Didalam suasana berkabut ada suatu atmosfir berbeda dengan kondisi dimana matahari bersinar terik. Suasana berbeda dimana alam akan kelihatan lebih redup atau lebih murung (gloomy) untuk ditangkap kamera para fotografer jeli.
kabut (fog) dan asap (haze) akan berlaku seperti sebuah lampu softbox raksasa - lampu softbox adalah lampu di studio foto yang ditutup oleh kain kasa atau kertas putih, lampu ini akan membuat cahaya terang yang keras akan menjadi lembut bila mengenai obyek. 


Namun untuk mendapatkan atmosfir tersebut ada beberapa trik agar hasil foto optimal, diantaranya:
  1. Gunakan kecepatan rana rendah, saat berkabut cahaya cenderung agak redup sehingga setting kecepatan rana pada rana rendah yang hasilnya akan menampilkan detail yang lebih baik. 
  2. Gunakan tripod, kecepatan rana yang rendah hasil foto akan cenderung terlihat blur. tripod akan membantu banyak agar hasil foto tetap tajam. 
  3. Exposure berlebih, kabut akan memantulkan cahaya sehingga sensor kamera selalu menganggap kelebihan cahaya. setting tambahan eksposure (EV) +1 atau lebih. 
  4. Komposisi datar, cuaca berkabut mengurangi kontras, membuat foto terlihat datar dan terkesan tanpa kedalaman dimensi. cari obyek dilatar depan untuk menambah saturasi warna dan kontras. 
  5. Terlihat murung, cuaca yang berkabut akan membuat suasana terlihat datar dan murung. jadi fokuslah untuk semaksimal mungkin mendapatkan suasana klasik seolah olah berada di alam lain. 
  6. White balance yang aneh, seringkali saat ada kabut temperatur akan turun, suhu yang turun akan membuat white balance menjadi aneh, ubah white balance ke setting berawan/mendung. 7. bila ada semburat cahaya, kadang kala pada saat suasana berkabut ada semburat sinar matahari yang tersorot masuk memebus atau awan atau pepohonan. Bergeserlah dan cari sudut pemotretan terbaik untuk mencari dan menangkap semburat cahaya itu. 
 

Selamat berburu foto di area berkabut...


Tulisan lainnya :


Foto teratas milik  pribadi dan setelahnya milik gettyimages.com, kredit milik fotografernya 
Berkali-kali kami melihat foto waterscape atau lansekap dekat dengan permukaan air dengak obyek yang terpantul dengansempurna. Berkali-kali pula saya mencoba menangkap gambar pantulan tersebut, tetapi berkali-kali pula saya gagal menangkap efek pantulan tersebut ? uff sepertinya  bukan danau atau kolamnya yang salah.

Karena sangat ingin memanfaatkan permukaan yang mengkilap untuk membuat foto biasa jadi terlihat luar biasa, kami mulai sering bereksperimen dengan sudut dan pencahayaan untuk menghasilkan foto abstrak yang menarik. Setelah berkali-kali mencoba untuk mencoba memotret, sepertinya keberhasilan mulai menghampiri.

Ini beberapa faktor-faktornya
  1. Pertama, perhatikan sudut datangnya cahaya dan bagaimana itu bisa mempengaruhi refleksi yang tampak. Jika melakukannya di studio, kita bisa memanipulasi faktor cahaya in untuk menaikkan efek pantulan, tapi jika kita memanfaatkan cahaya matahari berarti harus mengeksplor sudut pandang yang berlainan untuk mendapatkan titik yang paling efektif.
  2. Kedua, cobalah memotret saat cahaya sedang bagus, baik saat matahari baru terbit atau saat akan tenggelam. Pastikan kita membawa tripod untuk mendapatkan foto paling tajam dan gunakan juga beberapa filter lensa. Filter polarized akan sangat membantu untuk mengontrol cahaya yang terpantul dari permukaan air. Sementara filter graduated ND akan membantu agar langit tidak overexposed.
  3. Berhubungan dengan depth of field, cobalah gunakan angka f/ tinggi sekitar f/11 atau lebih, karena akan membantu menyeimbangkan obyek sehingga terlihat lebih dekat dengan refleksinya dan mendukung efek pantulan untuk muncul. Cobalah bereksperimen dengan shutter speed yang panjang atau long exposure untuk melembutkan permukaan air. Perhatikan depth of field, sudut datang cahaya, dan cobalah memberi fokus lebih pada air untuk mendapatkan efek drama-nya
  4. Fokus sangat bergantung pada jarak antara objek dengan pantulannya. Pertama cobalah fokus pada obyek, kemuadian yang kedua pada refleksinya. Ini akan membuat hasil yang sedikit berbeda tergantung pada seberapa banyak perhatian yang kita inginkan untuk refleksinya.
Selamat mencoba…




Sedikit tentang arsitek terkaya

Profesi arsitek dibagian belahan dunia manapun selalu masuk dalam 10 profesi terkaya.
Iseng-iseng jadi pengen tahu siapa sih arsitek atau firma arsitek terkaya di dunia ini? Norman Foster? I.M Pei? Adakah yang berasal dari Indonesia?

Inilah daftar lengkap 99 arsitek atau firma arsitek terkaya 
1. Aecom (USA. 1,370 architects employed. Over $400m Fee Income)
2. Gensler (USA. 1,346. Over $400m)
3. IBI Group (Canada. 1,129. $160-169m)
4. Nikken Sekkei (Japan. 1,109. Over $400m)
5. Aedas (China/UK. 1, 078. $200-209m)
6. Perkins & Will (USA. 771. $220-229m)
7. DP Architects (Singapore. 736. $70-79m)
8. HOK (USA. 715. $240-249m)
9. Samoo Architects & Engineers (South Korea. 712. $250-259m)
10. Foster & Partners (UK. 646. $200-209m)
11. Stantec (Canada. 643. $210-219m)
12. HDR Architecture (USA. 640. $280-289m)
12. RSP Architects (Singapore. 640. - )
14. P & T Architects (Hong Kong. 624. $130-139m)
15. Sweco (Sweden. 600. $70-79m)
16. Atkins (UK. 597. $100-109m)
17. Woods Bagot (Australia. 565. $130-139m)
18. Jacobs (UK/USA. 547. $200-209m)
19. Skidmore Owings & Merrill (USA. 543. $200-209m)
20. Cannon Design (USA. 539. $130-139m)
21. Heerim Architects & Planners (South Korea. 470. $170-179m) 
22. Perkins Eastman (USA. 455. $140-149m)
23. GMP (Germany. 445. $70-79m)
24. Leo A Daly (USA. 436. $130-139m)
25. Nihon Sekkei (Japan. 426. $170-179m)
26. Kunwon Architects & Engineers (South Korea. 421. $50-59m)
26. SmithGroup JJR (USA. 421. $110-119m)
28. Tengbom (Sweden. 420. $70-79m)
29. Kohn Pedersen Fox Associates (USA. 405. $110-119m) 
29. NBBJ (USA. 405. $170-179m)
31. Hassell (Australia. 395. $120-129m) 
32. BDP (UK. 382. $100-109m)
33. Kume Sekkei (Japan. 376. $120-129m)
34. ATP Architects & Engineers (Austria. 320. $70-79m) 
34. Mitsubishi Jisho Sekkei (Japan. 320. $210-219m)
36. White Arkitekter (Sweden. 306. $80-89m)
37. DLR Group (USA. 300. $120-129m)  
37. HKS (USA. 300. $150-159m)
39. Cox Architecture (Australia. 289. $60-69m) 
40. Leigh & Orange (Hong Kong. 288. $40-49m)
41. Henn Architekten (Germany. 280. $60-69m)
42. HBO+EMTB (Australia. 279. $80-89m)
43. RTKL Associates (USA. 269. $200-209m)
44. KEO International (Kuwait. 256. $110-119m)
45. Zaha Hadid Architects (UK. 246. - )
46. ZGF Architects (USA. 245. $60-69m) 
47. Arup Associates and Arup (UK. 226. $40-49m)
48. Benoy (UK. 223. $60-69m) 
49. Dewan Architects & Engineers (UAE. 220. $60-69m)
50. ACXT-IDOM (Spain. 215. $40-49m)
51. DWP (Thailand. 205. $40-49m)
52. Architect Hafeez Contractor (India. 200. $30-39m) 
52. Valode & Pistre (France. 200. $40-49m)
52. Wong Tung & Partners (Hong Kong. 200. $50-59m) 
55. Archial NORR (UK. 198. $70-79m)
56. Chapman Taylor (UK. 196. $40-49m)
57. Gansam Architects & Partners (South Korea. 191. $50-59m)
58. B+H Architects (Canada. 190. $50-59m)
59. Ishimoto Architectural & Engineering (Japan. 188. $60-69m)
60. LINK Arkitektur (Norway. 177. $40-49m)
61. Capita Symonds (UK. 170. $30-39m)
62. Ronald Lu & Partners (Hong Kong. 169. $30-39m) 
63. Broadway Malyan (UK. 165. $50-59m) 
64. CF Møller Architects (Denmark. 164. $40-49m) 
65. Allies & Morrison (UK. 160. $20-29m)
65. Devereux Architects (UK. 160. $10-19m)
65. GHD (Australia. 160. $140-149m)
65. GVA & Asociados (Mexico. 160. $20-29m)
69. Archetype Group (Vietnam. 158. $10-19m)
69. AXS Satow (Japan. 158. $60-69m)
71. Henning Larsen Architects (Denmark. 155. $20-29m)
72. Langdon Wilson International (USA. 153. $40-49m)
73. AS Architecture-Studio (France. 150. $20-29m)
73. Jaspers-Eyers Architects (Belgium. 150. $20-29m)
73. Wilson Associates (USA. 150. $50-59m)
76. Wilmotte & Associes (France. 149. $30-39m)
77. Showa Sekkei (Japan. 141. Under $5m)
78. Ramboll Architecture & Planning (Norway. 140. $30-39m)
79. Sheppard Robson (UK. 139. $20-29m)
80. Aidea (Philippines. 131. $5-9m)
81. CP Kukreja (India. 130. $5-9m)
82. Rober A.M. Stern Architects (USA. 126. $50-59m)
83. PageSoutherlandPage (USA. 125. $90-99m)
83. Sinclair Knight Merz (UK. 125. $30-39m)
85. Progetto CMR (Italy. 124. $10-19m)
86. PBK (USA. 121. $40-49m)
86. Populous (UK. 121. -)
88. Space Matrix (Singapore. 120. $10-19m)
88. TP Bennett (UK. 120. $30-39m)
90. PRP Architects (UK. 119. $20-29m)
91. Aukett FItzroy Robinson (UK. 114. $10-19m)
92. Palafox Associates (Philippines. 112. $5-9m)
93. Hames Sharley (Australia. 110. $20-29m)
93. Morphogenesis (India. 110. $5-9m)
95. AIA Architectes Ingeierus Associes (France. 104. $20-29m)
96. Thomson Adsett Architects (Australia. 103. $20-29m)
97. 3DReid (UK. 100. $20-29m)
97. UN Studio (Netherland, 100. $10-19m)

Sumber datanya dari sini nih...






Foto milik gettyimages.com

 
#richestarchitect
#richeststarcitect
#starcitect


Sedikit tentang ikan koi

Kemarin sempat dengan bersilaturahmi di rumah teman dari artomorokoi, mereka bercerita banyak tentang ikan koi, ikan koi dengan nama latin Cyprinus rubrofuscus mempunyai sejarah dan keunikan yang banyak.


Coba simak :
  1. Berlawanan dengan kepercayaan populer, ikan koi diduga berasal dari Cina. Ikan itu kemudian digunakan sebagai sumber makanan sebelum mulai dikembangkan di Jepang  untuk estetika di pertengahan 1800-an. Koi mempunyai sejarah panjang sebagai ikanpeliharaan. Ikan ini diekspor ke Jepang dari tempat asalnya di Asia Tengah lewat Cina dan Korea. Koi merupakan karya seni Jepang.
  2.  Ikan ini mewakili cinta dan persahabatan dalam budaya Jepang. Orang-orang di Jepang percaya bahwa ikan koi melambangkan kekayaan, kemakmuran, cinta, karir yang sukses dan keberuntungan. 
  3. Pemilik yang menerima koi ikan mereka sebagai hadiah diyakini memiliki keberuntungan.
  4. Di Jepang, ikan koi sering diwariskan dari generasi ke generasi, sebagai pusaka keluarga.
  5. Koi tidak terlalu mahal. Jika kita mau memeliharanya mulaidari kecil ikan ini tidak terlalu mahal. 
  6. Nilai koi sebagian besar tergantung pada ukuran, pola, dan warna. Realistis, koi hanya bernilai apa yang orang bersedia membayar.
  7. Koi mudah menyesuaikan diri. Koi juga dikenal sebagai ikan yang gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ikan ini bisa menempati hampirsemua tempat.
  8. Koi lemah lembut dan jinak. Tidak ada pemimpin dalam kelompok koi, dan tidak ada seekor pejantan kasar yang mengganggu koi betina. Sebagai penghuni lama, koi tidak akan menyiksa koi pendatang baru. 
  9. Koi terkenal sebagai ikan pemberani dan tidak takut terhadap apa pun sampai mereka dibantai. Oleh karenanya, koi di Jepang disebut sebagai ikan samurai.
  10. Koi merupakan ikan hias air tawar terbesar dan merupakan ikan bergengsi. Kepalanya besar dengan dihiasi sepasang kumis. Kumis inilah yang membedakannya dengan ikan mas atau ikan mas koki dengan nama ilmiah Carassius auratus
  11. Koi terkenal sebagai ikan pemberani dan tidak takut terhadap apa pun sampai mereka dibantai. Oleh karenanya, koi di Jepang disebut sebagai ikan samurai.
  12. Masa hidup koi umumnya sekitar 70 tahun. Namun ada beberapa yang hidup mencapai umur 200 tahun. Dikarenakan usia hidupnya bisa seperti burung bangau dan kura-kura, koi juga dinamakan sebagai ikan pesta.
  13. Di Jepang, dikabarkan koi dapat berenang mendaki air terjun. Oleh karenanya ikan ini dianggap sebagai simbol kebangkitan di dunia. Koi juga dihidangkan pada jamuan makam malam, karena di-percaya sebagai pembawa keberuntungan. Sehingga tidaklah heran apabila banyak orang yang senang memeliharanya.
  14. Rentang hidup maksimal mereka adalah sekitar 200 tahun dalam kasus luar biasa. Rentang hidup normal lebih seperti 25 sampai 35 tahun jika dirawat dengan baik. 
  15. Ikan koi tidak memiliki gigi. 
  16. Koi tidak memiliki lambung, tapi memiliki usus lurus. Dalam air hangat, koi akan mencerna makanan mereka di sekitar 4 jam. Untuk pertumbuhan maksimum, mereka harus diberi makan apa yang mereka akan makan pada interval 4 jam.
  17. Ikan koi merupakan omnivora (mengkonsumsi tumbuhan dan hewan). Ini makan berbagai jenis ikan dan telur mereka, selada, semangka dan kacang polong. Namun yang terbaik adalah untuk memberi makan mereka koi makanan yang seimbang, mengandung protein minimal 30%.
  18. Kolam koi harus memiliki dalam yang setidaknya 3 kaki atau 90 cm untuk koi untuk hibernasi  di musim dingin, dan agar tidak kepanasan  sinar matahari (di dalam air sangat dangkal) di musim panas.
  19. Koi adalah "ikan sosial" atau jenis ikan yang ingin bersama koi lainnya. Untuk menjaga konten koi Anda, selalu memiliki lebih dari satu koi di kolam atau tangki.
  20. Koi terus mengeluarkan amonia ke dalam air sekitarnya. Jika tingkat amonia diperbolehkan untuk menjadi berlebihan, koi tidak bisa lagi mengeluarkan amonia limbah mereka dan bisa mati karena keracunan amonia. Tidak lebih dari kerumunan kolam Anda dengan ikan dan tidak lebih dari pakan. Filter biologis yang baik akan menyerap amonia dan menjaga ikan anda sehat.


  21. Koi mendapatkan oksigen dari air melalui penyerapan di insang mereka, di mana oksigen diserap langsung ke dalam aliran darah mereka. Air tambak harus disimpan dengan baik oksigen sepanjang tahun oleh air terjun atau bentuk lain dari aerasi.
  22. Koi rukun dengan spesies lain ikan, asalkan ikan lain yang tidak agresif. Koi akan makan anak mereka sampai matang menunjukkan beberapa warna pada tubuh mereka.
  23. Kebanyakan koi memiliki beberapa parasit. Kebanyakan parasit yang mikroskopis dan tidak dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. Seorang spesialis terlatih dapat memeriksa ikan Anda dan menentukan apakah kolam atau ikan harus diperlakukan untuk memberantas parasit.
  24. Koi dapat ditempatkan di bawah tekanan berlebihan dan kadang-kadang mati karena pemilik tambak lebih tertutup kolam mereka dengan algaecides obat, atau bahan tambahan lainnya. Hal ini penting untuk mengetahui volume air kolam ketika menerapkan aditif ini. Konsentrasi yang tepat umumnya tidak akan menyebabkan stres yang tidak semestinya untuk ikan.
  25. Dari sekian banyak jenis ikan koi, ada tiga yang sangat terkenal yang disebut gosanke, yaitu : Kohaku, ikan koi yang punya corak warna merah di atas warna putih, Sanke, jenis ikan koi yang bercorak warna merah dan hitam di atas warna putih, tetapi corak hitam tidak terdapat di kepala, Showa adalah ikan koi hitam bercorak warna merah dan putih. Di Jepang, varietas yang paling populer dari koi adalah Kohaku, koi merah dan putih. Di Amerika Serikat, yang paling populer adalah Kohaku, Taisho Sanke, dan Showa Sanke. Taisho Sanka dan Showa Sanka keduanya merah, putih, dan hitam.
  26. Sebuah koi legendaris bernama Hanako menjadi koi tertua dari semua koi yang tercatat. Hanako ditetaskan pada 1751 dan meninggal pada tahun 1977, Hanako hidup berusia 226 tahun. 
  27. Usia koi itu tidak terlihat dengan mata telanjang. Tanda pertumbuhan mikroskopis tertutup pada sisik ikan koi seperti lingkaran kayu di batang pohon. Dari sini dapat terlihat pola pertumbuhan yang cepat atau kekurangan makanan.
  28. Ikan koi dapat dipelihara seperti ikan mas. Ikan ini paling terkenal dengan warna yang indah yang telah dibuat melalui pembiakan selektif. Ada lebih dari 20 varietas yang berbeda dari ikan koi yang berbeda dalam warna, pola dan jenis sisik. Ikan koi berasal dari Asia Timur. Ikan ini hidup di perairan tawar. Berkat keindahan dan popularitas di abad yang lalu, ikan koi dapat ditemukan di kolam di seluruh dunia. Karena ikan koi banyak dan terus  dibudidayakan pada perairan pribadi, sehingga tidak termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah.
  29. Ikan koi dapat mencapai hingga panjang 3 kaki atau 1 meter. Ukuran ikan tergantung pada kondisi hidup dengan tercukupinya makanan, oksigen dan suhu yang sesuai sangat penting untuk pertumbuhan ikan. 
  30. Ikan koi dapat mengenali orang yang memberi mereka makan dan mereka dapat dilatih untuk makan dari tangannya.
  31. Ikan koi sangat pintar. Seperti anjing atau kucing, mereka dapat dilatih untuk makan dari tangan Anda dan kadang-kadang bahkan keluar dari mulut Anda. 
  32. Ikan koi memiliki beberapa predator seperti : rakun, berang-berang, luak, burung pemangsa, ular, kucing dan anjing.
  33. Koi dapat bertahan dalam berbagai suhu dan pH; Namun perubahan yang cepat dalam nilai baik dapat menyebabkan stres yang tidak semestinya dan berkali-kali akan menyebabkan kematian. (Suhu air dari 45º-90º F, atau 7-32 ºC dan pH 6,5-9,0).
  34. Ikan koi lebih suka suhu air yang berkisar 15-25 derajat Celcius. Ini tidak mentolerir perubahan drastis atau suhu yang cepat,  Ikan koi sensitif terhadap matahari. Mereka kepanasan jika mereka hidup di kolam yang tidak memberikan cukup bayangan/naungan.
  35. Ikan koi yang hidup di wilayah geografis beriklim sub tropis akan ber hibernasi selama musim dingin dengan berenang ke dasar kolam (dengan suhu yang lebih tinggi dari air) dan tetap aktif sampai kondisi cuaca membaik.
  36. Koi membuang amonia di dalam air. Ketika sejumlah besar ikan koi menghuni kolam yang sama, tingkat amonia dapat meningkat dengan cepat dan menginduksi keracunan ikan.
  37. Selama musim kawin, betina menghasilkan ribuan telur yang akan dibuahi oleh sperma laki-laki di dalam air. Hanya kurang dari 50% dari telur yang dibuahi akan bertahan.
  38. Betina terlihat lebih besar dibanding jantan, perutnya terlihat lebih besar dibanding punggung. Jantan sebaliknya lebih langsing dan perut rata jika dilihat dari punggung. Sirip induk jantan siap kawin akan muncul bintik-bintik putih.
  39. Koi menghasilkan ribuan telur selama musim pemijahan. Ikan jantan membuahi telur dengan penyemprotan telur dengan sperma. Jika telur diletakkan di tempat terbuka, mereka dengan cepat dimakan oleh koi lain. Koi bayi akan menetas dalam 3-7 hari tergantung pada suhu air. Kurang dari 50 persen akan bertahan.
  40. Ikan koi dan ikan mas memiliki nenek moyang yang sama. Meskipun mereka berbagi kesamaan dalam penampilan, ikan koi dapat diakui oleh sungut pada bibir atas.
  41. Ikan koi bisa kawin dengan ikan mas karena mereka terkait erat. Namun, mereka menghasilkan keturunan steril.

Tulisan terkait :


Foto-foto milik pribadi dan Kvold diambil di kolam Artomorokoi Ungaran 

10 prinsip desain Dieter Rams

Dieter Rams adalah salah satu lulusan sekolah arsitektur yang menjadi desainer industrial Jerman yang inspiratif dengan menjadi head of desainer di Braun yang dia pegang selama 35 tahun dan desainer furniture di Vitsoe. 
Karya-karyanya banyak menginspirasi desainer-desainer industrial hingga  sekarang, salah satu desainer yang terpengaruh olehnya adalah Jony Ive, kepala desainer di Apple.

10 prinsip dalam mendesain yang baik itu sebaiknya 
  1.  Inovatif
  2. Berguna
  3. Estetis
  4. Mudah dimenegerti
  5. Menarik perhatian
  6. Jujur
  7. Abadi
  8. Detail 
  9. Ramah lingkungan
  10. Sesederhana mungkin
Desain adalah proses berfikir yang dimulai dari kepala dan sketsa.

Dia punya frase yang mudah diingat "Weniger, aber besser" yang diterjemahkan menjadi "Less, but better".
Dieter Rams menggunakan desain grafis, bentuk, proporsi, dan materialitas untuk menciptakan keteraturan dalam desainnya. Karyanya tidak berusaha menjadi pusat perhatian, melainkan membiarkan karyanya menjadi bagian dari lingkungan melalui ketelitian dan keteraturan.

Sampai sekarang Rams tidak punya komputer, wow!....

Tulisan lain:



 
#hansgugelot
#dietrichlubs
15 Hal Charles dan Ray Eames — Charles dan Ray Eames, seorang arsitek dan desainer grafis.

Mengajarkan kepada kami :
  1. Menjaga perusahaan dengan baik
  2. Memberitahukan dengan gampang
  3. Mempertahankan yang fana
  4. Desain tidak untuk kaum elit tetapi untuk massa
  5. Menjelaskan kepada anak
  6. Tersesat di isi
  7. Menjelaskan ke inti permasalahan
  8. Jangan pernah mentolerir "O.K. gak apa-apa. "
  9. Ingat tanggung jawab Anda sebagai pencerita
  10. Zoom out
  11. Beralih
  12. Prototipe itu
  13. Pun, Pun, juga disebut Paronomasia, suatu bentuk kata-kata yang mengeksploitasi banyak makna dari sebuah istilah atau kata-kata yang terdengar serupa, untuk efek humor atau retorika yang diinginkan. Disebut juga plesetan, adalah permainan kata berupa pemunculan lebih dari satu makna sebuah kata atau frasa untuk tujuan humor.
  14. Buat atau desain hidup Anda dan kehidupan adalah hasil dari desain Anda.
  15. Tinggalkan atau wariskan sesuatu di belakang.


“Recognizing the need is the primary condition for design.”
Desain memecahkan sebuah masalah atau jawaban dari sebuah pertanyaan. Menurut Eames, Anda harus tahu terlebih  dulu atau mengerti dulu masalahnya baru mencari solusinya

Tulisan terkait :



Sketsa : Tidak peduli


Terimakasih sudah berkomentar