sedikit tentang kaktus

Pernahkah Anda merasa ingin mempunyai tanaman yang bisa memperindah ruangan dan menyegarkan suasana tetapi malas untuk menyiram, malas memberi pupuk atau karena berbagai alasan kesibukan? kalau jawabanya iya, menanam kaktus atau tanaman sukulen adalah jawabannya.

Setidaknya ada beberapa kemudahan dan kelebihan menanam tanaman yang batangnya berlapis lilin ini :
  • Tanaman berduri ini cukup disiram seminggu sekali atau lebih (kalau terlalu sering malah batangnya busuk), siram dengan air yang ber pH netral (tidak asam juga tidak basa). kaktus juga pantang kena air hujan berlebihan. jika perlu menyiram, maka siramlah dengan cara semprot kabut, penyiraman dengan cara diguyur biasanya tidak rata dan dapat merusak tubuh kaktus.
  • Media tanam yang murah, cukup pasir dicampur tanah biasa dengan sekam bakar atau arang, pokoknya media tanam berrongga (porous) dan tidak mengikat air (seperti tanah liat), lebih baik lagi kalau anda mau menambahkan tepung tulang (tepung ikan) dan hindari pupuk kandang mentah dikarenakan pupuk kandang mentah mengandung senyawa yang masih kompleks sehingga sulit untuk diserap akar, disamping itu juga karena pupuk jenis ini mengandung lebih banyak patogen seperti jamur, bakteri dan virus yang dapat mengakibatkan busuk akar.
  • Hindari pupuk kimia sintetis, mengingat kaktus adalah tumbuhan yang lambat tumbuh, bila pertumbuhan jaringan batang yang terlalu cepat dapat menyebabkan kematian pada kaktus. Bila harus memakai pupuk kimia (synthetic fertilizer) maka gunakan dengan dosis sangat rendah atau gunakan fertilizer yang lambat urai seperti Dekastar atau Osmocot.
  • Jangan letakan pot dilantai langsung, karena kelembaban akan membunuhnya. ingat dia adalah tanaman gurun yang beriklim kering dengan penghawaan (aerasi) tinggi.
  • Jika anda menaruh tanaman sukulen ini didalam rumah, keluarkan setiap 1 minggu sekali dan letakkan di tempat yang terkena matahari langsung selama 2-3 minggu.
  • Ganti media tanam bila dirasa kaktus sudah terlalu besar atau mulai lambat pertumbuhannya atau lakukan pemangkasan akar, namun hindari penyiraman setelah repotting atau pemindahan media, ada kemungkinan luka pada akar yang juga dapat menimbulkan busuk akar. penyirman terbaik dapat dilakukan 3-4 hari setelah pindah media.
  • Kaktus mudah diperbanyak dengan stek batang, cukup potong batang yang sudah cukup umur, keringkan bekas potongan hingga benar-benar kering dari lender selama 1-2 hari. setelah kering batang siap ditanam.
  • Ada sekitar 3.000 jenis kaktus, namun anda bisa bereksperimen menciptakan jenis baru dengan dengan cara memotong dan menyambung kaktus dengan benang (dikenal dengan teknik grafting), cara grafting yang lain adalah dengan menyayat bagian bawah seperti huruf v kemudian bagian atas kaktus disisipkan kaktus jenis lain dibantu dengan jepit jemuran, hingga bagian atas dan bawah menyatu. tujuan grafting adalah menciptakan dua atau lebih jenis tanaman dari dua atau lebih jenis kaktus yang berbeda, siapa tahu muncul jenis baru yang lebih cantik.


Kedengarannya mudah? Ayo segera menanam kaktus….





foto milik gettyimages.com kredit milik fotografernya 

#menanamkaktus #tipsmenanamkaktussukulen
#tanamansukulen

5 komentar:

    On 9/27/2008 10:26 AM Unknown mengatakan...

    kaktus menakutkan..,,

     

    sugeng riyadi liik

     
    On 10/11/2008 1:03 PM Anonim mengatakan...

    yeah.. sep banget tutorialnya... tapi kok seneng ya ma kaktus ??

     
    On 10/14/2008 7:51 AM Anonim mengatakan...

    akhir2 ini sering uja..
    jarang ad panas..

     
    On 5/09/2010 9:51 PM Anonim mengatakan...

    Tanaman kaktus ini juga memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menghasilkan oksigen yang secara langsung digunakan oleh manusia, juga mengurangi polusi, menghisap asap rokok, dan (agak bergaya) green lifestyle....

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar