sedikit tentang fakta unik kopi

Tidak sedikit yang mengaku penikmat kopi, tapi tak banyak yang tahu fakta-fakta unik di seputar buah berry ini. Ini salah satunya :

  • Gembala menemukan kopi di Ethiopia sekitar tahun 800 Masehi, Legenda mengatakan bahwa penggembala kambing abad 9 melihat efek kafein pada kambing mereka yang terlihat "menari" usai makan buah kopi. Seorang pertapa lokal kemudian membuat minuman dengan buah kopi dan menemukan bahwa itu membuatnya terjaga di malam hari, sehingga secangkir kopi asli lahir.
  • Kopi adalah komoditas yang paling diperdagangkan terbanyak kedua di dunia, Menurut Global Exchange, ada sekitar 25 juta petani di lebih dari 50 negara yang terlibat dalam memproduksi kopi. Komoditas nomor satu adalah minyak bumi.
  • Espreso dalam bahasa Italia berarti "ketika sesuatu dipaksa keluar." Ini mengacu pada cara espresso dibuat yaitu memaksa air mendidih keluar melalui bubuk kopi yang ditekan. espresso memiliki lebih banyak kafein per volume daripada kopi hitam biasa, karena itu dikonsumsi dalam jumlah yang lebih kecil.
  • Kopi adalah makanan pertama yang dibeku-keringkan. Proses pengeringan dan pembekuan dibuat saat makanan segar ditempatkan di pengering dimana suhu turun menjadi negatif 40 derajat Fahrenheit. Dibuat pertama kali ketika selama Perang Dunia II dimulai untuk mengawetkan makanan.
  • Ada dua jenis biji kopi: Arabica dan Robusta. Tujuh puluh persennya adalah dari biji kopi Arabika. Meskipun kurang populer, Robusta sedikit lebih pahit dan memiliki dua kali lebih banyak kafein.
  • Mayoritas biji kopi diproduksi di Brazil. Brasil menghasilkan 40% dari kopi dunia, yang dua kali sebanyak 2 dan 3 tempat pemegang, Kolombia dan Vietnam.
  • Hawaii adalah satu-satunya negara di AS yang secara komersial menanam kopi. Kopi Kona kopi Hawaii adalah karunia Amerika Serikat ke dunia kopi. Karena kopi tumbuh terbaik di iklim khatulistiwa, cuaca Hawaii adalah optimal untuk biji kopi.
  • Kopi awalnya adalah makanan. buah kopi yang dicampur dengan lemak untuk membuat bola camilan kaya energi. Pernah juga dikonsumsi sebagai anggur ketika dibuat dari pulp dari buah kopi.
  • Kopi sebenarnya buah. biji kopi seperti yang kita tahu sebenarnya seperti buah berry-cherry seperti yang tumbuh di semak-semak. Biji kopi sebenarnya juga benih, kadang disebut kacang karena kemiripannya dengan biji yang sebenarnya.
  • Harga kopi termahal di dunia adalah $ 600 per pon. Dan itu berasal dari kotoran Satwa liar di Jawa, Sumatera dan Bali. hewan - disebut Luwak - tidak dapat mencerna biji kopi. Dalam proses mencerna biji, mereka memfermentasi biji kopi dalam perut. Ketika biji diekskresikan, mereka menghasilkan kopi halus, kopi berasa coklat.
  • Setidaknya ada enam upaya untuk melarang peredaran kopi sepanjang sejarah: (1). Kopi pertama kali dilarang di Mekah pada tahun 1511 karena para pemimpin percaya kopi merangsang pemikiran radikal. (2). Pendeta Italia abad ke-16 mencoba untuk melarang kopi karena mereka percaya dapat menyebabkan kesurupan "setan". Namun, Paus Clement VII menyukai kopi sehingga ia mencabut larangan itu dan kopi diperbolehkan pada tahun 1600. (3). Pemimpin Ottoman Murad IV membawanya lebih jauh ketika ia naik tahta pada tahun 1623 dengan menciptakan hukuman pertama untuk minum kopi, yang termasuk pemukulan dan dilemparkan ke laut. (4). Pada 1746, pemerintah Swedia membuatnya ilegal untuk bahkan memiliki paraphenalia (perlengkapan) kopi, termasuk cangkir dan piring. (5). 29 Desember 1675 Raja Inggris Charles II mengeluarkan pernyataan tentang Pelarangan Kedai Kopi, dengan alasan membuat orang mengabaikan tanggungjawab sosial serta mengganggu stabilitas kerajaan. Hal ini terjadi karena banyak makar di musyawarahkan di kedai kopi. (6). Tahun 1777, Frederick Agung dari Prusia mengeluarkan superioritas sebuah manifesto yang menyatakan bir daripada kopi karena ia percaya hal itu mengganggu konsumsi bir di negara itu, hal ini adalah implikasi ekonomi dari uang meninggalkan negara itu untuk membeli minuman ini.
  • Anda dapat overdosis pada kopi. Dosis lethal jika minum lebih dari 100 cangkir kafein yang mematikan.
  • New York minum hampir tujuh kali lebih banyak kopi daripada kota lainnya di AS. Namun, Finlandia adalah negara yang paling berkafein, di mana rata-rata orang dewasa mengkonsumsi setara dengan empat atau lima cangkir kopi sehari.
  • Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit Alzheimer. Para peneliti menemukan bahwa pasien yang lebih tua dengan tingkat tinggi kafein dalam darah mereka lebih mungkin untuk menghindari Alzheimer. Studi juga menunjukkan bahwa kafein memiliki efek positif pada diabetes tipe 2 dan penyakit Parkinson. Hal ini juga telah terbukti dapat melindungi terhadap kanker kulit pada wanita.
  • Kopi tetap hangat walau Anda menambahkan krim. Kopi dengan tambahan krim sekitar 20% lebih lambat dingin dari kopi hitam murni.
  • Ketika Anda menambahkan susu kedalam kopi, Hal itu melemahkan efek kafein. Tubuh kita menyerap kopi jauh lebih lambat ketika telah menambahkan konten lemak susu, yang menurunkan perangsang.
  • Kopi terbesar yang pernah diseduh pada bulan Juli 2014 di Korea Selatan. Itu lebih dari 3.700 galon. Kopi es terbesar yang diseduh di Las Vegas pada tahun 2010, dan 1.500 galon - es tidak termasuk.
  • Kopi dibawa ke New Amsterdam (sekarang New York City) pada pertengahan 1600-an. Namun, hal itu tidak banyak diketahui masyarakat sampai setelah Boston Tea Party di tahun 1773. Perang Saudara dan konflik lainnya membantu meningkatkan popularitas kopi.
  • Pada tahun 1906, seorang pria Belgia yang tinggal di Guatemala dengan nama George Washington menciptakan kopi instan. Ini bukan George si presiden Amerika pertama, tetapi ahli kimia George Constant Washington bereksperimen dengan kopi kering sebelum dia menciptakan Red E Coffee - nama merek pertama kopi instan.
  • Aroma kopi dapat membangunkan Anda. Sekelompok ilmuwan melaporkan bahwa hanya menghirup aroma kopi dapat mengubah aktivitas beberapa gen di otak, mengurangi efek dari kurang tidur. Dan ketika Anda melakukan minum secangkir kopi, kafein mencapai darah dengan cepat, sekitar 10 menit.
  • Kopi panggang gelap memiliki kafein lebih sedikit. Meskipun memiliki rasa lebih kuat, memanggang sebenarnya membakar beberapa kafein.
  • Kopi tanpa kafein (dekaf) tidak berarti bebas kafein. Delapan ons diseduh secangkir kopi tanpa kafein sebenarnya memiliki 2-12 miligram kafein. Sebagai perbandingan, secangkir kopi biasa memiliki 95-200 miligram kafein. (Dua belas ons Coke hanya memiliki 23-35 miligram kafein.)
  • Di Amerika Serikat, 80% orang dewasa mengkonsumsi kafein setiap hari. Menurut Food and Drug Administration (FDA), asupan rata-rata adalah 200 miligram, atau sekitar dua cangkir lima ons kopi.
  • Amerika mengkonsumsi 400 juta cangkir kopi per hari. Ini adalah setara dengan 146 miliar cangkir setiap tahun, membuat AS konsumen kopi terkemuka.
  • Rata-rata pekerja menghabiskan $ 20 per minggu untuk kopi. Total hampir $ 1.100 per tahun.
  • Definisi asli dari kopi berarti "anggur." Nama asli kopi, qahwah, berasal dari istilah Yaman untuk anggur. Di Turki disebut kahveh, sampai Belanda menyebutnya sebagai koffie, kita mendapatkan nama kopi dari bahasa Inggris.
  • Selama upacara pernikahan Turki, calon pengantin pria dibuat untuk bersumpah untuk selalu memberikan pengantin mereka dengan kopi. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan perceraian.
  • Beethoven (seperti saya!) Adalah seperti seorang pecinta kopi yang bersemangat. Dia akan menghitung 60 biji kopi per cangkir sebelum membuat minuman nya.
  • The Boston Tea Party mengakibatkan orang Amerika beralih dari teh ke kopi sebagai ekspresi kebebasan.
  • Apakah Anda tahu bahwa kopi tidak hanya membuat manusia terjaga. Lebah juga terjaga ketika minum kopi dan apa yang lebih menarik adalah yang kopi dapat memberi memori jangka panjang yang lebih baik. Mereka dapat menemukan jalan mereka kembali ke tempat yang sama lagi dan lagi.
  • Kopi dapat memoles kulit wajah, Lakukan eksfoliasi kulit Anda dengan bubuk kopi lembab setidaknya dua kali seminggu, bilas dan menonton cahaya wajah Anda.
  • Novelis Perancis dan penulis drama Honore de Balzac mengkonsumsi 50 cangkir kopi sehari untuk bahan bakar inspirasinya saat menulis. Ini menakutkan karena mengingat bahwa dosis mematikan adalah sekitar 100 cangkir kopi.
  • Tahun 1674 ada pemberontakan massa terhadap kopi. Bahkan ada 'Petisi Perempuan menentang kopi' yang mengatakan bahwa kopi merubah pria Inggris menjadi 'mayat tidak berguna' dan larangan ditujukan untuk mereka yang di bawah 60 tahun.
  • Selama Perang Dunia II tentara Amerika memerintahkan espresso mereka diencerkan dulu karena terlalu kuat bagi mereka. Bahkan, istilah "secangkir Joe" berasal dari tentara Amerika juga dikenal sebagai GI Joe pada Perang Dunia II yang mencintai kopi mereka dan pecandu kopi.
  • Telah ada indikasi dan penelitian bahwa kopi sebenarnya dapat digunakan untuk bahan bakar mobil. Mungkin suatu hari nanti di masa depan.
  • Dalam budaya Arab kuno, seorang wanita bisa menceraikan suaminya jika ia cukup tidak suka kopi!
  • Sekarang kita minum kopi saat sarapan pagi, tapi pada abad ke-17 orang-orang minum bir bersama dengan sarapan mereka setiap pagi!
  • Teddy Roosevelt minum kopi segalon setiap hari.
  • Kopi sangat langka di Jerman selama Perang Dunia II karena 'bom kopi' dijatuhkan dari pesawat untuk mengubah pandangan politik rakyat terhadap pemerintah.
Ada yang mau menambahkan?

Foto-foto milik gettyimages

tulisan lainnya :

2 komentar:

    wuih... cover girlnya cak...

     

    QUANTUM BINARY SIGNALS

    Professional trading signals sent to your mobile phone daily.

    Follow our signals NOW and profit up to 270% per day.

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar