sedikit tentang ikan koi

Kemarin sempat dengan bersilaturahmi di rumah teman dari artomorokoi, mereka bercerita banyak tentang ikan koi, ternyata ikan koi mempunyai sejarah dan keunikan yang banyak...

coba simak :
  1. Berlawanan dengan kepercayaan populer, ikan koi diduga berasal dari Cina. Ikan itu kemudian digunakan sebagai sumber makanan sebelum mulai dikembangkan di Jepang  untuk estetika di pertengahan 1800-an. Koi mempunyai sejarah panjang sebagai ikanpeliharaan. Ikan ini diekspor ke Jepang dari tempat asalnya di Asia Tengah lewat Cina dan Korea. Koi Merupakan Karya Seni Jepang.
  2. Ikan Koi berasal dari Jepang dan mewakili cinta dan persahabatan dalam budaya Jepang. Orang-orang di Jepang percaya bahwa ikan koi melambangkan kekayaan, kemakmuran, cinta, karir yang sukses dan keberuntungan. 
  3. Pemilik yang menerima koi ikan mereka sebagai hadiah diyakini memiliki keberuntungan.
  4. Di Jepang, ikan koi sering diwariskan dari generasi ke generasi, sebagai pusaka keluarga.
  5. Koi tidak terlalu mahal. Jika kita mau memeliharanya mulaidari kecil ikan ini tidak terlalu mahal. 
  6. Nilai koi sebagian besar tergantung pada ukuran, pola, dan warna. Realistis, koi hanya bernilai apa yang orang bersedia membayar.
  7. Koi mudah menyesuaikan diri. Koi juga dikenal sebagai ikan yang gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ikan ini bisa menempati hampirsemua tempat.
  8. Koi lemah lembut dan jinak. Tidak ada pemimpin dalam kelompok koi, dan tidak ada seekor pejantan kasar yang mengganggu koi betina. Sebagai penghuni lama, koi tidak akan menyiksa koi pendatang baru. 
  9. Koi terkenal sebagai ikan pemberani dan tidak takut terhadap apa pun sampai mereka dibantai. Oleh karenanya, koi di Jepang disebut sebagai ikan samurai.
  10. Koi merupakan ikan hias air tawar terbesar dan merupakan ikan bergengsi. Kepalanya besar dengan dihiasi sepasang kumis. Kumis inilah yang membedakannya dengan ikan mas atau ikan mas koki, Carassius auratus. 
  11. Koi terkenal sebagai ikan pemberani dan tidak takut terhadap apa pun sampai mereka dibantai. Oleh karenanya, koi di Jepang disebut sebagai ikan samurai.
  12. Masa hidup koi umumnya sekitar 70 tahun. Namun ada beberapa yang hidup mencapai umur 200 tahun. Dikarenakan usia hidupnya bisa seperti burung bangau dan kura-kura, koi juga dinamakan sebagai ikan pesta.
  13. Di Jepang, dikabarkan koi dapat berenang mendaki air terjun. Oleh karenanya ikan ini dianggap sebagai simbol kebangkitan di dunia. Koi juga di-hidangkan pada jamuan makam malam, karena di-percaya sebagai pembawa keberuntungan. Sehingga tidaklah heran apabila banyak orang yang senang memeliharanya.
  14. Rentang hidup maksimal mereka adalah sekitar 200 tahun dalam kasus luar biasa. Rentang hidup normal lebih seperti 25 sampai 35 tahun jika dirawat dengan baik. 
  15. Ikan koi tidak memiliki gigi. 
  16. Koi tidak memiliki lambung, tapi memiliki usus lurus. Dalam air hangat, koi akan mencerna makanan mereka di sekitar 4 jam. Untuk pertumbuhan maksimum, mereka harus diberi makan apa yang mereka akan makan pada interval 4 jam.
  17. Ikan koi merupakan omnivora (mengkonsumsi tumbuhan dan hewan). Ini makan berbagai jenis ikan dan telur mereka, selada, semangka dan kacang polong. Namun yang terbaik adalah untuk memberi makan mereka koi makanan yang seimbang, mengandung protein minimal 30%.
  18. Kolam Koi harus memiliki dalam yang setidaknya 3 kaki atau 90 cm untuk koi untuk hibernasi  di musim dingin, dan agar tidak kepanasan  sinar matahari (di dalam air sangat dangkal) di musim panas.
  19. Koi adalah "ikan sosial" atau jenis ikan yang ingin bersama koi lainnya. Untuk menjaga konten koi Anda, selalu memiliki lebih dari satu koi di kolam atau tangki.
  20. Koi terus mengeluarkan amonia ke dalam air sekitarnya. Jika tingkat amonia diperbolehkan untuk menjadi berlebihan, koi tidak bisa lagi mengeluarkan amonia limbah mereka dan bisa mati karena keracunan amonia. Tidak lebih dari kerumunan kolam Anda dengan ikan, dan tidak lebih dari pakan. Entah kondisi akan menambah amonia ke air. Sebuah konverter biologis yang baik akan menyerap amonia dan menjaga ikan anda sehat.
  21. Koi mendapatkan oksigen dari air melalui penyerapan di insang mereka, di mana oksigen diserap langsung ke dalam aliran darah mereka. Air tambak harus disimpan dengan baik oksigen sepanjang tahun oleh air terjun atau bentuk lain dari aerasi.
  22. Koi rukun dengan spesies lain ikan, asalkan ikan lain yang tidak agresif. Koi akan makan anak mereka sampai matang menunjukkan beberapa warna pada tubuh mereka.
  23. Kebanyakan koi memiliki beberapa parasit. Kebanyakan parasit yang mikroskopis dan tidak dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. Seorang spesialis terlatih dapat memeriksa ikan Anda dan menentukan apakah kolam atau ikan harus diperlakukan untuk memberantas parasit.
  24. Koi dapat ditempatkan di bawah tekanan berlebihan dan kadang-kadang mati karena pemilik tambak lebih tertutup kolam mereka dengan algaecides obat, atau bahan tambahan lainnya. Hal ini penting untuk mengetahui volume air kolam ketika menerapkan aditif ini. Konsentrasi yang tepat umumnya tidak akan menyebabkan stres yang tidak semestinya untuk ikan.
  25. Dari sekian banyak jenis ikan koi, ada tiga yang sangat terkenal yang disebut gosanke, yaitu : Kohaku, ikan koi yang punya corak warna merah di atas warna putih, Sanke, jenis ikan koi yang bercorak warna merah dan hitam di atas warna putih, tetapi corak hitam tidak terdapat di kepala, Showa adalah ikan koi hitam bercorak warna merah dan putih. Di Jepang, varietas yang paling populer dari koi adalah Kohaku, koi merah dan putih. Di Amerika Serikat, yang paling populer adalah Kohaku, Taisho Sanke, dan Showa Sanke. Taisho Sanka dan Showa Sanka keduanya merah, putih, dan hitam.
  26. Sebuah koi legendaris bernama Hanako hidup menjadi koi tertua dari semua koi yang tercatat. Hanako ditetaskan pada 1751 dan meninggal pada tahun 1977, hanako hidup berusia 226 tahun. koi Jepang yang terkenal ini hidup di mulai jaman Revolusi Perancis, melihat pembentukan Amerika Serikat, penemuan listrik dan mobil , selamat Perang Dunia I dan II, dan bahkan hidup dalam era Perang Vietnam! Itulah salah satu rentang hidup yang panjang! 
  27. Usia koi itu tidak terlihat dengan mata telanjang. Tanda pertumbuhan mikroskopis menutupi sisik ikan koi seperti itu dari cincin di pohon. Ini dapat menunjukkan pola pertumbuhan yang cepat atau kekurangan makanan.
  28. Ikan koi yang dipelihara versi ikan mas. Ikan ini paling terkenal dengan warna yang indah yang telah dibuat melalui pembiakan selektif. Ada lebih dari 20 varietas yang berbeda dari ikan koi yang berbeda dalam warna, pola dan jenis sisik. Ikan koi berasal dari Asia Timur. Ikan ini hidup di perairan tawar. Berkat keindahan dan meningkatkan popularitas di abad yang lalu, ikan koi dapat ditemukan di kolam di seluruh dunia. Karena ikan koi adalah banyak dan terus  dibudidayakan pada perairan pribadi, sehingga tidak termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah.
  29. Ikan koi merupakan ikan besar. Hal ini dapat mencapai hingga panjang 3 kaki atau 1 meter. Ukuran ikan tergantung pada kondisi hidup. Jumlah yang cukup makanan dan oksigen dan suhu yang sesuai sangat penting untuk pertumbuhan ikan. 
  30. Ikan koi dapat mengenali orang yang memberi  mereka makan dan mereka dapat dilatih untuk makan dari tangannya.
  31. Ikan koi sangat pintar. Seperti anjing atau kucing, mereka dapat dilatih untuk makan dari tangan Anda dan kadang-kadang bahkan keluar dari mulut Anda. 
  32. Ikan koi memiliki beberapa predator, seperti rakun, berang-berang, luak, burung pemangsa, ular, kucing dan anjing.
  33. Koi dapat bertahan dalam berbagai suhu dan pH; Namun perubahan yang cepat dalam nilai baik dapat menyebabkan stres yang tidak semestinya dan berkali-kali akan menyebabkan kematian. (Suhu air dari 45º-90º F, atau 7-32 ºC dan pH 6,5-9,0).
  34. Ikan koi lebih suka suhu air yang berkisar 15-25 derajat Celcius. Ini tidak mentolerir perubahan drastis atau suhu yang cepat,  Ikan koi sensitif terhadap matahari. Mereka kepanasan jika mereka hidup di kolam yang tidak memberikan cukup bayangan/naungan.
  35. Ikan koi yang hidup di wilayah geografis beriklim hibernasi selama musim dingin. Ini berenang ke dasar kolam (dengan suhu yang lebih tinggi dari air) dan tetap aktif sampai kondisi cuaca membaik.
  36. Koi membuang amonia di dalam air. Ketika sejumlah besar ikan koi menghuni kolam yang sama, tingkat amonia dapat meningkat dengan cepat dan menginduksi keracunan ikan.
  37. Selama musim kawin, betina menghasilkan ribuan telur yang akan dibuahi oleh sperma laki-laki di dalam air. Hanya 50% dari telur yang dibuahi akan bertahan.
  38. Betina lebih besar dibanding jantan, perutnya terlihat lebih besar dibanding punggung. Jantan sebaliknya lebih langsing dan perut rata jika dilihat dari punggung. Sirip induk jantan siap kawin akan muncul bintik-bintik putih.
  39. Koi Menghasilkan ribuan telur selama pemijahan musim. Ikan jantan membuahi telur dengan penyemprotan telur dengan sperma. Jika telur diletakkan di tempat terbuka, mereka dengan cepat dimakan oleh koi lain. Koi bayi akan menetas dalam 3-7 hari tergantung pada suhu air. Kurang dari 50 persen akan bertahan.
  40. Ikan koi dan ikan mas memiliki nenek moyang yang sama. Meskipun mereka berbagi kesamaan dalam penampilan, ikan koi dapat diakui oleh sungut pada bibir atas.
  41. Ikan koi bisa kawin dengan ikan mas karena mereka terkait erat. Namun, mereka menghasilkan keturunan steril.


tulisan lainnya :


photo milik gettyimages.com

1 komentar:

    On 1/19/2017 12:40 AM Anonymous said...

    halo mas,
    anda yang mendesain web artomorokoi.com ya? :)

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar