Pernah bertemu dengan orang yang merasa paling tahu namun sering salah dalam memyimpulkan fakta. Itulah yang dinamakan efek Dunning-Kruger.

Efek Dunning-Kruger adalah fenomena yang menggambarkan bahwa orang-orang yang terlalu percaya diri dengan kemampuan mereka mungkin tidak benar-benar berprestasi.

Sementara itu, orang-orang yang percaya bahwa mereka rata-rata, atau bahkan sedikit di bawah, sering kali menunjukkan keterampilan yang hebat. 

Efek Dunning-Kruger merupakan bias kognitif yang terjadi ketika seseorang yang tidak memiliki kemampuan mengalami superioritas ilusif. Fenomena ini terjadi karena orang-orang yang kekurangan pengetahuan di suatu bidang cenderung membuat kesimpulan yang salah dan tidak cukup cerdas untuk melihat kesalahan mereka dan memperbaikinya.

dunning-kruger efffects

Efek Dunning-Kruger dapat dikaitkan dengan kekurangan intelektualitas dan kesadaran akan keterbatasan kemampuan berpikir seseorang dan biasnya.



Tulisan terkait :

Sedikit tentang otak manusia


gambar milik theoptimumdrive. com, kredit milik illustratornya.



2 komentar:

    On 9/15/2024 6:17 PM Anonim mengatakan...

    ini namanya fenomena so toy.. sok tahu. sampai ada pepatah bilang, "tong kosong nyaring bunyinya", dan terbukti secara ilmiah orang bodoh cuma bisa berkoar koar.

     
    On 9/15/2024 6:18 PM Anonim mengatakan...

    Boss saya juga gitu, ngomongnya ndakik-ndakik tapi implementasi nya payah.

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar