sedikit tentang umpan buatan

Salah satu bawaan wajib pemancing untuk memancing ikan baik dengan teknik popping, jigging, trolling adalah umpan atau lure.
solaris
Dulu kami pernah memakai umpan hidup (live bait) seperti ikan terbang, ikan tembang, cumi atau nus, bahkan udang.
Umpan hidup harus dibeli dalam keadaan segar itupun jika ada dipasaran, bahkan daging udang sering di dalam air laut, sehingga umpan buatan (artificial lure) lebih kami sukai ketimbang umpan hidup alasannya:
  • pengurangan penggunaan umpan hidup yang mulai langka yang dapat mengurangi spesies tertentu yang menjadi mangsa alami ikan predator seperti misalnya ikan terbang atau ikan tembang yang berada dalam rantai makanan yang rendah. (hal ini akan memberikan kontribusi untuk memecahkan salah satu masalah  lingkungan laut, karena mangsa alami habis ikan atau spesies lain diatasnya akan ikut punah)
  • kecepatan saat memasang dan menangkap ikan selama memancing pun saat rilis bila mendapat ikan kecil. kami tidak perlu menjahit umpan hidup untuk alasan ini. Juga umpan buatan mengurangi waktu untuk memasang dan melepas kait yang berhubungan dengan kematian ikan di banyak penelitian.
  • mengurangi kematian ikan hasil pancingan, kematian ikan kebanyakan karena menelan kait yang tersamar dalam umpan dan sebagian lagi oleh penanganan stres serta kerusakan akibat dari cara mengeluarkan kait yang tertelan dan mengenai tenggorokan bahkan lambung. 
  • lebih murah, karena dapat digunakan berulang-ulang dan anda tidak harus beli umpan segar. Dan andapun bisa membuat sendiri umpan yang anda mau.

Di pasaran ada banyak jenis ikan umpan buatan, semua dibuat dengan cara yang berbeda namun prinsipnya sama yaitu menyerupai mangsa untuk ikan pemangsa, tetapi kadang-kadang direkayasa untuk mengusik ikan teritorial, mengusik rasa ingin tahu, mengusik agresi. Sehingga umpan dibuat agar terlihat seperti mangsa yang sekarat, terluka, atau ikan yang bergerak cepat.
Jenis-jenis umpan buatan berikut:
    Umpan untuk laut dalam atau zona demersal
  • Jig adalah kail berpemberat dengan kepala mengarah berlawanan yang memiliki ujung tajam. Mereka sering berbentuk ikan kecil, udang, keong, siput atau bahkan cacing untuk menarik perhatian ikan.
    jig
    Umpan untuk permukaan air atau surface lure:
    Umpan yang mengambang dan menyerupai mangsa yang ada di atas air. Mereka dapat membuat suara berisik dari kepala yang cekung, suara gelembung dari "sirip sisi" atau sendok atau keributan berdengung dari satu atau beberapa baling-baling. Beberapa hanya memiliki apa pun gerak nelayan berlaku melalui tongkat itu sendiri, meskipun jika terampil digunakan, mereka bisa sangat efektif.
    surface lure
  • Spooner dibuat menyerupai bagian dalam sendok meja. Mereka mengkilat di dalam air, dapat  bergoyang  atau melesat karena bentuk mereka, hal inilah yang menarik ikan untuk menyantap spooner.
    spooner
  • Plugs atau crankbaits (umpan engkol). umpan memiliki bentuk tubuh seperti ikan dan mempunyai bibir di ujung kepalanya sehingga saat meluncur di air mereka dapat membuat berbagai gerakan yang berbeda yang disebabkan oleh ketidakstabilan karena adanya sendok di bawah kepala,
    Plug
    Plug merupakan istilah lain untuk minnow namun ukuran plug biasanya lebih kecil. Dibagian muka terdapat bibir seperti minnow yang berfungsi sebagai pengikat lider maupun wire dirancang untuk digunakan pada atas air atau di kedalaman di bawah permukaan. Topwater plugs: dirancang untuk mengapung di permukaan, sedang Plug selam memiliki bibir plastic atau logam sehingga mereka akan menyelam ke kedalaman tertentu. Plug selam sering disebut “Crankbaits” karena mereka sering yang digunakan dengan umppan casting gberupa gulungan yang beroperasi seperti engkol.
    crank bait
  • Minnow adalah umpan buatan yang bentuknya menyerupai ikan dengan bagian mulut ikan dibuat semacam lidah atau lips yang menjulur yang terbuat dari plat besi, biasa disebut lips atau bibir, pada lips terdapat lubang untuk lider mono maupun kawat. Aksi minnow tergantung dibibirnya dan biasanya menyelam dengan gerakan meliak-liuk seperti ikan berenang. Penempatan kail biasanya di perut dan di ekor. umumnya digunakan untuk memancing trolling maupun Casting, Minnow atau minow arti sebenarnya adalah ikan kecil yang digunakan sebagai ikan umpan atau untuk umpan memancing, dari asumsi ini anda dapat membuatnya sendiri dengan kayu ringan seperti damar, cemara, pinus, tusam atau albasia sebagai badan, kait tahan karat sebagai mata kail dan plastik (mika) untuk bibir, serta cat yang mengkilat atau berwarna cemerlang.
    minnow
  • Popper adalah umpan buatan yang bagian mulutnya yang lebar dengan cekungan ke dalam mirip layangan karper jepang. Bentuk mulut popper seperti inilah yang menimbulkan percikan air dan bunyi yang khas dari sebuah popper saat digunakan dengan cara disentak-sentakan dipermukaan air. Aksi popper diatas yang menyerupai ikan yang sedang sekarat itu ternyata mampu mengundang perhatian ikan untuk menyambar popper. Kail pada popper biasanya di pasang di bagian tengah maupun ekor dengan menggunakan kail.
    Popper
  • Flea atau Flies (Lalat atau kutu) dirancang menyerupai segala macam serannga mangsa ikan seperti, kumbang, lalat atau capung.
    fly
  • Spinnerbait adalah potongan-potongan kawat bengkok dengan sudut sekitar 60 derajat dengan kait pada ujung bawah, cara bekerjanya atau mekanisme mirip pemintal di ujung atas.
    spinnerbait
  • Swimbait adalah umpan plastik seperti ikan lunak yang kecil yang cukup digulung seperti plug. Beberapa memiliki ekor renang.
    swimbait
  • Soft bait atau soft lures adalah salah satu umpan memancing ikan yang terbuat dari bahan lunak plastik atau karet lunak yang memiliki tekstur lembut dan fleksibel seperti jelly atau permen karet. Dirancang untuk meniru bentuk ikan kecil, udang-udangan (crustaceae), siput, atau sumber makanan alami yang tekstur dan fleksibilitasnya mirip secara realistis dengan makanan alami.
    soft lure
  • Konahead adalah umpan buatan yang berbentuk seperti cumi besar dengan rambut berurai tapi berwarna menyolok. Baik untuk mengkover area luas, terutama bila anda belum tahu letak ikan yang akan dipancing.
Umpan buatan terbuat dari kayu, plastik, karet, logam, gabus, dan bahan-bahan seperti rambut, bulu hewan, kawat, hiasan dan lain-lain.Namun pertimbangkan bahan yang non korosif karena kait pancing yang berkarat  malah dapat mengusir ikan, pilih warna perak untuk target ikan permukaan dan sedangkan untuk mancing dasaran pilih yang warna-warni. Mau tahu umpan buatan yang dipakai nelayan di wanokaka, sumba barat? Mereka memakai lalat buatan dengan ekor ayam bahkan ada yang membuat minnow dengan ekor berupa rambut jenggot kambing, bahkan ada yang bilang kalau mereka berhasil mendapatkan ikan marlin. marlin
Jadi anda pun dapat membuat sendiri seperti McGyver memakai kertas pembungkus permen karet atau  mungkin yang lebih canggih seperti umpan solaris yang terbuat dari LED seperti gambar teratas.

3 komentar:

    beautiful work here.
    thank you for your visit and kind comments

     

    you are most welcome, mate...

     
    On 3/10/2012 2:54 PM ismail said...

    bro, minta katalog umpan buatanmmu dong.... kirimkan file pdf nya ke tempatku ya

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar