Berkali-kali kami melihat foto waterscape atau lansekap dekat dengan permukaan air dengak obyek yang terpantul dengansempurna. Berkali-kali pula saya mencoba menangkap gambar pantulan tersebut, tetapi berkali-kali pula saya gagal menangkap efek pantulan tersebut ? uff sepertinya  bukan danau atau kolamnya yang salah.

Karena sangat ingin memanfaatkan permukaan yang mengkilap untuk membuat foto biasa jadi terlihat luar biasa, kami mulai sering bereksperimen dengan sudut dan pencahayaan untuk menghasilkan foto abstrak yang menarik. Setelah berkali-kali mencoba untuk mencoba memotret, sepertinya keberhasilan mulai menghampiri.

Ini beberapa faktor-faktornya
  1. Pertama, perhatikan sudut datangnya cahaya dan bagaimana itu bisa mempengaruhi refleksi yang tampak. Jika melakukannya di studio, kita bisa memanipulasi faktor cahaya in untuk menaikkan efek pantulan, tapi jika kita memanfaatkan cahaya matahari berarti harus mengeksplor sudut pandang yang berlainan untuk mendapatkan titik yang paling efektif.
  2. Kedua, cobalah memotret saat cahaya sedang bagus, baik saat matahari baru terbit atau saat akan tenggelam. Pastikan kita membawa tripod untuk mendapatkan foto paling tajam dan gunakan juga beberapa filter lensa. Filter polarized akan sangat membantu untuk mengontrol cahaya yang terpantul dari permukaan air. Sementara filter graduated ND akan membantu agar langit tidak overexposed.
  3. Berhubungan dengan depth of field, cobalah gunakan angka f/ tinggi sekitar f/11 atau lebih, karena akan membantu menyeimbangkan obyek sehingga terlihat lebih dekat dengan refleksinya dan mendukung efek pantulan untuk muncul. Cobalah bereksperimen dengan shutter speed yang panjang atau long exposure untuk melembutkan permukaan air. Perhatikan depth of field, sudut datang cahaya, dan cobalah memberi fokus lebih pada air untuk mendapatkan efek drama-nya
  4. Fokus sangat bergantung pada jarak antara objek dengan pantulannya. Pertama cobalah fokus pada obyek, kemuadian yang kedua pada refleksinya. Ini akan membuat hasil yang sedikit berbeda tergantung pada seberapa banyak perhatian yang kita inginkan untuk refleksinya.
Selamat mencoba…


tulisan lainnya :


photo milik gettyimages.com

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar