Ikan cupang atau ikan Betta yang juga disebut ikan aduan atau petarung siam adalah salah satu jenis ikan dari asia selatan yang populer dari ikan yang ditemukan di rumah-rumah di seluruh dunia. Ikan Betta relatif mudah untuk merawat dan dipelihara terutama bagi orang-orang yang ingin memiliki ikan tapi tidak punya banyak waktu untuk merawat mereka.

Setelah bertahun-tahun memelihara ikan cupang dan ikan mas koki, ada beberapa tips untuk merawat ikan aduan cantik ini yang bisa berumur hingga 4 tahun.
  • Pilih warna Betta lincah yang cerah dan tajam atau bahkan pucat albino, Betta ada dalam berbagai warna, kebiruan dan merah paling umum. pilih yang bersirip dalam kondisi baik bermata dalam kondisi baik, tidak ada benjolan aneh (parasit) pada tubuhnya.
  • Di alam liar, Betta menghuni sawah-sawah Thailand, karena itu mereka cocok hidup di perairan relatif dangkal tapi lingkungannya luas atau pilih tangki  atau aquarium 5 galon atau lebih untuk Betta Anda untuk berkembang. mungkin kelihatan kebesaran, tapi ini layak untuk ikan anda. Mangkuk atau kecil tidak ideal untuk ikan cupang. Lingkungan kecil seperti memerlukan sering perubahan air 100 %, sehingga dianjurkan untuk memiliki tangki yang lebih besar.
  • Suhu air antara 76-82 § F atau 24-27 § Celcius. Ikan cupang sensitif terhadap perubahan suhu . Secara umum perubahan dalam 2 sampai 3 derajat dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  • Jangan menaruh ikan di bawah sinar matahari. dia akan mati !

  • PH air ditangki Anda harus tepat 7.0, netral tidak basa dan tidak pula asam.
  • Hindari batu atau dekorasi bergerigi. Dekorasi tersebut dapat dengan mudah merobek sirip Betta.
  • Tanaman hidup adalah ide bagus untuk berkelana, bersembunyi dan tidur. Tanaman hidup juga membantu tersedianya oksigen dan menjaga air tetap bening untuk waktu yang cukup lama.
  • Ikan cupang cenderung lebih suka sendirian dan dapat membunuh ikan lain. Beberapa orang percaya bahwa ikan cupang hidup dengan siput, udang cherry dan neon tetra. Hindari membeli ikan lain yang berwarna cerah (seperti guppy mewah ) , atau ikan dengan sirip yang mengalir panjang ( guppies , ikan mas , dll ) . Betta Anda akan mengira sebagai Betta lain. Hindari ikan agresif lainnya atau sirip - pinset  seperti duri . Danios, Tetra dan Rasboras, Corydoras dan ottos (otocinclus) adalah pilihan yang baik.
  • Ikan cupang jantan tidak bisa hidup dengan ikan cupang jantan lainnya , karena itu dinamakan ikan aduan Siam. Mereka akan bertempur sampai mati untuk melindungi ruang wilayah mereka. Jika tangki Anda tidak memiliki partisi, anda berisiko kehilangan salah satu atau kedua ikan cupang. Jangan menaruh ikan cupang bayi dengan orang dewasa karena bayi Betta akan bertarung dengan Betta dewasa.
 
  • Jauhkan ikan cupang betina baik tunggal atau dalam kelompok setidaknya lima ekor untuk mengurangi agresi. Tangki komunal harus minimal 10 galon dan memiliki beberapa tempat bersembunyi jika menjaga beberapa betina . Semua betina harus ditambahkan pada waktu yang sama . Jangan menempatkan hanya dua ikan cupang betina dalam tangki Anda. Ikan cupang betina akan melawan jantan dan sebaliknya.
  • Menempatkan cermin ke sisi tangki dapat menyebabkan Betta menyala karena ia dia berpikir bahwa ada saingan di wilayahnya. Ikan dapat stress.
  • Walau air keran merupakan sebuah alternatif yang lebih murah dan lebih baik. Klorin dan chloramines dalam air keran standar dapat membahayakan Cupang atau betta, serta membunuh semua bakteri menguntungkan bertempat di filter. Sebaiknya gunakan air conditioner, karena dapat menghilangkan klorin, chloramine dan logam berat . 
  • Isi tangki sekitar 80 % tinggi untuk memastikan ikan Anda tidak akan melompat keluar . Cupang atau betta sangat aktif dan bisa melompat lebih dari 7.5cm ketika termotivasi! Namun, Cupang atau betta biasanya tidak akan mencoba untuk melarikan diri jika mereka bahagia di rumah mereka.  Jika memungkinkan, tetap tutup pada . Ikan Anda mungkin melompat keluar !
  • Hindari jaring untuk mengambil Betta , cobalah untuk menggunakan cangkir kecil untuk meraupnya dengan hati-hati.
  • Pakan Betta Anda terdiri dari pelet khusus dibuat untuk makan Betta. Kadang-kadang saja diberi pakan beku udang air garam atau cacing darah .
  • Serpihan ikan tropis, serpih ikan mas , dan sejenisnya , tidak cocok untuk ikan cupang. Meskipun makanan hidup mungkin menarik untuk ditonton , produk udang atau cacing darah beku dan kering lebih aman dan bebas dari potensi parasit dalam pelet harus tidak kurang dari 40%.
  • Berhati-hatilah untuk tidak meloloh ikan. Overfeeding bisa menjadi masalah di beberapa ikan Betta, karena mereka akan makan selama Anda memberi mereka makan ( yang bisa berakibat fatal ) . Di sisi lain, ikan cupang lainnya akan berhenti makan ketika mereka sedang penuh. Overfeeding dapat menyebabkan kembung , meskipun hal ini tidak seserius kondisi serupa disebut sebagai basal . Ini bisa, bagaimanapun , menyebabkan masalah kandung kemih di kemudian hari , yang juga bisa berakibat fatal.
  • Bersihkan setiap makanan tambahan yang Betta Anda tidak makan. Demikian pula , perhatikan Betta Anda untuk melihat apakah ia / dia meludah makanan . Ini bisa menjadi tanda bahwa Betta Anda adalah pemilih makanan , atau bisa juga berarti bahwa pelet terlalu besar untuk mulut Betta.
  • Anda dapat memotong pelet dalam setengah dengan silet kecil atau seperti untuk memungkinkan untuk masuk dalam mulut Betta lebih mudah . Jika masih menolak untuk makan, mencoba merek lain pelet atau makanan kering.
  • Ikan cupang hanya kuat untuk jenis air yang berbeda , seperti air keras dan lembut . Ini berarti bahwa Anda tidak harus mengubah air atau mengatur ulang akuarium terlalu sering.
  • Bersihkan tangki Betta Anda. Cukup mencuci tangki dengan air panas, karena beberapa sabun akan merugikan Betta Anda . Jika Anda memiliki habitat batuan, bilas mereka secara menyeluruh. Isi habitat setengah jalan dengan air keran segar, mengembalikan Betta dan beberapa air lama , dan kemudian mengisi sisanya dengan air keran lagi.
  • Pastikan bahwa suhu air sama seperti air lama. Betta menghindari kejutan suhu, shock dapat mematikan bagi Betta Anda . Gunakan termometer -tank untuk memeriksa suhu air.
  • Pastikan untuk menambahkan de-chlorinator ( juga dikenal sebagai kondisioner air) ke air, ini akan menghilangkan klorin berbahaya / chloramine yang ada di air keran yang bisa membunuh ikan . Ini juga akan menyaring bakteri.
  • Ikan cupang datang untuk mengenali pemiliknya. Ikan cupang menyenangkan untuk ditonton. Anda dapat bermain dengan ikan Anda dengan menggerakkan jari Anda bolak-balik sepanjang tepi tangki. Perhatikan Betta Anda mengikuti Anda. Juga jangan lupa untuk menamai ikan Anda!
  • Jangan tekan kaca tangki . Tindakan ini mudah menggerakan ikan dan dapat menyebabkan ikan shock dan mati. Untuk berinteraksi cukup melalui gerakan perlahan saja. beristirahat jari Anda di kaca dan geser bersama untuk melihat apakah Betta Anda akan mengikutinya . Jika dia memunggungi dan pergi berati ketakutan. Anda dapat mencoba lagi setelah Anda Betta adalah lebih terbiasa dan kurang takut padamu.
 
  • Jangan terlalu banyak memberi pakan ikan Betta - mereka akan makan sendiri sampai mati . Tiga serpih atau pelet setiap kali makan aman. Gunakan kalkun baster (pipet besar) untuk membersihkan partikel kecil sisa makanan yang dimakan . Membiarkan puing-puing ini di bagian bawah tabung akan menyebabkan air menjadi keruh , tidak sehat , dan berbau busuk.
  • Jika Anda memakai tangki baru sebelum menambahkan betta Anda, pastikan untuk belajar tentang Siklus Nitrogen (juga disebut siklus biologis ). Ikan bisa mati karena keracunan amonia atau nitrit.
  • Jangan gunakan air suling . Air suling sebenarnya air tanpa mineral dan nutrisi. Ikan cupang tidak alami hidup di air suling dan memaksa mereka untuk melakukannya bisa berbahaya bagi kesehatan mereka.
Itu saja sedikit tips untuk merawat ikan cupang Anda akan memiliki Anda baik pada cara untuk menjaga ikan yang sehat .

1 komentar:

    Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    BW gan kunjungi nyapnyap.com

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar