tolak bala gempa?

Tiap hari kita di Indonesia dilalui, bahkan merasakan gempa, Karena kita tinggal di pertemuan cincin api Pasifik dan Mediterania, juga pertemuan lempengan-lempengan tektonik.
sabukapi
Gempa bumi besar terbagi atas :
  • Gempa bumi vulkanik; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus.
  • Gempa bumi tektonik ; Gempabumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar.
Gempa tidak bisa diramalkan sehingga sulit untuk di tolak bala, namun manajemen bencana yang baik untuk Gempa menurut FEMA atau Federal Emergency Management Agency , bagian dari Departement Keamanan Dalam negeri (U.S. Department of Homeland Security (DHS)) lewat 7 langkah pengamanan gempa adalah merupakan salah satu manajemen gempa yang baik,
Gempa
7 langkah tersebut adalah adalah sebagai berikut.

PERSIAPKAN
Langkah 1: Amankan mulai sekarang!
Mengurangi dan atau menghilangkan bahaya di seluruh rumah Anda, lingkungan, tempat kerja dan sekolah sangat dapat mengurangi risiko cedera atau kematian setelah gempa berikutnya atau bencana lainnya. Melakukan perburuan bahaya "" untuk membantu mengidentifikasi dan memperbaiki hal-hal seperti televisi tanpa jaminan, komputer, lemari buku, perabotan, unstrapped pemanas air, dll Mengamankan item ini sekarang akan membantu melindungi Anda besok.

Langkah 2: Membuat rencana
Perencanaan untuk gempa bumi, serangan teroris, atau lainnya darurat tidak jauh berbeda dengan merencanakan pesta atau liburan. Pastikan bahwa Anda termasuk rencana darurat evakuasi dan rencana reuni; Anda keluar-nama-negara kontak seseorang dan nomor; lokasi persediaan darurat Anda dan informasi terkait lainnya. Dengan perencanaan sekarang, Anda akan siap untuk darurat berikutnya.

Langkah 3: Membuat kit bencana
Setiap orang harus memiliki persediaan bencana kit disimpan di lokasi yang dapat diakses di rumah, di tempat kerja dan di dalam kendaraan Anda. Setelah persediaan darurat tersedia dapat mengurangi dampak dari gempa bumi, sebuah insiden teroris atau darurat lainnya pada Anda dan keluarga Anda. bencana kit Anda persediaan harus meliputi makanan, air, senter, radio portabel, baterai, sebuah kit pertolongan pertama, uang tunai, obat ekstra, peluit, pemadam kebakaran, dll

Langkah 4: Apakah tempat Anda aman?
Sebagian besar rumah tidak seaman mereka bisa. Apakah Anda seorang pemilik rumah atau penyewa, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan integritas struktural dari rumah Anda. Beberapa hal yang Anda mungkin mempertimbangkan memeriksa termasuk yayasan tidak memadai, unbraced dinding cacat, cerita pertama lunak, dinding tanah pondasi tanpa perkuatan dan pipa rentan. Konsultasikan dengan kontraktor atau insinyur untuk membantu Anda mengidentifikasi kelemahan bangunan Anda dan mulai memperbaikinya sekarang.

PERLINDUNGAN
Langkah 5: Tiarap, berlindung, dan Tunggu!
Pelajari apa yang harus dilakukan selama gempa bumi, apakah Anda sedang berada di rumah, di kantor, di sekolah atau hanya keluar dan sekitar. Mengambil tindakan yang tepat, seperti "Tiarap, Berlindung, dan Menunggu", dapat menyelamatkan jiwa dan mengurangi risiko kematian atau cedera. Selama gempa bumi, jatuh ke lantai, berlindung di bawah meja yang kokoh atau meja, dan memegang erat-erat. Bersiaplah untuk bergerak dengan itu sampai berhenti gemetar.

PEMULIHAN
Langkah 6: Periksa!
Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan setelah bencana utama adalah untuk memeriksa luka-luka dan kerusakan yang membutuhkan perhatian segera. Pastikan Anda pernah berlatih pertolongan pertama dan dalam teknik penilaian kerusakan. Anda harus mampu mengelola pertolongan pertama dan untuk mengidentifikasi bahaya seperti gas rusak, air, limbah dan saluran listrik. Bersiaplah untuk melaporkan kerusakan pada kota atau pemerintah daerah.

Langkah 7: Berkomunikasi dan memulihkan!
Menyusul bencana besar, komunikasi akan menjadi langkah penting dalam upaya pemulihan Anda. Hidupkan radio portabel Anda untuk informasi dan keselamatan advisories. Jika rumah Anda rusak, hubungi agen asuransi Anda segera untuk memulai proses klaim Anda. 

Walaupun gak ada tolak bala yang bisa menangkal gempa bumi, setidaknya
kita bisa mendeteksi gempa-gempa lewat add-onsnya Firefox.
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/2239p
juga bisa dideteksi eh cuma dilihat lewat browser Opera, memakai salah satunya widgetnya "EarthQuakes Map", yang bisa didownload via http://widgets.opera.com/popular/http://earthquake.usgs.gov/eqcenter/

info gempa online lainnya :
Barusan di Fiji ada gempa skala 6.3 lho..

2 komentar:

    On 1/30/2008 5:59 PM vym said...

    thanks... nanti widgetnya ta' pasang juga :ngacir:

     
    On 5/07/2010 7:32 AM Anonymous said...

    sayang di Indonesia tidak ada atau belum ada manajemen bencana atau manajemen gempa sepert ini ya?

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar