memilih lensa DSLR

Ada yang menganggap lensa kamera SLR (single lens reflector) adalah mata, sehingga lebih suka berinvestasi membeli lensa dibandingkan denga membeli body kamera,
Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli lensa:
  • Pertimbangkan panjang fokal (Focal length) yang benar-benar anda inginkan, kalau misalnya anda menyukai foto landscape maka sebaiknya anda memilih lensa lebar(wide angle lens), sebaliknya kalau anda menginginkan obyek yang lebih detail pilihlah lensa makro (macro lens) atau tele pada obyek jauh.
  • Pertimbangkan lensa utama atau lensa zoom, bila anda menginginkan hasil pilihlah lensa utama (prime lens) bila masih dipakai untuk keperluan yang umum atau pilihlah lensa zoom, bila memang anda benar-benar membutuhkan lensa telephoto untuk memotret obyekyang jauh, Namun untuk zoom pertimbangkan untuk tidak memilih lensa zoom yang memiliki range terlalu besar.
  • Pilihlah aperture maksimum, besaran aperture yang berkorelasi dengan diafragma lensa. diafragma yang besar lebih cocok dipakai untuk obyek yang bergerak dan umumnya lebih berat, sehinga harga lensa akan dibandrol lebih mahal.
  • Kalau budget pas-pasan pilihlah lensa third party yang berharga relatif lebih murah atau pertimbangkan sekali lagi untuk memilih lensa yang sudah terkenal baik dan memiliki komunitas yang lebih banyak.
  • Evaluasilah kelebihan maupun kekurangan dari fitur-fitur tambahan dengan membaca review/tinjauan produk dari para ahli dan media kemudian persempit pilihan untuk memilih lensa yang terbaik untuk anda saat ini.
Anyway, gak ada salahnya khan sedikit tahu tentang lensa DSLR ?

foto-foto illustrasi milik gettyimages.com

6 komentar:

    On 7/03/2009 6:05 PM Anonymous said...

    terimakasih info singkatnya...

     
    On 4/08/2010 7:22 PM Anonymous said...

    MAKASIH INFONYA

     
    On 5/12/2010 5:46 PM Anonymous said...

    MANTAP INFONYA... Tksh

     
    On 5/30/2010 12:55 AM Anonymous said...

    terimakasih gan.

     

    keren boss..

     
    On 7/11/2011 11:13 PM Anonymous said...

    Nice Inpo Gan... Thengkyu...

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar