sedikit tentang fotografi aerial

Salah satu keasyikan keluyuran dengan menggunakan pesawat terbang  adalah mendapatkan keasyikan memotret langit dan mendapatkan pemandangan daratan dibawah yang unik.
Fotografi udara atau Aerial photography dulu umumnya hanya dipakai untuk memetakan atau memberikan pemandangan suatu daerah, namun sekarang tidak hanya untuk pemetaan, sekarang fotografi ini menawarkan gambar-gambar kreatif dan perspektif yang berbeda secara drastis dibandingkan dengan yang Anda dapatkan dari memotret landscape di darat.
sumbawa island

Termasuk dalam golongan fotografi seperti ini adalah foto-foto yang diambil dari pesawat terbang, helikopter, balon, rocket, layang-layang, skydives, pesawat glider atau bahkan bangunan atau bukit yang tinggi. fotografi ini bisa menjadi menyenangkan, menantang dan kaya pengalaman dengan berbagai macam kamera yang menghasilkan gambar-gambar yang unik dan terlihat berbeda dari yang pernah anda bidik di darat.

mt. raung

Sedikit trik untuk mendapatkan foto:
  • Pilih view finder yang memiliki swivel LCD live view, mengingat sudut tembak yang tajam dan mengganggu penumpang disebelah kita.
  • Perhatikann regulasi penerbangan sipil yang tidak memperbolehkan pemakaian remote control, jadi lebih baik pilihlah kamera dan lensa yang anda anggap paling praktis.
  • Lebih baik memotret disiang hari dan lupakan memotret dari pesawat saat malam mengingat eksposur kamera yang lambat dan guncangan mesin, untuk fotografi malam lebih baik anda mengambil gambar dari gedung atau struktur tinggi.
mt. telomoyo
semarang at night


  • Tutorial lain mengenai fotografi aerial atau fotografi udara bisa anda dapatkan disini
  • Foto-foto diatas adalah koleksi pribadi

3 komentar:

    hehehe aq pernah foto di udara...*gag naek pesawat tapi hehehe.........

    tambah satu lagi mas kalo foto malam hari...lebih sip pake tripod menghindari shake-blur karena pemakaian speed shutter yg lambat

    *pernah ke telomoyo mas?

     

    :nod: bener tuh...

     

    fotografi aerial sangat menarik, karena kita akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan, seperti foto-foto yang terlihat diatas..
    Thanks for share

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar