Pernah melihat tatanan bunga liar, lumut moss atau rumput dalam pameran atau display bonsai? itulah kusamono atau shitakusa. 

Kusamono (secara harfiah berarti "rumput") dan shitakusa (secara harfiah berarti "rumput di bawah") adalah kumpulan tanaman dalam pot tersendiri yang dirancang untuk dilihat bersama dengan bonsai atau sendirian.

Kusamono

Istilah kusamono digunakan jika tanaman tersebut ditampilkan sebagai pusat perhatian, sedangkan istilah shitakusa digunakan untuk tanaman yang mengiringi tampilan bonsai. Berbeda dengan tanaman bawah (yang dimasukkan ke dalam pot bersama bonsai), kusamono dan shitakusa dipajang secara terpisah di pot khusus, kayu apung atau bahkan batu.

shitakusa

Kusamono adalah rangkaian rumput dan bunga liar dalam pot atau nampan unik yang dipilih berdasarkan musim atau ekosistem dan biasanya diletakan dekat bonsai. Awalnya, nama ini mengacu pada rumput kecil dalam pot yang dipajang di samping bonsai sebagai tanaman aksen. Baru-baru ini, penciptaan Kusamono telah berkembang menjadi sebuah bentuk seni tersendiri. Kusamono yang dipilih dengan baik mencerminkan musim di mana ia ditampilkan. 

kusamono 

Beberapa komposisi dirancang untuk menyertakan tanaman yang akan terlihat bagus dalam beberapa musim. Selain musim, Kusamono juga harus menunjukkan habitat alami tertentu, seperti lahan basah, padang rumput atau hutan. 

kokedama

Menggunakan satu tanaman atau sekelompok tanaman, ada tiga gaya dasar penanaman: 

  • bola lumut (kokedama) 
  • di luar pot
  • di dalam wadah.

Ada yang mau menambahkan? 



Tulisan terkait :


Gambar kusamono diambil dari Kuangha Hsiao sedang gambar shitakusa dari Pinterest, kredit milik fotografernya.



          

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar