Nama modern “kaktus” untuk spesies-spesies tanaman ini diberikan oleh Carl Linnaeus. Itu berasal dari kata Yunani kuno “kaktos”, yang merupakan sebutan tanaman liar berduri. 

Total ada sekitar 3 ribu spesies kaktus di dunia. Dari sekian banyak spesies yang ada, Sebagian besar spesies kaktus berasal dari Benua Amerika Utara, Selatan dan Tengah. Flora ini mudah dipelihara dan unik. Beberapa spesies paling populer yaitu :

1. Kaktus Saguaro (Carnegiea zgigantea). Saguaro adalah kaktus raksasa ikonik karena sering muncul dalam lansekap film wild wild west. Kaktus ini terbesar di Amerika Serikat, terutama di Arizona selatan, California tenggara dan Sonora barat, Meksiko. Di bagian utara wilayah jelajahnya, mereka lebih banyak terdapat di lereng yang lebih hangat dan menghadap ke selatan. Bisa berumur hingga 150-200 tahun.

Kaktus Saguaro

2. Kaktus kuping kelinci / Bunny Ears Cactus (Opuntia microdasys). Kaktus yang paling menarik adalah kaktus kuping kelinci atau Opuntia microdasys, kaktus lebat dan abadi dengan bantalan oval hingga bulat, pipih, kecil, hingga 15 cm. Merah saat muda, bantalan muncul berpasangan, seperti telinga kelinci dan dewasa menjadi hijau lembut dan beludru saat mereka tumbuh.

Kaktus kuping kelinci 

3. Kaktus Tong Emas / Golden Barrel Cactus (Echinocactus grusonii). Kaktus tong emas, bola emas atau bantal ibu mertua, merupakan spesies kaktus tong yang endemik di Meksiko tengah-timur. Walau populer di nursery, flora ini langka dan terancam punah di alam liar, ditemukan di dekat Mesa de León di negara bagian Querétaro dan di negara bagian Hidalgo.

Kaktus Tong Emas

4. Kaktus Bulan / Moon Cactus (Gymnocalycium Mihanovichii ) Gymnocalycium mihanovichii adalah spesies kaktus dari Amerika Selatan. Kultivar yang paling populer adalah mutan bervariasi yang benar-benar kekurangan klorofil, memperlihatkan pigmentasi ungu, merah, oranye atau kuning sehingga sering digunakan untuk kaktus grafting. 

Kaktus Bulan

5. Kaktus Istana Peri / Fairy Castle Cactus (Acanthocereus tetragonus). Kaktus Istana atau Kastil Peri adalah salah satu kaktus dalam ruangan yang paling banyak dijual  karena popularitasnya di kalangan pemula yang indah dan mudah dirawat. 

Kaktus Istana Peri

5. Kaktus Bulu / Feather Cactus (Mammillaria plumosa). Kaktus bulu adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga Cactaceae, yang berasal dari Meksiko Timur Laut. Meskipun berbulu halus, bulunya tetap tajam.

Kaktus Bulu

6. Kaktus Paskah / Easter Cactus (Schlumbergera gaertneri) kaktus Whitsun merupakan tanaman hias yang banyak dibudidayakan. Ia telah menerima Penghargaan Garden Merit dari Royal Horticultural Society.

Kaktus Paskah

7. Kaktus Thanksgiving / Thanksgiving Cactus (Schlumbergera truncata). Schlumbergera truncata atau kaktus thanksgiving atau kaktus Natal palsu adalah spesies tanaman endemik di daerah pegunungan pesisir di tenggara Brasil di mana habitat alaminya adalah hutan lembab subtropis hingga tropis.

Kaktus Thanksgiving 

8. Kaktus Kacang / Peanut Cactus (Echinopsis chamaecereus). Kaktus kacang atau Chamaecereus silvestrii adalah spesies kaktus dari barat laut Argentina dan Bolivia. Sinonimnya termasuk Echinopsis chamaecereus dan Lobivia silvestrii. 

Kaktus Kacang

9. Kaktus Bidal / Thimble Cactus (Mammillaria gracilis fragilis). Kaktus mungil ini berasal dari Meksiko Tengah dan sangat cocok untuk ditanam di luar ruangan di daerah beriklim hangat.

Kaktus Bidal

10. Kaktus Tulang Ikan / Ric Rac Cactus (Epiphyllum anguliger). Berasal dari hutan hujan lembab di Meksiko, tanaman hias kecil ini membutuhkan lebih banyak air daripada kaktus lain, juga menyukai sedikit kabut pada daunnya. Ini adalah epifit dan tumbuh di pepohonan di alam liar dan daun berbentuk tulang ikan untuk beradaptasi dengan mengikat tanaman ke inangnya.

Kaktus Tulang Ikan

11. Kaktus Benalu / Mistletoe Cactus (Rhipsalis baccifera). Rhipsalis baccifera, umumnya dikenal sebagai kaktus benalu, adalah kaktus epifit yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, Florida hingga Karibia. Bahkan ada jenis yang  ditemukan di seluruh daerah tropis Afrika dan Sri Lanka di mana ia dikenal di Sinhala sebagai Nawahandi. 

Kaktus Benalu

12. Kaktus Jari Wanita / Ladyfinger Cactus (Mammillaria elongata). Lady Finger Cactus atau Mammillaria elongata kadang-kadang dikenal sebagai Kaktus Bintang Mas/Golden Stars Cactus, Kaktus Renda Mas/Gold Lace Cactus bahkan kaktus Jari Wanita/Lady Fingers. kaktus mungil ini asli Meksiko tengah. Kaktus unik ini mendapatkan namanya dari batangnya yang memanjang dengan duri kuning keemasan atau coklat.

Kaktus Jari Wanita

13. Kaktus Wanita tua / Old lady Cactus (Mammillaria hahniana). Kaktus wanita tua adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga Cactaceae, asli Meksiko tengah. Tingginya mencapai 25 cm (10 inci) dan lebar 50 cm (20 inci). Batangnya berbentuk bulat soliter, diameter 12 cm, ditutupi bulu halus berwarna putih dan duri berwarna putih. Bunga ungu kemerahan muncul di musim semi dan musim panas, terkadang membentuk cincin lengkap di sekitar puncak tanaman.

Kaktus Wanita Tua

14. Kaktus Ekor Tikus / Rat Tail Cactus (Aporocactus flagelliformis). Kaktus ekor tikus adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga kaktus Cactaceae dan merupakan spesies yang paling banyak dibudidayakan dalam genus Aporocactus. Karena kemudahan budidaya dan tampilan bunga yang menarik, sering ditanam sebagai tanaman pot hias.

Kaktus Ekor Tikus

15. Kaktus Topi Uskup / Bishop's Cap Cactus (Astrophytum myriostigma). Kaktus Topi Uskup/Bishop's Cap atau Kaktus Bintang/Star cactus, adalah spesies kaktus asli Meksiko tengah dan utara. Kaktus tak bertulang, sering soliter, membentuk batang bulat atau pendek berbentuk kolom, putih kapur atau abu-abu keperakan. Biasanya memiliki 5 tulang rusuk, tetapi dapat tumbuh hingga 8 tulang rusuk silindris 10 hingga 25 cm. Tumbuh antara 750 – 1.500 meter di atas permukaan laut di tanah berbatu dan kapur. 

Kaktus Topi Uskup

16. Kaktus Bola Perak / Silver Ball Cactus (Parodia scopa). Kaktus bola perak adalah spesies tanaman berbunga di keluarga kaktus Cactaceae, asli dataran tinggi Brasil selatan dan Uruguay. Ini adalah kaktus berbentuk bola atau silinder yang tumbuh setinggi 5–50 cm dengan lebar 10 cm, dengan mahkota berduri berbulu dan bunga kuning pucat di musim panas. 

Kaktus Bola Perak

17. Kaktus Heliosa / Rebutia Heliosa (Aylostera heliosa). Berasal dari pegunungan Bolivia,  merupakan kaktus berukuran kecil yang tumbuh lambat dengan batang berbentuk bulat hingga silindris pendek dengan kepala tertutup rapat ditutupi areola (ketiak) berwarna coklat dengan duri pektinat pendek berwarna putih,  tampilan keperakan. Kaktus aneh ini tidak salah lagi dan sangat khas. Ini dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu spesies terbaik.

Kaktus Heliosa



Sedang genus-genus terpopuler adalah

  • Cereus, Cereus adalah genus kaktus (famili Cactaceae) termasuk sekitar 33 spesies kaktus kolumnar besar dari Amerika Selatan. Nama ini berasal dari bahasa Yunani dan kata-kata Latin yang berarti "lilin", "obor" atau "malam (wax)". Cereus adalah salah satu genera kaktus pertama.
  • Parodia. Parodia adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Cactaceae, asli lereng timur Andes di barat laut Argentina dan barat daya Bolivia dan di daerah pampas dataran rendah di timur laut Argentina, Brasil selatan, Paraguay timur, dan Uruguay. Genus ini memiliki sekitar 65 spesies, banyak di antaranya telah dipindahkan dari Eriocactus, Notocactus dan Wigginsia. Mereka berkisar dari tanaman bulat kecil hingga kaktus kolumnar setinggi 1 m (3 kaki). Semuanya berusuk dalam dan berduri, dengan batang tunggal.
  • Echinocactus, Echinocactus umumnya dikenal sebagai "Golden Barrel Cactus," adalah spesies kaktus luar biasa yang termasuk dalam keluarga Cactaceae. Berasal dari daerah kering di Amerika Tengah dan Meksiko, Echinocactus telah menjadi populer di kalangan penggemar sukulen karena penampilannya yang unik dan persyaratan perawatan yang mudah.
  • Espostoa, Espostoa adalah genus kaktus kolumnar, terdiri dari 16 spesies yang dikenal dari Andes Ekuador selatan dan Peru. Biasanya hidup di ketinggian antara 800 meter dan 2500 meter. Buahnya bisa dimakan, manis, dan berair. Genus ini dinamai Nicolas E. Esposto, seorang ahli botani terkenal dari Lima.
  • Ferocactus,  Ferocactus adalah  genus kaktus berbentuk tong besar, sebagian besar dengan duri besar dan bunga kecil. Ada sekitar 30 spesies yang termasuk dalam genus. Mereka ditemukan di Amerika Serikat barat daya dan Meksiko barat laut.
  • Notocactus, sekarang dikenal sebagai Parodia, adalah genus kaktus berbunga asli Amerika Selatan. Habitat Notocactus meliputi bagian dari Argentina, Bolivia, Brasil, Kolombia, Peru dan Uruguay. Secara total, ada sekitar 50 spesies Notocactus, meskipun tidak semua ditanam dalam budidaya.
  • Opuntia, Opuntia adalah sebuah genus dari famili kaktus, Cactaceae. Spesies kuliner paling terkenalnya adalah opuntia ara India. Sebagian besar kuliner menggunakan istilah "pir berduri" untuk merujuk kepada spesies tersebut. 
  • Pilosocereus, Pilosocereus adalah genus kaktus yang berasal dari Neotropik, Meksiko, Karibia dan Brasil. Mereka tegak dengan batang yang relatif tipis. Nama Pilosocereus berasal dari bahasa Latin untuk "lilin berbulu," karena duri keemasan mereka.
  • Rebutia, Rebutia adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Cactaceae, asli Bolivia dan Argentina. Mereka umumnya kaktus kecil berwarna-warni, berbentuk bulat, yang bebas menghasilkan bunga yang relatif besar dalam kaitannya dengan tubuh. 

tulisan terkait :



foto milik gettyimages, kredit milik fotografernya

#kaktuspopuler #popularcacti #Cereus #Echinocactus #Espostoa #Ferocactus #Mammillaria #Notocactus #Opuntia #Parodia, #Pilosocereus #Rebutia

1 komentar:

    On 2/20/2024 5:57 PM Paklik Djum mengatakan...

    Suhu, kaktus wijayakusama atau kaktus wiku dan kaktus buah naga yang populer di indonesia tidak anda masukan ?

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar