Sedikit tentang ubi jalar

Well kali ini, Mampir ke Repubik Telo di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan atau di pinggir ruas jalan raya Malang-Surabaya.


Ada sedikit catatan tentang ubi jalar, ubi rambat, ubi manis, ubi jawa, ubi jenderal, petatas, batatas, ketela rambat, telo atau kumara ini :
  1. Ubi jalar (Ipomoea batatas) yang di Inggris disebut sebagai sweet potato ini dapat tumbuh hampir disemua wilayah Indonesia dan tidak mengenal musim tanam.
  2. Ubi jalar berasal dari daerah tropis Amerika. Terdiri dariari sekitar 50 genera dan lebih dari 1.000 spesies Convolvulaceae, Ipomoea batatas adalah yang paling banyak dibudidayakan.
  3. Ubi jalar di Indonesia dikembangkan oleh para petani tradisional dengan total produksi lebih dari 105 juta ton/tahun.
  4. Menurut data FAO 2019, 10 negara penghasil ubi jalar terbesar dunia: China 51,9 juta ton; Malawi 5,9 juta ton; Nigeria 4,1 juta ton, Tanzania 3,9 juta ton; Uganda 1,9 juta ton; Indonesia 1,8 juta ton; Ethiopia 1,7 juta ton; Angola 1,6 juta ton; AS 1,45 juta ton; Vietnam 1.40 juta ton.
  5. 95% ditanam di negara berkembang.
  6. Ubi jalar berada di peringkat ke-6 makanan pokok dunia setelah beras, gandum (terigu), ubi kayu, kentang dan jagung.
  7. Ubi jalar mencegah sembelit, memperbaiki kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit usus
  8. Ubi jalar mengandung vitamin A yang 4x lebih banyak dari wortel, yang berguna untuk mencegah kebutaan.
  9. Memiliki beta karoten yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, rambut, kulit dan gigi
  10. Memiliki kandungan gula alami yang rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.
  11. Telo terberat tercatat 37 kg (81 lb 9 oz) pada 8 Maret 2004 ditanam oleh  Manuel Pérez Pérez di Güime, Lanzarote, Spanyol.
  12. Telo disamping mengandung lysin juga anthosianin merupakan sekelompok zat warna berwarna kemerahan yang larut dalam air.
  13. Ubi jalar juga mengandung manitol, sejenis karbohidrat yang disebut gula alkohol atau poliol. Kelebihan asupan bisa membuat Anda sakit perut atau diare.
  14. Varietas ubi jalar sangat banyak, tetapi paling mudah kita bedakan dari kulit dan umbinya berwarna oranye, putih dan ungu. Ubi Cilembu adalah varieteas unggulan dari Kabupaten Sumedang. Telo Gunung Kawi dari Kabupaten Malang.
  15. Di Amerika Selatan, sari ubi jalar merah dicampur dengan air jeruk nipis untuk membuat pewarna kain.


Ada yang mau menambahkan?


#ubicilembu #telogunungkawi
#manitol 
#makananpenderitadiabetes

2 komentar:

    On 5/22/2023 9:15 PM Anonim mengatakan...

    Taro ternyata bukan ubi jalar ungu ya

     
    On 5/23/2023 5:15 PM Anonim mengatakan...

    taro tuh talas atau lembayung, ubi ungu itu shoyo

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar