Untuk kesekian kalinya baja untuk fasade dan clading di proyek mengalami oksidasi alias berkarat. Dari beberapa alternatif  pelapisan anti karat, beberapa rekan menawarkan agar di galvanize untuk menghindarkan karat. 

Galvanisasi adalah pelapisan logam besi/baja dengan jenis logam lain agar memiliki ketahanan terhadap korosi.

Logam pelapis yang dipilih adalah seng (Zn), karena sifatnya yang tahan karat. Seng juga memiliki titik leleh yang lebih rendah karena proses galvanisasi dilakukan dengan mencelupkan besi ke dalam seng cair bersuhu sangat tinggi atau dikenal sebagai hot dip galvanizing. 

Galvanisasi diambil dari nama Ilmuwan Italia, Luigi Galvani. Ia dan sejawatnya Alessandro Volta berhasil mengungkap sifat-sifat elektrokimia logam seng.    

Tahap Galvanisasi: Secara umum, proses galvanisasi atau hot dip galvanizing melewati empat tahapan utama, yaitu pembersihan, fluksing, pencelupan (galvanizing) dan pendinginan, namun untuk hasil yang maksimal ada sembilan tahapan :

  1. Degreasing: Permukaan besi dibersihkan secara kimiawi dengan menghilangkan minyak/lemak, debu dan kotoran lain dengan menggunakan degreaser (surfactant atau fatty alkohol), umumnya degreaser menggunakan cairan yang netral namun larutan alkali yang paling sering dipakai adalah NaOH soda kaustik 5-10% pada 70-90 celcius selama 10 menit.
  2. Water rinsing atau dibilas dengan air dingin agar degreaser hilang. 
  3. Acid pickling, dicelupkan ke dalam asam klorida atau asam sulfat 10-15% selama 15-20 menit untuk menghilangkan karat dan kerak gilingan. 
  4. Water rinsing lagi untuk menghilangkan asam. 
  5. Fluxing: Oleskan larutan fluks (seng amonium klorida ZAC 30 % pada suhu 65-80° celcius atau NH4Cl) untuk mencegah deformasi plastis pada permukaan besi dengan cara membasahi seluruh permukaan besi. 
  6. Drying, dikeringkan dengan gas panas agar besi kering sempurna. 
  7. Dipping atau Galvanisasi: Celupkan besi bersih ke dalam rendaman seng murni cair (biasanya pada suhu sekitar 450° celcius) sekitar 2 menit. Reaksi metalurgi antara besi dan seng membentuk lapisan pelindung paduan seng-besi.
  8. Quenching atau pendinginan sebagai pasivasi dilakukan dengan mencelupkan produk besi yang telah melewati proses galvanizing ke dalam air dan larutan sodium chromate atau natrium dikromat.
  9. Finishing atau perapian sisa-sisa proses HDG dan cek ketebalan dengan  galvanized thick gauge.

Hasil akhir biasanya terbentuk lapisan berwarna perak kusam setebal 1 hingga 9 mikron. Sedang warna perak mengkilap diperoleh lewat proses zincAlum dengan kandungan zinc yang lebih banyak.

Ada yang mau menambahkan? 



Tulisan terkait 


foto foto milik pribadi


4 komentar:

    On 7/13/2024 7:36 PM Anonim mengatakan...

    pilihan anti karat pada besi, apa saja bang?

     
    On 7/13/2024 7:39 PM yoxx mengatakan...

    pilihannya adalah :
    1.ganti ke material galvalum
    2.ganti ke material stainless steel atau inox.
    3. cat anti karat
    4. hdg

     
    On 7/13/2024 8:00 PM Anonim mengatakan...

    cat anti karat ada banyak ragam jenisnya khan. menurutmu yang paling bagus?

     
    On 7/13/2024 8:13 PM yoxx mengatakan...

    Cat anti karat umumnya adalah:
    1. Red Oxide Primer
    2. Inorganic Zinc
    3. Shop Primer
    4. Metal Primer:
    5. Zinc Chromate Primer
    6. Epoxy Zinc Rich Primer

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar