sedikit tentang bekicot

Pagi ini pengen banget menyiram dan mengganti media tanam anggrek dan bonsai asam jawa, tapi...
bekicot
Aaaaarrrrggghh banyak sekali bekicot yang memakan daun-daun anggrek dan bonsai yang lama tak terurus.
Bekicot atau Achatina fulica adalah moluska atau hewan lunak yang berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan, karena moluska ini menjadi hewan yang sangat invasif, maka beberapa negara bahkan melarang pemeliharaannya sebagai hewan peliharaan atau kesayangan seperti di Amerika Serikat, karena berpotensi membawa parasit, Meskipun berpotensi membawa parasit, bekicot yang dipelihara biasanya bebas dari parasit.
bekicot
Hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi termasuk makanan lezat escargot di Prancis, dulu yang dikonsumsi sebagai escargot adalah helix pomatia, namun Helix pomatia sulit diperoleh, maka Achatina fulica digunakan sebagai bahan baku Escargot.
bekicot

sedikit catatan, bekicot atau siput juga punya kelebihan:
  • tubuhnya memproduksi lendir untuk memudahkan dalam memanjat batu atau pohon juga melindungi agar tidak terluka oleh benda tajam bisa berjalan diatas sisi pisau tajam tanpa terluka.
  • indera penglihatan yang terletak diujung antena tidak tajam, namun untuk menentukan arah menggunakan indera peraba sedang untuk mencari makanan menggunakan indera penciuman yang sangat tajam.
  • herbivora yang memerlukan banyak kalsium untuk cangkang yang dibawa sejak lahir dan ikut berkembang ketika dia tumbuh.
  • hewan noktornal yang suka kelaur malam atau menjadi diurnal ketika hari mendung, lebih banyak tinggal didaerah lembab yang gelap.
  • untuk menghindari predator, bekicot mengenalinya lewat baunya dan hanya dapat menarik diri dan bersembunyi didalam cangkang.
  • tidak dapat mengolah gula atau garam, sehingga akan mati bila terkena.
bekicot
sedikit tips: sebagai pestisida alami gunakan larutan gula atau larutan garam untuk membunuh siput-siput kecil ini, untuk preventif agar dia tidak mengunjungi anggrek-anggrek anda, cukup siram dengan larutan deterjen encer.
ada yang mau menambahkan?

foto-foto milik gettyimages

3 komentar:

    On 5/15/2010 8:28 AM Anonymous said...

    ngapain jadi predator.. di kediri binatang ini sudah menjadi keripik yang lezat, keripik nol dua 02 namanya...

     

    bekicot banyak manfaatnya yah, di tempatku bekicot buat obat.

     

    Ada Spicy Escargot yang dibuat sebagai sup, cocok sebagai hidangan pembuka. Daging bekicot tanpa cangkang, dimasak dengan pasta tomat. Sensasi menghentak nan pedas hadir dari chili flakes, semacam cabai rawit kering yang dicincang.

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar