Bahasa Latin jadi ngetop karena menjadi bahasa resmi kekaisaran Romawi, sialnya (atau untungnya) walaupun Kekaisaran Romawi telah lama runtuh bahasa ini dipakai sebagai bahasa antara, bahasa liturgis bahkan bahasa ilmu pengetahuan.
Berikut adalah bahasa Latin yang populer dipakai:
  1. Ab imo pectore : Dari lubuk hati yang paling dalam.
  2. Ab initio : Sejak semula.
  3. Ad hoc : Dibentuk atau dimaksudkan untuk satu tujuan khusus saja.
  4. Ad hominem : Tertuju pada pribadi atau karakter seseorang.
  5. Ad interim : Dipakai Sementara.
  6. Ad infinitum : Tanpa akhir.
  7. Ad nauseam : Sampai bosan.
  8. A posteriori : Secara harafiah berarti dari yang terakhir secara induktif.
  9. A priori : Sejak yang pertama secara deduktif.
  10. Carpe diem/noctum : Petiklah hari/malam ini.
  11. Ceteris paribus : Suatu asumsi untuk menyederhanakan beragam formulasi dan deskripsi dari berbagai anggapan.
  12. Cogito ergo sum : Aku berpikir maka aku ada. (dipopulerkan oleh filsuf Prancis, Descartes)
  13. Deo Vindice : Tuhan sebagai Pelindung.
  14. Deus ex machina : Tuhan dari mesin, Susunan yang janggal.
  15. Divide et impera : Pecah-belah dan kuasai! (dipopulerkan Julius Caesar)
  16. Docendo discimus : Kita belajar dengan mengajar.
  17. Dum spiro, spero : Selama saya masih bernafas, saya tetap berharap.
  18. Experto credite : Percayalah pada yang telah terbukti.
  19. Homo homini lupus est : Manusia adalah serigala bagi sesama manusia.
  20. Homo proponit, sed Deus disponit : Manusia berencana, Tuhan yang menentukan.
  21. In medias res : di tengah perihal.
  22. Ius Sanguinis : Hak berdasarkan darah atau garis keturunan.
  23. Ius Soli : Hak berdasarkan tanah kelahiran.
  24. Ipso facto: Begitulah kenyataanya.
  25. Justitia omnibus : Keadilan untuk semua.
  26. Magnum opus: Kerja bagus.
  27. Mater artium necessitas : Kebutuhan adalah induk dari pengetahuan.
  28. Memento mori : Ingatlah kau akan mati.
  29. Mens sana in corpore sano : Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. (Kutipan buku karya Juvenal, Satura)
  30. Nosce te ipsum! : Kenalilah dirimu sendiri.
  31. Omne vivum e vivo : Semua kehidupan berasal dari kehidupan. (Kutipan dari pernyataan Louis Pasteur)
  32. Pars pro toto : Sebagian untuk seluruhnya.
  33. per capita : per kepala/orang.
  34. Persona non grata : Orang yang tak disukai.
  35. Poeta nascitur, non fit : Pujangga dilahirkan, bukan diciptakan.
  36. Quod erat demonstrandum: Qui scribit, bis legit : Barang siapa menulis, ia membaca dua kali.
  37. Quo Vadis : Kemana engkau pergi?
  38. Requiescat in pace : Semoga ia beristirahatlah dalam damai.
  39. Si vales, valeo : Jika kau dalam keadaan baik, demikian pula aku.
  40. Sub poena: Dalam masalah.
  41. Tabula rasa: manusia tanpa pengetahuan.
  42. Tempus fugit : Waktu berlalu.
  43. Usus magister est optimus : Pengalaman adalah guru yang terbaik.
  44. Veni, vidi, vici : Saya datang, saya melihat, saya menang/menaklukkan ( dipopulerkan oleh Julius caesar)
  45. Vox populi, vox dei : Suara rakyat adalah suara Tuhan.
:-X
Ada yang mau menambahkan? atau ingin memahami istilah medis? simak blog pak dokter

10 komentar:

    Hey, your blog seems nice but it also seems to be in Indonesian (I suppose). Anyway, I liked the latin quotations. Greetings!

     
    On 1/07/2008 12:10 AM ario dipoyono said...

    walah, kok bisa tau semua ? dari mana tuh ?

     

    saya sempet nemu juga nih di internet. saya lupa link-nya belum saya bookmarked. thanks yaa.

     

    makasih infonya

     

    Nice post, thanks

     

    wew, hehe
    Tapi bener ga sih?

     

    wah tengkyu lho infonya saya jadi tahu maksudnya seseorang yang saya berharap proyeknya gol. doain kami ya.

     

    Magnum opus, saudaraku...

     

    bahasa latin yang harus kita tahu nih gan...

     

    Istilah latin di dunia medis memang terdengar begitu rumit. Sebenarnya istilah ini tidak dimaksudkan agar pasien tidak mengerti. Tujuannya adalah keseragaman, universalitas. Agar istilah yang dituliskan dokter di Amerika tetap dapat dipahami dokter di Papua.

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar