Alam seperti buku yang berisikan nasehat kehidupan dan dapat menjadi pertanda masa depan. Salah satu yang dapat diamati dari alam adalah pertanda akan datangnya hujan.
Orang tua dulu sering menyebutnya sebagai ilmu titen.
Kemampuan memperkirakan cuaca sangatlah penting untuk diketahui. Karena dalam situasi survival ini bisa berarti menentukan hidup dan mati.
Saat kita membawa Barometer maka dengan mudah kita akan bisa memperkirakan cuaca, karena barometer mengukur tekanan udara. Jika tiba tiba tekanan udara yang ditunjukkan barometer turun dengan drastis itu menandakan akan turun hujan dan angin kencang.
a. Selalu ingat bahwa angin adalah udara yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi menuju daerah bertekanan rendah.
b. Suhu dan tekanan udara berbanding terbalik.
c. Kelembaban adalah jumlah uap air di udara.
d. Kelembaban dan tekanan berbanding lurus.

Saat suhu tinggi, maka udara memuai dan udara yang muai menjadi ringan akan naik ke atas sehingga tekanan udara akan berkurang (menjadi rendah) maka kelembaban juga akan turun. Inilah kenapa saat akan turun hujan, udara terasa panas dan gerah.
Sebaliknya derah bersuhu rendah memiliki tekanan yang tinggi karena udara padat dan kelembaban juga tinggi karena uap air yang banyak di udara. Ini sebabnya angin yang bertiup sebelum hujan terasa dingin dan berbau air.
Udara yang mengalir dari daerah tekanan tinggi mengandung uap air yang banyak. Uap air yang ter-kondensasi membentuk awan hingga sampai pada titik jenuh dan berat yang cukup maka awan tersebut akan berubah jadi butiran air dan turun menjadi hujan.
Jika kita tidak membawa barometer, maka kita dapat menggunakan tanda tanda alam untuk memperkirakan cuaca.

Berikut beberapa cara untuk mengenal tanda-tanda datangnya hujan:
1. Jika rumput di sekitar kering dan ada awan disekitar atau angin berhembus agak kencang, maka itu menandakan akan turun hujan. Jika rumputnya berembun, kemungkinan besar tidak hujan. Namun cara ini tidak valid apabila pada malam sebelumnya turun hujan.
2. Secara umum bebauan terasa lebih kuat sebelum hujan datang. Bisa dikatakan, bunga lebih harum sebelum terjadi hujan. Tumbuhan mengeluarkan zat buangan saat tekanan udara rendah, sehingga udara beraroma seperti kompos. Rawa-rawa mengeluarkan gas methan tepat sebelum hujan badai datang. Hal ini juga karena tekanan udara yang rendah.
3. Saat udara lembab, rambut terasa tebal dan ikal. Daun-daun cenderung menggulung. Garam menjadi semakin menggumpal.
4. Jika langit sore hari berwarna merah (lihat ke arah barat ) itu menandakan ada sistem tekanan tinggi dengan udara kering yang mengaduk partikel-partikel debu di udara, yang menyababkan langit berwarna merah. Karena cuaca pergerakannya dari barat ke timur maka dapat disimpulkan bahwa udara kering tersebut sedang menuju arah pengamat.
5. Langit merah di pagi hari (lihat ke arah Timur) berarti bahwa udara kering telah berpindah, dan yang biasanya mengikuti itu (dalam perjalanan ke arah kita) adalah suatu sistem bertekanan rendah yang membawa kelembaban.
6. Jika pagi hari langit merah dan redup, pertanda akan turun hujan dan mungkin disertai angin kencang. Jika langit merah pada sore hari maka cuaca akan cerah. Aliran udara bergerak dari barat ke timur. Saat kita melihat ke timur ke arah matahari terbit dan langit berwarna merah, ini disebabkan karena sebuah system bertekanan tinggi dengan udara yang kering membawa partikel debu naik ke angkasa sehingga menimbulkan warna merah. Jika ini yang kita lihat maka berarti udara yang kering sudah melewati kita dan di belakangnya selalu diikuti sebuah sistem bertekanan rendah yang kaya dengan uap air yang sedang menuju ke arah kita. Demikian sebaliknya jika saat memandang ke barat, ke arah matahari tenggelam dan langit terlihat memerah, maka ini berarti sistem bertekanan rendah yang kaya uap air sudah melewati kita dan di belakangnya diikuti sistem bertekanan tinggi yang mengandung udara kering sedang menuju ke arah kita.
7. Lihat asap dari api unggun, jika asapnya lurus ke atas, maka cuaca akan cerah. Namun jika asapnya lurus ke atas kemudian pada ketinggian tertentu menyebar, berarti besar kemungkinan hujan dan angin akan datang. Namun jika asapnya ngga naik ke atas tapi menyebar maka kemungkinan akan ada badai.
8. Awan berhembus ke arah yang berbeda, misalnya satu lapisan ke timur, lapisan lain ke utara. Hal ini mengisyaratkan cuaca buruk datang, bisa saja hujan es.
9. Awan hujan (Cumulonimbus) di pagi hari dan berkembang sepanjang hari. Kemungkinan besar yang terjadi adalah hujan deras.
10. Awan Cirrus tinggi di langit seperti pita panjang. Ini menandakan cuaca buruk 2 hingga 3 hari kemudian.
11. Altocumulus awan yang berbentuk seperti sisik ikan. Kemungkinan cuaca buruk dalam 2 hingga 3 hari berikutnya.
12. Awan Cumulus menara (castellanus kumulus). Kemungkinan hujan di kemudian hari.
13. Jika burung terbang tinggi di langit, kemungkinan akan ada cuaca baik, Burung Camar cenderung untuk berhenti terbang dan berlindung di pantai jika badai akan dating.
14. Banyak hewan, terutama jenis unggas dan burung, menjadi sangat tenang sesaat sebelum hujan
15. Sapi biasanya akan berbaring sebelum badai. Mereka juga cenderung untuk tinggal berdekatan jika cuaca buruk di jalan.
16. Kura-kura sering mencari tempat yang lebih tinggi dalam kurun waktu 1 sampai 2 hari ketika hujan besar akan datang.
17. Di Kansas jika Anda melihat seekor Ular Bullsnake menyeberangi jalan itu akan hujan sebagian besar waktu.
18. Dalam jangka pendek, jika burung terbang tinggi, Anda mungkin akan memiliki beberapa baik hari. Ketika tekanan turun, menunjukkan badai yang akan datang, itu menyakitkan telinga burung 'dan mereka terbang rendah untuk meringankan itu.
19. Serangga juga menanggapi tekanan udara. Semut yang paling sibuk dan bergerak lebih cepat ketika tekanan pada barometer yang tinggi. Mereka malas dan lamban ketika itu rendah.
20. Burung sriti atau wallet dan martins cenderung untuk terbang rendah ke tanah ketika akan badai.
21. Laba-laba sering meninggalkan jaring mereka dan pindah ke tenda atau kamp dinding ketika cuaca buruk datang.
22. Jika Ikan terlihat rakus dalam menggigit umpan di permukaan air, bisa jadi itulah saat hujan akan datang.
23. Jika Anda mendengar jangkrik bernyanyi, itu berarti cuaca akan kering atau matahari bersinar terik.
24. Telinga kucing sangat sensitif terhadap perubahan tekanan udara jadi jika dia menggesekkan telinganya berkali-kali, tampaknya cuaca buruk akan segera terjadi dalam beberapa hari mendatang.
25. Jika Anda melihat rusa, sapi atau kuda yang mencoba untuk menggaruk telinga dengan kuku lebih sering dari biasanya, tekanan mungkin berubah dan membawa perubahan cuaca dengan itu.
26. Beberapa tanaman seperti semanggi menutup ketika hujan akan turun.
27. Jika Anda melihat pelangi di langit timur pada pagi hari, akan ada hujan.
28. Jika bulan ini oranye atau pucat, ada debu di udara sehingga Anda mungkin akan melihat beberapa cuaca yang baik pada hari berikutnya.
29. Jika bulan berwarna kemerahan atau pucat itu menandakan debu di udara, Tetapi jika bulan terang dan tajam terfokus, mungkin karena tekanan rendah telah membersihkan debu, dan tekanan rendah berarti hujan.
30. Jika bulan memiliki lingkaran di sekelilingnya, ini hampir tanda pasti bahwa ada cuaca buruk menuju jalan dalam 3 hari ke depan atau lebih. Jika itu yang jelas dan terang, Anda mungkin juga akan mendapatkan beberapa kelembaban karena sistem tekanan rendah telah pindah dan dibersihkan debu dari udara.
31. Cincin di sekeliling bulan yang disebabkan oleh cahaya bersinar melalui awan cirrostratus, dapat menunjukkan hujan yang mungkin akan jatuh dalam tiga hari mendatang.
32. Jikalau angin yang bertiup terasa dingin dan hidung mencium bau uap air, maka kemungkinan besar sebentar kemudian akan turun hujan.
33. Tekanan barometrik seringkali merupakan indikator yang baik dari perubahan cuaca bagi orang-orang sensitif. Jika Anda tiba-tiba merasa lesu, barometer kemungkinan jatuh atau sudah rendah. badai mungkin akan mendekati. sebaliknya, jika Anda merasa energik dan bercahaya, kemungkinan sistem tekanan tinggi dan barometer kemungkinan tinggi atau meningkat.
34. Orang yang menderita patah tulang, rematik atau nyeri tulang akan merasa tidak nyaman sebelum hujan terjadi.

Beberapa perilaku hewan juga dapat memprediksi adanya musim yang ekstrim :
1. Jika burung dan tupai sangat kelaparan hingga menyerang anda seperti mereka belum makan, maka akan ada badai besar sedang dalam perjalanan.
2. Demikian pula, jika Anda melihat bahwa burung bermigrasi awal, biasanya musim dingin datang lebih awal.
3. Sapi pandai memprediksi kekeringan; Jika anda melihat penurunan tingkat kesuburan pada sapi, maka tahun depan akan ada kekeringan panjang.
4. Ulat dari ngengat Pyrrharctia isabella atau wooly worm  adalah tukang prediksi yang baik tentang seberapa buruk hujan pada musim dingin, dengan prediksi benar sekitar 80%.


Beberapa pertanda dari angin:
1. Kecepatan angin, arah dan konsistensi dapat membantu Anda memprediksi cuaca. Jika kecepatan angin tiba-tiba berubah, dengan berputar-putar, angin kencang,  mungkin hujan akan mendekati anda.
2. Arah angin juga penting untuk memprediksi cuaca. Angin timur dan angin timur laut adalah arus berlawanan dari pusat tekanan rendah dan sering menunjukkan badai didepan.
3. Angin selatan sering berarti hangat, kondisi lembab. Mereka dapat membawa hujan, juga, meskipun sering dari berbagai lembut daripada angin timur.

Ada yang mau menambahkan?


---------
foto milik gettyimages



0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar