberi kesempatan untuk bereksplorasi dengan banyak fitur-fitur baru, namun sebaiknya anda juga tetap:
  • Memperhatikan latar belakang (background), background yang rumit dan sibuk atau berwarna menyolok akan sangat mengganggu subyek fotografi anda.
  • Mengubah sudut pandang (angle) yang berbeda, adakalanya angle yang berbeda akan tampak artistik.
  • Coba optical zoom jangan digital zoom, digital zoom akan mengkompresi gambar anda sehingga kualitasnya akan berkurang.
  • Lebih sering bereksperiman dan bereksplorasi dengan fitur yang ada semisal white balance, aperture, exposure, brightness, night mode, landscape mode, portrait mode etc..
  • Berhematlah dengan battery dan memory anda, mengingat ponsel kamera mempunyai keterbatasan dengan battery atau memory, atau biasakan membawa memory cadangan atau battery cadangan dan biasakan untuk selalu mencharge battery dan memindahkan hasil jepretan anda.
  • Post prosessing, edit atau alter hasil jepretan anda di PC atau Mac jangan diedit di ponsel kamera, walaupun ada fitur-fitur semacam ini di ponsel anda, sebaiknya edit di PC atau Mac (salah satu teknik lah teknik untuk memparbaiki citra low-resolution adaresample di Photoshop) akan jauh lebih baik, terutama sekali bila untuk dicetak.
Selamat berburu...kalau anda sudah mempunyai kamera saku  atau kamera slr karena semakin sering anda memotret, semakin banyak anda membuat kemajuan.

Untuk mencetak diatas kertas foto, berikut adalah sedikit panduannya.

  • kamera ponsel 0.1 megapixel (352×228), ukuran teoritis 3 x 2.4 cm ukuran yang mendekati pasfoto 2×3
  • kamera ponsel 0.3 megapixel (640×480), ukuran teoritis 5.4 x 4.1 cm ukuran yang mendekati pasfoto 4×6
  • kamera ponsel 1.0 megapixel (1.152×864), ukuran teoritis 9.7 x 7.3 cm ukuran yang mendekati 2 R (6 cmx 9 cm)
  • kamera ponsel 1.2 megapixel (1.280×960), ukuran teoritis 10.8 cm x8.1 cm ukuran yang mendekati 2 R (6 cm x 9 cm)
    kamera ponsel 1.3 megapixel (1.280×1.024), ukuran teoritis 10.8 x 8.7 cm ukuran yang mendekati 2 R (6 cm x 9 cm)

ukuran cetak foto
tips-tips memotret lansekap
foto-foto illustrasi milik pribadi

5 komentar:

    On 2/20/2008 1:29 AM vym said...

    mmmmm gitu ya

     
    On 4/29/2010 1:42 AM Anonymous said...

    terimakasih sarannya

     
    On 4/18/2012 1:02 AM Anonymous said...

    kl kamera ponsel 3 MP atau lebih ukurannya brp?

     

    Ukuran 3 MP = 13x18 cm kalau mau 300 dpi. Bisa lebih gede kalau 150 dpi, tapi kualitas turun. http://www.photozone.de/megapixels-vs-print-size

     

    terimakasih bang andy, sebenarnya ukuran cetak foto ada di http://yoxx.blogspot.com/2007/10/banyak-yang-bertanya-kalau-picture-jpg.html

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar