sedikit tentang rekor hiu

Ikan Hiu terdiri dari lebih dari 440 spesies dan ditemukan diseluruh perairan di seluruh dunia termasuk dalam perairan dingin di artik dan perairan tawar di India dan Pakistan dan Indonesia.
Beberapa Rekor Hiu yag tercatat adalah :
  • Hiu terbesar dan terberat adalah Hiu Paus atau Whale Shark (Rhincodon typus). ini bisa mencapai panjang dengan panjang 65 meter dan dapat mencapai berat sampai sekitar 37.000kg. Panjang tubuhnya Hiu Paus atau di Jawa disebut Cucut Geger Lintang ini  mencapai lebih dari 20 meter (60 kaki). Ini adalah Hiu ini adalah pemakan phyto plankton yang yang memiliki filter feeder atau saringan pengumpan dalam jumlah besar untuk makan plankton melalui insang nya seperti berenang. Hiu terbesar kedua adalah Hiu Basking (Cetorhinus maximus) yang panjangnya sekitar 12,3 meter (40 kaki) dan juga merupakan filter feeder. Hiu paus sekaligus menjadi ikan terbesar dan terberat karena Paus Biru bukanlah Ikan melankan Mamalia.

  • Hiu pemakan daging (predator) terbesar adalah Hiu putih besar atau Great White Shark (Carcharodon carcharias) yang tumbuh sampai panjang 6,4 meter (21 kaki). Hiu Putih besar hingga 11,3 meter (37 kaki) panjang telah dilaporkan, tetapi tidak diverifikasi.

  • Hiu terkecil di dunia adalah jenis kecil dari Hiu Kucing (Scyliorhinus canicula) ini hanya 15 centimeter atau 6 inci. Hiu terkecil lainnya adalah Pygmy ribbontail catshark (Eridacnis radcliffei), yaitu sekitar 6 sampai 7 inci (15 - 16 cm) panjang untuk sepenuhnya dewasa betina dan 7 sampai 7 1/2 inci (18 - 19 cm) panjang untuk laki-laki.  bila telah tumbuh dewasa. Hiu terkecil adalah hiu dogfish deepwater atau Dwarf Lanternfish (Etmopterus perryi), panjangnya sekitar 19 hingga 20 cm atau 7,5 sampai 8 inci untuk betina dewasa penuh 16-17,5 cm (6-7 inci) panjang untuk jantan dewasa. Hiu Spined pygmy hiu (Squaliolus laticaudus) memiliki panjang sekitar 21 cm (8 inci) untuk sepenuhnya dewasa betina dan panjang 18 cm (7 inci) jantan.
  • Hiu tercepat di dunia adalah hiu Mako (Isurus oxyrinchus) dapat mencapai kecepatan maksimum 97 km /jam atau 46 mil / jam, meskipun beberapa sumber mengatakan Hiu Mako bisa berenang mencapai kecepatan 60 mil / jam. Hal ini mungkin karena ia mampu mengejar ikan bahkan lebih cepat dari ikan layar (sailfish), ikan pedang (bill fish) dan ikan todak, yang dapat mencapai kecepatan lebih dari 60 mil per jam ketika melompat.
  • Gigi terbanyak dimiliki oleh Hiu Putih Besar atau Great White Shark (Carcharodon carcharias) yang memiliki hingga 70 gigi dalam mulutnya pada saat yang sama. Gigi ini berubah atau tanggal sekali setiap 8 sampai 10 hari.
  • Hiu yang melompat tertinggi dari permukaan air adalah Hiu Thresher bisa melompat 61 meter atau 20 kaki keluar dari air. (Rekor dunia lompat tinggi untuk pria adalah 8,16 meter.)
  • Ekor Hiu terpanjang dimiliki oleh Hiu Thresher (Alopias vulpinus) dapat mencapai panjang 244 centimeter atau 8 kaki. lobus atas ekor mereka kira-kira sama dengan tubuh mereka.


  • Hiu terbesar yang telah punah adalah Megalodon (Carcharodon Megalodon atau Carcharocles). Catatan fosil menunjukkan bahwa nenek moyang hiu modern yang berenang di laut lebih dari 400 hingga 1,6 juta tahun yang lalu, Megalodon bahkan mereka lebih dulu ada daripada dari dinosaurus Hiu ini memiliki panjang hingga 12 meter (40 kaki) dan Hiu ini sekaligus menjadi Hiu yang mempunyai gigi terbesar dengan ukuran sebesar telapak tangan manusia.
  • Hiu paling berbahaya adalah Hiu putih bergaris (Carcharhinus longimanus). Jacques-Yves Cousteau pernah mengatakan bahwa Hiu Puith bergaris adalah satu-satunya spesies ikan hiu yang tidak pernah takut oleh pendekatan seorang penyelam, dan mereka adalah yang paling berbahaya dari semua hiu. kemudian Hiu di dunia yang paling berbahaya adalah Shark Bull (Carcharhinus leucas) yang sering menimbulkan korban.
  • Mulut Terbesar Hiu dimiliki Hiu Paus. Kemudian Hiu Basking (Cetorhinus maximus.)
  • Gigitan Hiu terkuat milik Hiu kehitaman (Carcharhinus Obscurus); rahangnya pernah diukur dan ternyata mampu mengerahkan kekuatan hingga 132 lb.
  • Hiu paling banyak adalah Hiu Piked Dogfish (Squalus acanthias) sangat berlimpah, terutama di Samudra Atlantik Utara. Ini adalah hiu kecil dengan panjang sekitar 1,6 meter (63 inci).
  • Telur hiu terbesar adalah telur Hiu Paus yang sudah lama dianggap menelur dengan besar telur 36 cm (14 inci) ditemukan di Teluk Meksiko pada tahun 1953, ini akan menjadi telur terbesar di dunia.
  • Hiu yang mampu berenang di laut terdalam adalah Hiu Portugis (Centroscymnus coelolepis) berenang di kedalaman lebih dari 2.750 meter (9.000 kaki atau lebih dari 1,5 mil).
  • Migrasi terjauh adalah migrasi Hiu Biru (Prionace glauca ) telah diketahui bermigrasi dari 1,200-1,700 mil atau 2000-3000 km  dalam perjalanan musiman dari negara bagian New York di Amerika Serikat ke Brazil.
  • Isi rahim Hiu terbesar adalah Rahim Hiu Biru (Prionace glauca) pernah dibedah dan ditemukan dengan 135 ekor anak dalam rahimnya.
  • Kumpulan terbanyak dunia ialah kumpulan Hiu martil yang diamati di dekat Pulau Wolf Galapagos, terdiri dari 1100 ikan.
  • Mata hiu terbesar adalah Mata Hiu perontok matabesar (Alopias superciliosus).
  • Hiu tertua diperkirakan adalah Hiu Paus dapat hidup sampai 100-150 tahun, dan banyak dari hiu yang lebih kecil dapat hidup setidaknya 20-30 tahun.
Ada yang menambahkan?


2 komentar:

    On 6/29/2014 7:32 PM shark master said...

    catatan hiu yang keren...

     
    On 7/04/2014 12:44 PM sumba putra said...

    boleh nambahi rekor-rekor ikan hiu bro? aku punya beberapa data nih...

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar