Pergi memancing kelaut lepas bersama para mancing mania yang sudah berkali-kali mendapatkan ikan monster membuat kami selalu mendapatkan pengalaman dan ilmu baru.


salah satu ilmu yang dibagi ialah ilmu duga atau mengetahui beberapa indikator tentang keadaan perairan laut yang lebih mudah dan bersahabat untuk memancing, gampangnya inilah beberapa faktor cuaca yang mendukung suksesnya mancing di laut.
  • bulan, bulan penuh atau bulan purnama membuat senar, kili-kili dan sling akan tampak berkilau sehingga ikan-ikan tidak tertarik untuk memangsa umpan. memancing ikan yang asyik sebaiknya memang sebaiknya saat matahari terutama saat bulan mati, sebaliknya bulan purnama atau bulan penuh cocok untuk digunakan mencari ikan sotong atau cumi-cumi.
  • angin dan ombak, angin yang bertiup keras akan menyebabkan ombak dipermukaan lebih bergelombang, gelombang yang terlalu besar atau sering sehingga ikan lebih suka untuk diam atau berlindung daripada mencari makan.
  • arus sorong, arus sorong atau arus yang berada dibawah permukaan air bila tidak terlau  kencang akan menyebabkan ikan lebih banyak bergerak dan lebih suka untuk mencari mangsa, konon arus ini juga membawa lebih banyak plankton bagi ikan pada rantai makanan pertama.
  • waktu memancing, saat matahari terik, banyak ikan predator yang lebih suka untuk berlindung diperairan yang lebih adem, sebaliknya saat sore hari banyak ikan yang lebih kelaparan dan agresif dalam mencari makan, namun untuk ikan diurnal lebih suka untuk makan di pagi hari.
  • cuaca, saat mendung atau gerimis banyak ikan predator yang agresif, namun tidak saat hujan lebat terutama bila anda memancing dekat muara sungai yang banjir, karena air dari sungai yang menurunkan kadar salinitas dan kadang membawa larutan-larutan yang secara kimia sulit untuk diterima ikan.
  • kejernihan air laut, lebih baik memancing saat air laut jernih  daripada saat air laut tampak keruh.

well, ada satu trik untuk memastikan apakah hari ini layak untuk dilalui dilaut yaitu:
Naik ke dataran yang tinggi, baik itu tebing atau bukit didekat laut, bila permukaan laut terlihat putih, hal itu berarti angin bertiup kencang yang membuat ombak selalu beriak dan untuk memastikan apakah arus cukup kencang cukup dengan melihat garis-garis tebal yang kelihatan dipermukaan air laut, garis yang tebal menunjukan arus sorong yang kuat.
Bila keadaan tidak memungkinkan, maka pertimbangkan untuk tidak memaksakan keberuntungan anda.
Atau barangkali anda punya pengalaman lain untuk dibagi kepada kami?
Mengenai lokasi atau spot mancing terbaik, ini tanda-tandanya.


Tulisan terkait:




6 komentar:

    On 3/07/2010 12:24 AM ghe mengatakan...

    ne yang punya yang cewek di poto ntu?.....
    gile hebat euy...
    uia masu nanya kriteria ikan monster mang yang sebesar apa yak?.....
    coz pernah maen game mancing" di game PS.hehehehe

     
    On 3/15/2010 12:39 PM yoxx mengatakan...

    yah 5 kg keatas bolehlah dibilang ikan monster :)

     
    On 10/04/2011 10:37 AM Anonim mengatakan...

    kok ya ada cewek sexy mancing... {thumbsup)

     
    On 7/02/2013 3:09 PM Anonim mengatakan...

    saya mau jadi member mancing mania kalau ceweknya setengah telanjang gini :)

     
    On 9/16/2013 5:58 PM umbu mengatakan...

    kita memang harus tahu cuaca saat mancing gan

     
    On 6/13/2015 9:59 PM Unknown mengatakan...

    Mantap broo.... thanks..

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar