keistimewaan tahun 2013

Langit 2013 akan sedikt berbeda dengan beredarnya benda-benda langit terang seperti komet ISON dan PANSTARSS, namun banyak juga fenomena langit yang menarik untuk dilihat.

Berikut adalah almanak astronomi 2013 yang sayang untuk anda lewatkan:

Januari
  • 3,4 Januari : Quadrantids Meteor Shower, Meteor shower pada tanggal 3 & 4 Januari, tetapi beberapa meteor bisa terlihat sejak tanggal 1-5 Januari. Tampilan terbaik setelah tengah malam di konstelasi Bootes.
  • 21 Januari: Bulan terlihat sangat dekat atau konjungsi Jupiter terdekat hingga 2026, Fenomena ini dapat dengan mudah terlihat bahkan dari kota-kota yang terang di langit belahan utara. Bulan terlihat bersinar tidak utuh, hanya 78 persen bersinar dan kurang dari satu derajat di selatan dari planet Jupiter. Kedua benda bercahaya ini akan terlihat sangat dekat di langit malam sehingga bisa dilihat oleh semua.

Februari
  • 2-23 Februari: Merkurius terlihat terang, Merkurius akan berada cukup jauh dari silau matahari sehingga akan mudah terlihat di langit barat setelah matahari terbenam. Pada 16 Februari Merkurius akan tiba di jarak terjauh dari matahari. Planet ini akan terlihat sangat terang (-1.2 sampai -0.6 magnitudo) sebelum tanggal ini dan akan memudar dengan cepat hingga +1.2 besarnya setelah itu.

Maret
  • 10-24 Maret: komet PANSTARRS terlihat. Komet PANSTARRS, yang ditemukan pada Juni 2011 dengan menggunakan Teleskop Pan-STARRS 1 di Haleakala, Hawaii, 12 Maret malam komet akan terletak 4 derajat di kanan dari bulan sabit yang sangat tipis. Komet panstarss diperkirakan akan berada pada bentuk terbaiknya dalam periode dua pekan ini. Selama waktu ini, komet tersebut juga akan berada paling dekat dengan matahari (45 juta kilometer) dan Bumi (164 juta kilometer).
  • 20 Maret : Equinox Maret, Matahari akan bersinar tepat pada garis khatulistiwa dan akan ada jumlah yang hampir sama siang dan malam di seluruh dunia. Hari ini juga hari pertama musim semi (vernal equinox) di belahan bumi utara dan hari pertama musim gugur (equinox musim gugur) di belahan bumi selatan

April
  • 20 April : Hari Astronomi Bagian 1, Hari Astronomi adalah acara tahunan yang dimaksudkan untuk memberikan sarana interaksi antara masyarakat umum dan penggemar astronomi berbagai kelompok dan profesional. Tema Hari Astronomi kali ini adalah "Membawa Astronomi untuk Rakyat".
  • 21,22 April : Lyrids Meteor Shower, Lyrids meteor shower, biasanya memproduksi sekitar 20 meteor per jam pada puncak mereka yang menghasilkan jejak debu terang yang berlangsung selama beberapa detik. Meteor shower ini puncaknya pada tanggal 21 dan 22 April, meskipun beberapa meteor dapat terlihat mulai 16 hingga 25 April . Carilah pancaran meteor di konstelasi Lyra setelah tengah malam.
  • 25 April : Gerhana Bulan sebagian, Gerhana bulan sebagian akan terlihat di sebagian besar Afrika, Eropa, Asia, dan Australia. Ini akan menjadi gerhana bulan parsial yang sangat kecil, dengan tungkai teratas bulan menggores sedikit sinar di atas Bumi yang gelap, bayangan umbra. Pada pertengahan gerhana, kurang dari 2 persen diameter Bulan akan berada di dalam bayangan gelap. Belahan Timur (Eropa, Afrika, Australia dan sebagian besar Asia) akan mendapatkan pemandangan terbaik.
  • 28 April : Saturnus di Oposisi, Planet bercincin akan berada di paling dekat ke Bumi dan wajahnya akan sepenuhnya diterangi oleh Matahari. Ini adalah waktu terbaik untuk melihat dan memotret Saturnus dan bulan-bulannya.

Mei
  • 5,6 Mei: Eta Aquarids Meteor Shower. Pada Aquarids Eta terlihat sekitar 10 meteor per jam pada puncak pada 5 dan 6 Mei, bahkan terlihat setiap pagi sejak tanggal 4-7 Mei - 7. Titik cerah akan berada di konstelasi Aquarius. Tampilan terbaik biasanya ditimur setelah tengah malam, jauh dari lampu-lampu kota.
  • 10 Mei : Gerhana Matahari annular melingkar seperti cincin. Jalur annular akan dimulai di Australia Barat dan bergerak ke timur melintasi tengah Samudera Pasifik. Gerhana Matahari melingkar seperti cincin, Pada titik gerhana terbesar, fase cincin akan berlangsung selama 6 menit, 4 detik. Selama gerhana matahari melingkar (juga dikenal sebagai gerhana "Cincin Api"), kerucut bayangan umbra bulan yang panjang terlalu pendek untuk mencapai Bumi. Dalam ukuran sudut, lingkar Bulan muncul sekitar 4,5 persen lebih kecil dari lingkar matahari. Jadi, cincin sinar matahari terlihat mengelilingi bulan. Jalur bayangan dari cincin itu dapat dilihat terbentang ribuan mil, tapi tidak akan lebih luas dari 172 km pada titik gerhana terbesar. Sebagian besar jalur berada di atas Samudra Pasifik, tapi saat atau segera setelah matahari lokal terbit, jalur itu akan terbelah di sepanjang bagian utara Australia (sekitar 10 Mei pagi) dan ujung timur ekstrem Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.
  • 24-30 Mei: Konjungsi Venus dan Jupiter,. Merkurius, Venus dan Jupiter akan terlihat di ufuk yang rendah di barat hingga barat laut langit temaram segera setelah matahari terbenam. Planet-planet tersebut akan terlihat acak satu sama lain, yang perubahan posisi planet-planet itu terlihat jelas dari satu malam ke malam berikutnya. 28 Mei planet yang paling terang, Venus dan Jupiter, akan terpisah hanya dengan jarak 1 derajat. dengan Venus melewati barat laut (kanan atas) Jupiter dan bersinar lebih terang enam kali dibandingkan Jupiter.
  • 25 Mei : Gerhana Bulan Penumbra. Gerhana akan terlihat di sebagian besar Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa Barat, dan Afrika Barat.

Juni
  • 23 Juni: Supermoon 2013, Pada 23 Juni, bulan akan bulat sempurna pada 7:32 EDT (11:32 GMT), dan 32 menit sebelumnya bulan akan berada pada titik terdekat dengan Bumi pada 2013 pada jarak 356.991 km, yang membuatnya disebut supermoon. Mungkin akan terjadi pasang-surut ekstrem di laut (sangat rendah hingga sangat tinggi) selama beberapa hari berikutnya.

Juli
  • 28, 29 Juli : Delta Aquarids Meteor Shower Selatan. sekitar 20 meteor per jam terlihat pada puncak mereka. Puncak meteor shower pada tanggal 28 dan 29 Juli, tetapi beberapa meteor juga dapat dilihat dari 18 Juli hingga 18 Agustus. Titik cerah akan berada di konstelasi Aquarius. Tampilan terbaik biasanya di timur laut setelah tengah malam. 
Agustus
  • 12,13 Agustus : Perseids Meteor Shower. Perseids meteor shower adalah salah satu hujan meteor terbaik untuk diamati, terlihat hingga 60 meteor per jam pada puncak mereka sekitar tanggal 13 dan 14 Agustus, tetapi Anda mungkin dapat melihat beberapa meteor saat dari 23 Juli hingga 22 Agustus. Titik cerah akan berada di rasi Perseus. Cari lokasi yang jauh dari lampu-lampu kota setelah tengah malam.
  • 27 Agustus : Neptunus di Oposisi. Planet biru akan berada di paling dekat ke Bumi dan wajahnya akan sepenuhnya diterangi oleh Matahari. Ini adalah waktu terbaik untuk melihat Neptunus. Karena jaraknya, itu hanya akan muncul sebagai titik biru kecil.
September
  • 22 September : Equinox September. Equinox terjadi September jam 20:44 UTC. Matahari akan bersinar tepat pada garis khatulistiwa dan akan ada jumlah yang hampir sama siang dan malam di seluruh dunia. Ini juga merupakan hari pertama musim gugur (equinox musim gugur) di belahan bumi utara dan hari pertama musim semi (vernal equinox) di belahan bumi selatan.

Oktober
  • 3 Oktober : Uranus di Oposisi. Planet biru-hijau akan berada di paling dekat ke Bumi dan wajahnya akan sepenuhnya diterangi oleh Matahari. Ini adalah waktu terbaik untuk melihat Uranus. Karena jaraknya, itu hanya akan muncul sebagai titik biru-hijau kecil di semua tapi teleskop paling kuat.
  • 12 Oktober - Hari Astronomi bagian 2.
  • 18 Oktober – Gerhana bulan penumbra, Gerhana akan terlihat di sebagian besar dunia kecuali Australia dan ekstrim timur Siberia. Bulan muncul melalui bagian utara dari bayangan penumbra Bumi selama gerhana bulan. Pada pertengahan gerhana, 76 persen diameter Bulan akan tenggelam dalam penumbra, mungkin cukup dalam untuk menyebabkan kegelapan yang samar, namun bagian bawah bulan yang menggelap dapat terlihat. Wilayah yang dapat melihatnya meliputi sebagian besar Asia, Eropa dan Afrika. Bagian tengah dan timur Amerika Utara bisa melihat fenomena Hunters’ Moon yang sedikit menggelap saat petang.
  • 21,22 Oktober : Orionids Meteor Shower. Pada Orionids meteor shower terlihat sekitar 20 meteor per jam pada puncak pada tanggal 21, tetapi sangat tidak teratur mulai pagi sejak tanggal 20 hingga 24 Oktober, dan beberapa meteor dapat dilihat setiap saat sejak tanggal 17 hingga 25 Oktober. Tampilan terbaik akan di langit di timur setelah tengah malam.

November
  • 3 November – Gerhana Matahari Hibrid atau Campuran. Ini adalah gerhana matahari yang tidak biasa, yang terjadi dalam jarak 13.600 km di seluruh permukaan bumi, gerhana berubah cepat dari melingkar menjadi total, oleh karena itu dikenal para astronom sebagai "gerhana campuran."Sebenarnya, sebagian besar di sepanjang jalurnya, gerhana tampak secara total, dengan lingkaran (atau cincin) yang sangat tipis dari sinar matahari terlihat di dekat jalur awal. Jalur gerhana akan dimulai di Samudra Atlantik di lepas pantai timur Amerika Serikat sekitar 875 km barat daya dari Bermuda. dan bergerak ke timur melintasi Atlantik Jalur gerhana akan melewati selatan Tanjung Verde, kemudian menuju tenggara sejajar dengan garis pantai Afrika. Gerhana terbesar, dengan total 100 detik dari keseluruhan dan lebar jalur mencapai maksimal hanya 58 km, terjadi sekitar 402 km di lepas pantai Liberia. Jalur bayangan kemudian akan menyapu Afrika tengah, melewati sebagian Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Kenya, sebelum berakhir saat matahari terbenam di perbatasan Ethiopia-Somalia.
  • 17, 18 November : Leonids Meteor Shower. Leonids adalah salah satu hujan meteor yang lebih baik untuk mengamati, menghasilkan rata-rata 40 meteor per jam pada puncak mereka. Mandi itu sendiri memiliki tahun puncak siklus setiap 33 tahun di mana ratusan meteor bisa dilihat setiap jam. Yang terakhir ini terjadi pada tahun 2001. Mandi biasanya puncak pada 17 November & 18, tetapi Anda dapat melihat beberapa meteor pada tanggal 13 hingga 20 November. Bulan purnama akan menutupi penampakan ini, namun dengan sampai 40 meteor per jam mungkin, ini masih bisa menjadi acara yang baik. Carilah di konstelasi Leo setelah tengah malam.
  • Mid November hingga Desember: Komet ISON terlihat, Komet ISON atau"Bola salju kotor" ditemukan pada 21 September 2012 oleh dua astronom amatir Vitali Nevski dari Belarusia dan Artyom Novichonok dari Rusia menggunakan teleskop yang dimiliki oleh International Scientific Optical Network (ISON). Mulai 28 November, Komet ISON cukup terang sehingga dapat terlihat pada siang hari. Komet ISON mungkin akan menjadi komet paling terang yang disaksikan manusia dalam beberapa abad sehingga bisa jadi menjadi salah satu komet yang paling banyak ditonton sepanjang masa setelah Komet Hale-Bopp, yang melintasi Bumi pada tahun 1997. ISON akan bersinar lebih terang dari "komet paling bercahaya abad lalu", yakni Komet McNaught, yang bersinar lebih terang dari Venus saat melintas di langit belahan bumi selatan pada 1965. Orbit ISON berbentuk parabola, itu artinya ia berasal dari luar tata surya, mungkin dari awan Oort

Desember
  • 13,14,15 Desember - Geminids Meteor Shower. Dianggap oleh banyak orang sebagai hujan meteor terbaik di langit, Geminid karena tampilmnya 60 meteor per jam warna-warni di puncak mereka. Puncak dari meteor shower terjadi sekitar tanggal 13 & 14 Desember, meskipun beberapa meteor akan terlihat dari sejak 06 hingga 19 Desember. Titik cerah di konstelasi Gemini. Cahaya bulan sabit kali ini bisa menyembunyikan meteor redup. Tapi dengan sampai 60 meteor per jam diperkirakan, beberepa meteor akan terlihat menjadi pertunjukan yang baik melebihi Perseid pada Agustus. Tampilan terbaik biasanya  di timur setelah tengah malam di lokasi yang gelap.
  • 15 Desember: Venus menjadi planet paling terang dari semua planet selama satu bulan penuh. Venus memberikan pemandangan paling hebat untuk 2013 dan 2014 baik langit malam atau pagi hari. Venus menghiasi langit malam barat daya selama tiga jam setelah matahari terbenam pada awal bulan, dan 1,5 jam setelah matahari terbenam saat Malam Tahun Baru. Bulan sabit indah akan muncul di atas kanan planet tersebut pada 5 Desember, dan malam berikutnya Venus akan mencapai puncak kecemerlangannya. Venus tidak akan seterang "bintang malam" itu lagi hingga 2021.

Jadi penikmat langit malam, tandai kalender Anda. Karena tahun 2013 akan banyak fenomena langit yang luar biasa indahnya bagi anda yang selalu bersyukur.


Catatan terkait
sedikit tentang komet
keistimewaan tahun 2011

3 komentar:

    hey.. lihat foto hujan meteor geminid di http://id.berita.yahoo.com/foto/hujan-meteor-geminid-slideshow/

     

    yo boss, baca tautan ini juga hal yang istimewa di 2013

    http://id.berita.yahoo.com/foto/melihat-dansa-tiga-planet-merkurius-venus-dan-jupiter-slideshow/memorial-day-planet-parade-see-jupiter-mercury-venus-photo-215907162.html

     
    On 5/31/2013 3:29 PM aryo said...

    asteroid gede yang jalan-jalan di 2013
    http://newswatch.nationalgeographic.com/2013/05/30/giant-rock-sails-past-earth-friday/?utm_source=Facebook&utm_medium=Social&utm_content=link_fb20130531ngnw-aster&utm_campaign=Content

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar