Libur panjang di Malang, tentu menjadi semakin asyik bila bisa berbelanja sayuran dan buah-buahan yang relatif murah dan segar, namun buah-buahan atau sayuran akibat penyemprotan pestisida pada tanaman sayuran dan buah-buahan untuk mencegah serangan hama atau penyakit tanaman lebih banyak terdapat dipasaran daripada sayuran atau buah-buahan organik.
Berbagai penelitian para ahli membuktikan, di dalam sayuran yang menggunakan penyemprotan pestisida, di temukan berbagai jenis residu seperti aldrin, diazinon, dieldrin, finitrothion, fenfoat, dan khlorpyrifos. Juga pestisida yang mengandung: organoklorin (organoklorine), organofosfat (organoposphate), carbamat, piretroid.


Sedikit perlakuan menurut Ir. Nancy Martasuta ini akan bisa mengurangi terkonsumsinya residu yang tentunya dalam jangka panjang akan memberikan efek yang lebih baik terhadap tubuh.
  • Kupas kulit buah atau sayur terluar seperti kobis, sawi setelah dikupas cuci dengan air dengan air akan mengurangi residu hingga 72%.
  • Melarutkan satu sendok kapur sirih dalam satu ember air selama 10 menit dapat mengurangi residu hingga 52%.
  • Penggorengn, penumisan, perebusan atau pencelupan kedalam air mendidih dapat mengurangi resiko hingga 50%.
  • Perendaman kedalam larutan sendawa (20-30 butir dalam 4 liter air) dan dicuci sekali lagi dengan air bersih akan mengurangi resiko hingga 43%.
  • Pencucian memakai air ledeng yang mengalir selama 2 menit mampu mengurangi resiko hingga 39%.
  • Perendaman dalam air cucian beras selama 10 menit dan dicuci sekali lagi akan mengurangi resiko hingga 30%.
Ada yang mau menambahkan?

Tulisan terkait :



1 komentar:

    On 1/21/2009 3:36 PM Anonim mengatakan...

    Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar