sedikit tentang rawa pening

Well sepertinya ini adalah salah satu surga buat fotografer landscape or waterscape di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Wisata air ini luasnya kurang lebih 2.670 hektare, terletak kurang lebih 40 kilometer dari Semarang kearah selatan menuju Salatiga atau Solo. Danau dangkal ini terletak di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Hampir seluruh permukaan rawa ini tertutup tanaman Waterhyacinth atau kita kenal sebagai Eceng gondok, tanaman sejenis gulma ini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu.
Anda bisa berkeliling danau dan melihat dari dekat banyaknya hamparan Enceng Gondok (Eichornia Crassipes), karamba dan satwa liar yang ada di ekosistem ini, atau kalau belum merasa cukup, jelajahi hamparan air Rawa Pening sambil mengamati kehidupan nelayan di Rawa Pening dengan menggunakan perahu.
Untuk berkunjung tempat ini setidaknya ada 3 titik :

Photobucket
1. Dari Semarang atau Yogyakarta turun Ambarawa kemudian menuju ke Rawa Pening lewat Bukit Cinta di Banyubiru (titik C pada gambar satelit diatas), pada jalur ini anda bisa satu paket mengunjungi Monumen Palagan (pertempuran) Ambarawa dan Museum Kereta Api.
2. Dari Semarang kearah Salatiga atau Solo turun di jembatan Kali Tuntang, kemudian jalan sedikit kearah barat (Titik A pada gambar satelit diatas)
3. Turun di tempat wisata “Rawa Permai” kemudian sedikit jalan kaki kearah barat pada (titik B pada gambar satelit diatas)
gambar rawa pening
rawa pening
rawa pening
Pada titik B dan C ini ideal untuk memotret saat matahari tenggelam dan anda bisa juga melewatkan sore atau senja di Wisata Agro Keboen / kampoeng Kopi “Banaran” yang juga merupakan kebun kopi Robusta milik PTP Nusantara IX.

Nah kapan kalian kesana?


  • Citra / foto satelit Salatiga dan sekitarnya diambil dari google 
  • Semua foto illustrasi diatas milik pribadi

7 komentar:

    have a nice day!

     

    Haaahhh...pengen liburannn...keren ya Rawa pening..hee

     

    kapan-kapan kesana aaah.

     

    huhuy thanks infonya om..
    meluncuuurrr

     
    On 4/23/2010 6:40 AM Anonymous said...

    Ehm.....nice photo
    Cry aq ambl bbrp photo Rawa pening Cz it tmpt tnggl n tmpt maen gw wkt kecil !!!!!

     
    On 10/24/2010 11:38 PM Anonymous said...

    foto-foto rawapening yang keren... saya ingin kesana

     

    foto-fotomu maut kang...

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar