sedikit tentang manfaat kopi

Setidaknya ada dua ritual selain berdoa yang tetap kami lakukan sejak di SCI hingga sekarang :) agar mood kerja tetap terjaga.
yaitu membiasakan jalan kaki dan minum kopi di pagi hari.


selain meningkatkan mood kerja ada beberapa literatur yang menunjukan bahwa kopi ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan:
1. mengurangi resiko batu empedu; setidaknya dua cangkir kopi sehari bisa mengurangi resiko batu empedu sebanyak 50% mengingat khasiat kopi yang mampumeningkatkan aliran empedu dan mencegah kristalisasi kolesterol empedu.
2. mengurangi sakit kepala; kandungan kafein dalam secangkir kopi sekitar 120mg, pada dosis ini kafein mampu membatasi pembesaran pembuluh darah ke kepala.
3. mengurangi kantuk; studi pada Annals of Internal Medicine, meminum kopi satu jam dapat meningkatkan kewaspadaan satu jam setelahnya. walau pada studi ini ada fakta bahwa orang yang tidur sejenak.
4. mengatasi konstipasi atau sembelit; kopi cenderung mempercepat pengosongan perut.
5. mengurangi resiko sirosis; pada jurnal Hepatology pada Agustus 2007, di Instituto di Richerdiche Farmacologiche "Mario Negri" Milan
menemukan fakta bahwa peminum kopi mengalami 41% pengurangan resiko HCC (hepatocellular carcinoma) alias kanker hati dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi.
6. menurunkan resiko diabetes; studi pada American Journal of Epidemology pada Desemebr 2006 terhadap 12 ribu lanjut usia menunjukan fakta bahwa mereka yang minum kopi 4 cangkir sehari atau lebih memiliki resiko diabetes type 2
yang lebih rendah dibandingkan yang jarang meminum kopi. selain kafein kopi juga mengandung antioksidan dan mineral yang meningkatkan sensivitas insulin dan metabolisme glukosa, walau hal ini masih dibutuhkan riset lanjutan kopi decaf cukup bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes.
7. mencegah kerusakan gigi; para periset di italia menemukan fakta bahwa trigoneline, yaitu komponen yang memberikan kopi aroma dan rasa pahit memiliki zat anti bakteri dan ati lekat yang mencegah gigi berlubang.
8. menurunkan resiko serangan jantung; riset di Harvard School of Public Health, Boston yang di publikasikan di American Journal of Clinical Nutrition pada maret 2005, wanita yang mengkonsumsi kopi 5 cangkir atau lebih per minggunya, mengalami penurunan
resiko serangan jantung hingga 32% dibandingkan dengan yang meminum kurang dari 4 cangkir kopi.
9. meningkatkan stamina; ada studi yang menunjukan dua cangkir kopi per hari agar kafein memberi rangsangan sinyal otak dan sistem syaraf untuk membangkitkan stamina.

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari para penikmat kopi karena:
1. kopi dapat menyebabkan asam yang berlebih dalam lambung.
2. sebaiknya untuk penderita hipertensi tidak menikmati kopi atau bahan olahan kafein.
3. kopi dan kafein dalam dosis tertentu dapat menyebabkan jantung berdebar dan kegelisahan bagi beberapa orang.

link lain:
cerita sukses starbucks coffee

3 komentar:

    Nice post...
    Bro kopi juga Melawan kegemukan, Orang yang sering minum kopi diketahui berat badannya lebih stabil selama 12 tahun dibandingkan dengan orang yang berhenti minum kopi. Demikian menurut penelitian yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health, Boston, AS

     

    nice info...
    terima kasih....

     
    On 3/07/2011 7:22 PM Anonymous said...

    5 alasan lagi untuk tetap minum kopi jika Anda mengetahui cara minum kopi yang baik dan bisa mengendalikan asupan kopi setiap harinya, minuman ini memang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh. Antara lain: di http://id.news.yahoo.com/viva/20110307/tls-lima-alasan-jangan-musuhi-kopi-34dae5e.html

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar